Panduan Blogger #8 - Memahami Statistik Blog di Blogger - Kurazone Blog | Panduan Belajar Blogger Pemula

Panduan Blogger #8 - Memahami Statistik Blog di Blogger

Pilihan Editor :

Panduan Blogger #8 - Memahami Statistik Blog di Blogger
Penulis Bagus Surochman
0
Modus malam



Panduan Blogger #8 - Memahami Statistik Blog di Blogger

KURAZONE - Statistik merupakan fitur yang disediakan oleh Blogger kepada pengelola Blog untuk mengetahui seberapa banyak kunjungan pada Blognya. Untuk melihat statistik Blog, kalian cukup pilih menu Statistik pada bilah Beranda sebelah kiri.


Ketika memilih menu Statistik tersebut, maka kalian akan menjumpai sub menu dari statistik tersebut, diantaranya adalah :
1. Ikhtisar
2. Postingan
3. Sumber lalu lintas
4. Pemirsa

KETERANGAN :

1. Ikhtisar


Merupakan beranda dari statistik yang menampilkan penayangan halaman mulai dari sekarang, hari ini, kemarin, bulan lalu dan sepanjang waktu yang disertai dengan nominal angka dan grafik. Dibawah grafik tersebut ada jumlah penayangan Postingan, Sumber lalu lintas dan Pemirsa.

Intinya, menu Ikhtisar ini adalah ringkasan dari keseluruhan statistik blog yang terjadi pada Blog kita, Baik itu berdasarkan Postingan, Perujuk, Sumber, dan Pemirsa. Dengan hanya melihat halaman ini saja sebenarnya kita sudah dapat menyimpulkan tentang apa yang sebenarnya terjadi pada blog kita. Apakah blog kita mengalami kenaikan pengunjung atau justru mengalami penurunan.

2. Postingan


Sub menu Postingan pada statistik ini memiliki fungsi yang berbeda dengan Menu Postingan yang satu, menu Postingan disini menampilkan jumlah penayangan berdasarkan postingan, yang artinya menampilkan postingan mana yang paling banyak dibaca atau dikunjungi. 

Statistik postingan juga bisa dilihat berdasarkan periode nya (sekarang, hari ini, kemarin, bulan lalu dan sepanjang waktu)

Dalam statistiknya diurai menjadi dua bagian, yaitu : Postingan dan Halaman.

  1. Postingan
    Digunakan untuk menampilkan postingan apa yang dilihat oleh pengunjung dan berapa jumlah penayangannya berdasarkan waktu yang kita pilih.
  2. Halaman
    Digunakan untuk menampilkan halaman apa yang dilihat oleh para pengunjung blog kita dan berapa kali jumlah penayangannya berdasarkan waktu yang telah kita pilih. Akan tetapi, jika kita tidak membuat halaman dalam blog kita maka statistik untuk halaman ini tidak akan muncul.

3. Sumber lalu lintas


Sub menu Sumber lalu lintas menampilkan jumlah penayangan darimana URL perujuk berasal atau darimana asal Blog dikunjungi, sumber lalu ini biasanya juga disebut backlink. Memberikan informasi kepada kita bagaimana Blog mendapatkan rujukan, baik berdasarkan situs perujuk maupun berdasarkan kata kunci 

Statistik Sumber lalu lintas juga bisa dilihat berdasarkan periode nya (sekarang, hari ini, kemarin, bulan lalu dan sepanjang waktu)

Dalam statistiknya diurai menjadi 3 bagian, yaitu : URL Perujuk, Situs Perujuk, dan Telusuri Kata Kunci

  1. URL Perujuk
    Digunakan untuk menampilkan URL mana saja yang menjadi sumber pengunjung datang ke blog kita.
  2. Situs Perujuk
    Digunakan untuk menampilkan dari Situs mana saja pengunjung blog kita berasal.
  3. Telusuri Kata Kunci
    Digunakan untuk menampilkan kata kunci seperti apa yang digunakan oleh pengunjung yang menyebabkan datang dan menemukan blog kita.

4. Pemirsa


Sub menu Pemirsa, lebih akrab juga disebut sebagai menu Pengunjung, yang menampilkan data seberapa banyak orang mengunjungi blog kita. Mulai dari berdasarkan Negara, Browser yang digunakan serta Sistem Operasi yang dipakai.

Statistik pemirsa juga bisa dilihat berdasarkan periode nya (sekarang, hari ini, kemarin, bulan lalu dan sepanjang waktu)

Dalam statistiknya diurai menjadi 3 bagian, yaitu : Negara, Browser, dan Sistem Operasi

  1. Negara
    Ini akan memperlihatkan dari negara mana saja pengunjung yang datang ke blog kita. Pada halaman ini akan ditampilkan ilustrasi gambar beserta keterangan negara dan jumlah pengunjungnya dari negara tersebut.
  2. Browser
    Merupakan analisis tentang browser apa saja yang digunakan oleh pengunjung saat mendatangi blog kita. Apa manfaatnya? Analisis ini dapat menyimpulkan dari browser mana saja blog kita dikunjungi, sehingga dengan begitu setidaknya kita akan tahu jika blog kita tersebut mendapatkan tampilan halaman yang terbaik dari browser jenis apa.
  3. Sistem Operasi
    Digunakan untuk menganalisis operating system apa saja yang digunakan oleh pengunjung blog kita dalam komputer dan laptop mereka.

Nah, dari sini kami berharap kalian sudah paham mengenai Statistik pada Blogger. Kalian juga bisa menambahkan widget Statistik pada Blog kalian, yaitu dengan cara :
1. Masuk ke Menu Tata Letak
2. Tambahkan gadget
3. Pilih Statistik Blog

4. Setting sesuai keinginan
5. Simpan 


Itulah informasi mengenai "Panduan Blogger #8 - Memahami Statistik Blog di Blogger", semoga bermanfaat.
nanio
Panduan Blogger #8 - Memahami Statistik Blog di Blogger
Panduan Blogger #8 - Memahami Statistik Blog di Blogger Panduan Blogger #8 - Memahami Statistik Blog di Blogger Reviewed by Bagus Surochman on 5/31/2018

Tidak ada komentar:

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.