Cara Agar Sitemap Blog Terindeks Semua - Kurazone Blog | Panduan Belajar Blogger Pemula

Cara Agar Sitemap Blog Terindeks Semua

Pilihan Editor :

Cara Agar Sitemap Blog Terindeks Semua
Penulis Bagus Surochman
2
Modus malam



Cara Agar Sitemap Blog Terindeks Semua

KURAZONE ~ Memiliki banyak postingan pada Blog tentunya juga akan ada banyak permalink yang akan diindeks oleh Google. Namun, pada kenyataannya masih ada beberapa permalink dari artikel blog yang tidak terindeks. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Langkah untuk membuat Google melakukan perayapan pada artikel kita adalah dengan cara melakukan Fetch as Google pada permalink yang belum terindeks. Namun agar proses pengindeks-an nya berjalan mulus, sebaiknya diimbangi juga dengan mensubmit SITEMAP.XML !!.

Untuk melakukan Fetch as Google dan Sitemap.xml bisa menuju ke Google Webmaster ToolsPastikan bahwa akun Google yang kalian gunakan sudah melakukan verifikasi blog terhadap blog yang kalian kelola. Jika belum melakukan verifikasi blog, bisa mengikuti petunjuknya disini : Cara Submit URL Blog ke GWT (Google Webmaster Tools)

Beritahu Google bahwa ada URL yang perlu dirayapi

Tujuan utama dari Fetch as ini adalah untuk memberitahu kepada Google bahwa ada URL yang perlu dirayapi dan supaya URL tersebut bisa muncul di penelusuran Google. 
1 Lakukan Fetch as ulang terhadap Artikel yang belum terindeks.
Cara Fetch as juga sudah dijelaskan pada artikel Cara Submit URL Blog ke GWT (Google Webmaster Tools)

2 Setelah melakukan Fetch as ulang, masuk ke menu Sitemap atau Peta Situs. Kemudian lakukan Submit ulang pada sitemap.xml.
Apabila sebelumnya belum pernah melakukan submit sitemap.xml, baca petunjuknya disini : Cara Submit Sitemap Blog ke GWT (Google Webmaster Tools).

Contoh Kasus :

Dalam contoh kasus kali ini, ada konten blog yang terindeks sebanyak 7 artikel. Kemudian ada 2 artikel baru yang baru saja dipublikasi. Sehingga ada 2 konten yang belum terindeks.

Cara Agar Sitemap Blog Terindeks Semua

Setelah melakukan submit ulang SITEMAP.XML maka akan tampak seperti dibawah ini :

Cara Agar Sitemap Blog Terindeks Semua

2 artikel yang belum terindeks tersebut sebaiknya di Fetch as. Selang beberapa jam (biasanya 48 jam), check kembali Sitemapnya. Alhasil semua konten sudah terindeks.

Contoh History Kasus Pengindeks-an Sitemap:

Cara Agar Sitemap Blog Terindeks Semua
Perhatikan Tanggal sekaligus Jumlah konten yang Terkirim dan Terindeks
Semakin sering update artikel lalu submit ulang sitemap dan Fetch as, maka proses pengindeks-an bisa semakin cepat.
Cara Agar Sitemap Blog Terindeks Semua

Cara Agar Sitemap Blog Terindeks Semua

Jika proses pengindeks-an tidak sampai 48 jam maka bersiap-siaplah mendapatkan sitelink untuk 1 bulan kedepan.

Kesimpulan

  • Adanya artikel yang belum terindeks adalah karena Google belum merayapinya, sehingga kita perlu mengajukan proposal dengan cara submit Fetch as dan Sitemap.
  • Konten yang belum terindeks bisa jadi karena artikel dianggap menyalahi aturan. Sehingga Google enggan untuk menampilkannya di mesin penelusur, atau bahkan URL dari Blog tersebut sudah di deindeks / sandbox. Jadi, buatlah artikel yang sesuai dengan ketentuan Google. Karena Google telah memberikan keterangan kepada kita bahwa : Halaman akan dipertimbangkan untuk pengindeksan hanya jika memenuhi pedoman kualitas Google dan menghindari penggunaan perintah noindex.
  • Langkah ini lebih disarankan untuk Blog Baru, karena artikel yang perlu diindeks masihlah sangat sedikit, sehingga Google lebih cepat melakukan perayapan.
    Jadi, lebih sering-seringlah melakukan submit ulang sitemap dan Fetch as Google setelah publikasi artikel baru. Seiring berjalannya waktu tidak menjadi masalah meskipun nantinya akan ada puluhan konten yang dikirim ulang, Google akan men-skipnya karena konten tersebut sudah ada di mesin penelusur dan akan mengindeks konten yang belum terindeks.
  • Untuk Blog Lama yang mungkin pertama kali melakukan submit sitemap dan Fetch as Google, kemungkinan besar akan mengalami proses pengindeks-an yang tertunda (baca bagian *Note).
    Alhasil akan ada konten yang belum terindeks. Ini akan membutuhkan tindakan yang lebih banyak dari Si Perayapnya karena konten yang belum diindeks sebelumnya harus diindeks pada saat itu juga. Sehingga dari puluhan konten yang terkirim akan ada konten yang belum terindeks (misal : 60 konten terkirim, 14 yang terindeks). Itulah sebabnya kita sebagai penggiat Blog harusnya rajin-rajin melakukan submit ke GWT, meskipun hanya 1 konten saja.

*Note :

Proses pengindeks-an konten tergantung dari banyaknya konten yang terkirim. Jika kalian sudah memiliki 50 atau 100 artikel dan baru saja melakukan Fetch as dan submit Sitemap untuk pertama kalinya, maka proses pengindeks-an akan membutuhkan waktu yang lumayan lama atau bahkan tertunda.

Contoh keterangan TERTUNDA pada Blog Lama yang baru saja melakukan submit Sitemap untuk pertama kalinya dengan jumlah artikel lebih dari 700 konten.

Cara Agar Sitemap Blog Terindeks Semua
Image : Proses pengindeks-an TERTUNDA

Cara Agar Sitemap Blog Terindeks Semua
Image : Ada 108 konten yang terindeks, ini dikarenakan Blog sudah berumur cukup lama tapi belum melakukan submit sitemap. 108 Terindeks adalah hasil kinerja Si Perayap yang melakukan perayapan otomatis pada Blog, sedangkan sisa konten yang terkirim belum dirayapi.

Saran

Untuk Blog Lama
Jika blog kalian sudah berumur dan baru pertama kali melakukan submit sitemap.xml, maka lakukan perbaikan pada beberapa artikel, khususnya pada permalink artikel. Lalu lakukan submit ulang (Fetch as dan Sitemap) secara continue tiap 2 hari sekali, atau submit 10 artikel dalam 1 hari dengan selisih waktu 4 jam per submit (supaya tidak dianggap optimasi pengindeks-an yang berlebihan).

Blog yang Lama biasanya mengalami frekuensi perubahan yang fluktuatif pada permalink, seperti adanya artikel yang dihapus dan halaman forgery web. Sehingga akan ada banyak sekali Kesalahan-kesalahan yang terjadi, seperti : kesalahan perayapan, kesalahan server, beberapa konten tidak ditemukan hingga konten yang dicekal.

Solusi tepatnya adalah melakukan Fetch as 1 per 1 pada permalink artikel (sebanyak artikel yang dimiliki), jika blog sudah memiliki 500 artikel, maka Fetch as nya sebanyak 500 kali. Namun jika tidak ingin ribet dengan Fetch as 1 per 1, kalian bisa submit ulang sitemap menggunakan atom.xml yang diikuti dengan jumlah indeks.

Cara Agar Sitemap Blog Terindeks Semua

Tambahkan kode di bawah ini pada bidang teks yang disediakan.

atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Peta situs berupa atom.xml diatas hanya akan berfungsi untuk 500 postingan. Jika kalian memiliki lebih dari 500 postingan yang dipublikasikan di blog, maka kalian harus menambahkan satu lagi sitemap nya.

atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=1000


Untuk Blog Baru
Tinggal konsisten saja dalam melakukan Fetch as dan Submit ulang sitemap.xml secara continue, supaya permalink yang baru saja lahir dari Blog bisa langsung diindeks dengan cepat, dan Si Perayap langsung memiliki data perubahan XML dari Blog kita, yang nantinya juga akan masuk ke database Si Perayap dan Si Cache & Cookies. Intinya, setiap ada artikel yang baru saja dipublikasi langsung lakukan submit Fetch as dan Sitemap. Sisanya tinggal menunggu kehadiran SITELINK.

Itulah informasi mengenai "Cara Agar Sitemap Blog Terindeks Semua", selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Goodluck !!
nanio
Cara Agar Sitemap Blog Terindeks Semua
Cara Agar Sitemap Blog Terindeks Semua Cara Agar Sitemap Blog Terindeks Semua Reviewed by Bagus Surochman on 5/14/2018

2 komentar:

  1. kalo kita pake sitemap "atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500" apakah sitemap.xml kita hapus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak perlu., sitemap.xml digunakan agar Googlebot merayapi web kita.,mulai dari struktur template, metadata, informasi laman, deskripsi penelusuran hingga perayapan konten video maupun gambar., sedangkan atom bisa kita manfaatkan untuk mengindeks konten agar dapat dirayapi oleh Googlebot, yang nantinya bisa muncul di penelusuran.,

      penggunaan atom hampir sama dengan Fetch as Google. Atom digunakan sebagai jalan pintas apabila ingin melakukan fetch secara berjamaah mulai dari artikel pertama hingga artikel 500.

      Jadi, tidak masalah jika menggunakan sitemap.xml dan atom.xml

      Hapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.