Cara Menghapus wrench_allbkg.png atau Ikon Perkakas Tang Obeng di Blog


KURAZONE ~ Kadangkala di beberapa template sering dijumpai ikon perkakas Tang Obeng di Blog. Hal ini dikarenakan pada template blog tersebut menggunakan fitur Quickedit, yang artinya ikon tersebut dapat dijadikan sebagai Shortcut untuk mengedit langsung widget yang bersangkutan.
Ikon ini muncul sesuai banyaknya jumlah widget yang digunakan pada Blog, semakin banyak widget yang digunakan maka semakin banyak pula Tang Obeng pada Blog.
Dari segi Speed Blog dan HUMAN, ternyata hal ini cukup ada pengaruhnya.

Dari Segi Speed Blog

Kecepatan blog akan lebih lambat sekitar 2% hingga 3%, karena blog harus memuat ikon yang berasal dari server https://resources.blogblog.com/img/icon18_wrench_allbkg.png.

Jika di Check menggunakan GTMetrix maupun Page / Test Speed Insight dari Google, mungkin ikon ini tidak dipermasalahkan karena ukurannya yang kecil. Namun beda halnya jika di check menggunakan Giftofspeed.com, ikon perkakas Tang Obeng ini akan dianggap sebagai ekternal link yang memberikan pengaruh ukuran blog saat dimuat.


Sekecil apapun ukurannya tentu saja akan mempengaruhi proses pemuatan halaman Blog, terlebih lagi jika terdapat banyak widget pada Blog.

Dari Segi HUMAN

Mayoritas pengunjung atau justru malah pemilik blog itu sendiri akan merasa terganggu dengan hadirnya ikon-ikon tersebut. Blog akan terlihat seperti mode desain dan kurang sedap dipandang, banyaknya ikon Tang Obeng bermunculan justru memberikan kesan yang tidak berguna.
Bahkan ikon Tang Obeng ini bisa memberikan pengaruh berupa "Image Missing Description & Title" dan kurang SEO Friendly.

Cara Menghapus

Di jaman sekarang ini, ikon tersebut sudah TIDAK BERGUNA alias GAK PENTING. Jikapun ingin edit widget bisa lewat menu Tata Letak, tidak lewat ikon Tang Obeng. Untuk itulah ikon semacam ini perlu dihapus.
  • Buka Akun Blogger, pilih Tema, pilih Edit HTML
  • Tekan CTRL+F, cari kode dibawah ini
  • <b:include name='quickedit'/>
  • Hapus semua kode tersebut
  • Kemudian SIMPAN TEMPLATE
Darisini, ikon tersebut sudah berhasil dihapus, namun sayangnya ketika ada penambahan widget baru pada blog - maka ikon Tang Obeng akan muncul lagi (khusus pada widget yang baru saja ditambahkan tersebut)

[Tampilan ikon Tang Obeng]

problem : Masalahnya saya sudah terlanjur pakai banyak widget

Jika sudah terlanjur menggunakan banyak widget pastinya akan terasa membosankan untuk menghapus kode <b:include name='quickedit'/> satu per satu. Khususnya pengguna Template Blog berjenis Newspaper ataupun Magazine. Langkah cepat yang bisa digunakan adalah :
  • Copy/Cut semua kode Template Blog
  • Paste ke aplikasi Notepad / Notepad++
  • Tekan CTRL+H, masukkan <b:include name='quickedit'/> pada bagian Cari apa
  • Masukkan space (spasi) pada bagian Ganti dengan
  • Kemudian pilih Ganti Semua
    • Copy/Cut kode template yang sudah dirubah tersebut
    • Paste kedalam Template Blog
    • SIMPAN TEMPLATE

    Kesimpulan

    • Salah satu penyebab blog lemot dimuat adalah karena banyaknya widget yang digunakan + sudah termasuk ikon Tang Obeng dari masing-masing widget yang ada
    • Dengan menghapus ikon Tang Obeng tersebut maka blog kita sudah sedikit lebih lega tanpa harus memberikan antrian load ke server : resources.blogblog.com

    Tambahan

    Apabila tidak berkenan menghapus ikon Tang Obeng maka bisa diakali dengan cara menyembunyi ikon, yaitu dengan menggunakan CSS :
    > Cari kode quickedit pada template blog, lalu berikan display:none, sehingga akan nampak seperti dibawah ini :
    .quickedit{display:none!important}
    atau
    a.quickedit{display:none}
    Display:none menandakan bahwa komponen tersebut tidak ditampilkan. Ikon tetep ada tapi tidak tayang, blog tetap memuat server dari resources.blogblog.com namun tidak menampilkan ikonnya pada blog. Ingat!! Menyembunyikan bukan berarti menghapus.
    Itulah informasi mengenai Cara Menghapus Ikon Tang Obeng pada Blog, semoga bermanfaat.





    Lebih baru Lebih lama