Cara Meningkatkan Kecepatan Blog (PageSpeed Insights) - Kurazone Blog | Panduan Belajar Blogger Pemula

Cara Meningkatkan Kecepatan Blog (PageSpeed Insights)

Pilihan Editor :

Cara Meningkatkan Kecepatan Blog (PageSpeed Insights)
Penulis Bagus Surochman
0
Modus malam




KURAZONE ~ Bagi seorang Blogger, memiliki sebuah blog yang ringan dan cepat diakses adalah faktor terpenting untuk mempertahankan bounce, UV (unique visitor) dan user experience. Semakin blog ringan dan cepat untuk diakses, maka semakin betah pula pengunjung lebih berlama-lama didalam blog kita. Namun hal tersebut alangkah baiknya jika diimbangi dengan artikel yang berkualitas.

Baca juga : "Cara Membuat Artikel Berkualitas (Berdaging dan Bervitamin)"

Pada kesempatan kali ini kami memberikan sedikit tips sederhana untuk meningkatkan kecepatan blog yang diukur berdasarkan analisa dari PageSpeed Insights. Dalam analisa tersebut, blog akan dinilai seberapa baguskah blog kita dalam hal kecepatan/loading akses blognya. Nilai yang sempurna adalah 100 poin. Cara ini dikhususkan untuk pengguna Platform Blogger.

Saat melakukan ujicoba test analisa pada blog Sota Zone, kami mendapati nilai seperti dibawah ini :


Hasil diatas menunjukkan bahwa ada beberapa hal yang harus diperbaiki agar kecepatan blog semakin ringan dan cepat. Beberapa optimasi yang disarankan (yang memerlukan perbaikan) akan tampil dibawah hasil analisa.


Hasil tiap-tiap analisa blog pasti akan berbeda, namun ada 2 kode yang kami temukan sebagai penghambat dalam menghasilkan blog yang ringan dan cepat. 2 kode tersebut adalah :
  1. CSS Bundle : https://www.blogger.com/…/v1/widgets/3213516723-css_bundle_v2.css
  2. Javascript Google Plus One : https://apis.google.com/js/plusone.js
Dua kode diatas tidak akan ditemukan pada template blog kalian, ini dikarenakan secara default Blogger memuat Javascript dan CSS yang dihosting (tidak tertanam langsung di template), sehingga memberatkan loading blog kita.



Solusinya adalah dengan menghapus kedua kode yang tidak kita gunakan tersebut.

Menghapus Javascript Google Plus One

Javascript Google Plus One ini terdapat pada Penyimpanan Cache, sehingga untuk menonaktifkan fitur ini, kalian bisa mengubah tag penutup body di bawah ini :
</body>
Menjadi tag penutup body yang telah dimodifikasi seperti di bawah ini :
&lt;!--</body>--&gt;

Jika kalian mengecek kembali kecepatan loading blog pada PageSpeed Insights, maka permasalahan pada Penyimpanan Cache tidak akan ditemukan lagi, akan tetapi skornya masih tetap dan tidak bertambah. 

Hal tersebut dikarenakan masih ada CSS Bundle yang dihosting pada server, sehingga ketika halaman blog dimuat - template masih membutuhkan waktu yang lebih  lama untuk melakukan kontak server terlebih dahulu. Alhasil CSS Bundle menjadi penyebab blog lebih lama termuat.

Menghapus CSS Bundle

Untuk meningkatkan kecepatan/loading blog, kita hilangkan CSS bundle nya dengan cara mengubah tag head dibawah ini :
<head>
Menjadi tag head yang telah dimodifikasi seperti di bawah ini:
&lt;head&gt;

Modifikasi juga dilakukan pada tag penutup head, yaitu :
</head>
Menjadi tag penutup head yang telah dimodifikasi seperti di bawah ini:
&lt;!--<head/>--&gt;

Selanjutnya Simpan template blog. Cek kembali kecepatan/loading blog kalian. Seharusnya blog kalian sudah mendapatkan nilai mendekati 100, baik dari segi tampilan Seluler maupun Desktop.


Note :
  1. Akan lebih ringan dan cepat lagi jika template blog kalian minim JS atau sama sekali tidak menggunakan JS. Namun bagi Publisher Adsense mau tak mau harus tetap menggunakan JS dari Adsense agar iklan tetap tayang, apabila ingin lebih ringan dan cepat - maka kalian bisa mencopot iklan Adsense kalian. Tapi, apakah kalian rela jika blog kalian tanpa iklan? 😋
  2. Lakukan kompres pada image dan jangan terlalu lebay dalam menampilkan jumlah post pada beranda, hal ini kadang merepotkan bagi kalian yang menggunakan template berjenis magazine. Karena template magazine bnyak menggunakan JS dan memaksa thumbnail untuk menampilkan gambar berkualitas HD. Tampilan yang berlebihan pada blog (seperti adanya widget yang tidak perlu) juga tidak disukai pengunjung dan membuat halaman blog lebih lama untuk dimuat.
  3. Gunakan template yang sederhana namun memiliki bobot yang tinggi dalam menyampaikan informasi.
Sampai tahap ini apakah kalian sudah paham dengan langkah-langkah yang kami berikan? Itulah informasi mengenai "Cara Meningkatkan Kecepatan Blog (PageSpeed Insights)", selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

FYI
  1. Jika kalian menambahkan JS Adsense pada template, alangkah sewajarnya dalam memasang JS tersebut, sekitar 2 atau 3 JS saja sudah cukup. 
  2. Penggunaan JS didalam template yang berlebihan juga mempengaruhi kecepatan blog, jadi meskipun kalian menerapkan cara diatas tapi masih banyak menggunakan JS pada template maka blog akan tetap lemot. Solusi : pakailah template yang tidak terlalu banyak menggunakan JS, gunakan tampilan yang sederhana namun berbobot dalam menyuguhkan konten dan menyampaikan informasi.
UPDATE - JANUARI 2018 : Kini Pagespeed Insights telah memperbarui fiturnya, sehingga akan muncul hasil Pengoptimalan dan PageSpeed. Alhasil, Cara diatas bukan menjadi langkah unttuk meningkatkan kecepatan blog, melainkan lebih tepat menjadi langkah untuk meningkatkan Optimasi pada Blog, karena sekarang kecepatan blog dinilai berdasarkan FCP dan DCL


Disclaimer : artikel ini pernah diulas pada situs www.sotazone.net dan kini telah dipindahkan ke Kurazone Blog.
nanio
Cara Meningkatkan Kecepatan Blog (PageSpeed Insights)
Cara Meningkatkan Kecepatan Blog (PageSpeed Insights) Cara Meningkatkan Kecepatan Blog (PageSpeed Insights) Reviewed by Bagus Surochman on 6/10/2018

Tidak ada komentar:

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.