Dampak Sering Gonta Ganti Template Blog (Bagi Newbie / Mastah) - Kurazone Blog | Panduan Belajar Blogger Pemula

Dampak Sering Gonta Ganti Template Blog (Bagi Newbie / Mastah)

Pilihan Editor :

Dampak Sering Gonta Ganti Template Blog (Bagi Newbie / Mastah)
Penulis Bagus Surochman
1
Modus malam




KURAZONE ~ Template atau bisa juga disebut dengan tema, merupakan suatu tampilan yang menggambarkan seperti apa keindahan blogmu. Mulai dari tata letak widget, menu, komposisi warna dan sebagainya. Dengan adanya template maka blog kita memiliki kesan yang indah dimata pengunjung.

Setiap pemain blogger pastilah memiliki tampilan template yang bervariasi, karena template dipilih berdasarkan selera. Hanya saja kita sering menjumpai beberapa blog yang sering bangets gonta ganti template, 1 minggu pakai template si A, seminggu kemudian ganti pakai template si B.

Nah, apasih dampaknya jika sering mengganti template pada blog?

Mengenai hal ini, saya membaginya kedalam 2 topik, diantaranya :
1. Dampaknya bagi Blogger Pemula
2. Dampaknya bagi Blogger Mastah

Yuks, kita bahas mengenai hal ini. (dimohon untuk tidak tersinggung saat membaca tulisan yang ada di artikel ini)

[1] Dampaknya bagi Blogger Pemula

Sebelumnya saya minta maaf jika ada yang baper dengan istilah pemula, atau yang disebut newbie ini. Saya ingin kamu jangan baper jika kamu memang masih newbie dalam dunia blogger. 

Terkadang menjadi seorang pemula memang butuh bimbingan untuk bisa memanajemen mau dibawa kemana blog yang akan dikelolanya tersebut. Tak heran jika muncul pertanyaan "boleh gak sih gonta ganti template?" atau "gonta ganti template itu bagus gak untuk blog?" dan jawabannya adalah "GAK BOLEH" atau "TIDAK BAGUS!!". Pernahkah kamu menemui jawaban seperti itu? Jika pernah, maka jawaban itu sebenarnya SALAH.

Perlu diketahui bahwa seorang newbie adalah tahap dimana mereka masih belajar, perlu eksplorasi lebih mendalam dan perlu adanya praktek untuk mengenal dasar-dasar blog. Jika seorang newbie bertanya mengenai "gonta ganti template itu bagus gak untuk blog?", maka jawabannya adalah "BAGUS!! JUSTRU ITU DIANJURKAN"

Karena didalam template tersebut terdapat ribuan script yang nantinya akan didesain ulang agar menjadi template yang bagus, dengan sering menggonta ganti template maka sama halnya kamu mempelajari dasar-dasar blog, mengenal lebih jauh struktur HTML dan CSS, lebih bagus lagi jika kamu sering merusak tampilan template yang kamu pakai, bisa jadi kelak kamu akan menjadi ahli dalam merancang template. Jadi, rusak saja templatemu sambil tertawa, hehehe.

Beda ceritanya jika disaat ada seorang newbie bertanya mengenai pergantian template dan dijawab dengan "TIDAK BAGUS!!", maka akan sulit bagi seorang newbie untuk lebih mengenal dasar - dasar blog, karena apa? karena kalau gonta ganti template gak bagus untuk blog. Please deh, abaikan hal itu, abaikan SEO, abaikan masalah index indexan. Newbie adalah tahap dimana kamu belajar. So, pelajari template dengan cara sering menggantinya. Disaat mengganti template itulah kamu akan mengenal yang namanya SCRIPT-SCRIPT dasar seperti HTML, CSS, META TAG dan sebagainya. Jika masih bingung soal script-script tersebut, kamu tinggal search aja di google atau bertanya di grup maupun forum-forum yang membahas tentang dunia blog.

Note :
Jika sudah mengenal istilah meta tag, maka setiap pergantian template jangan lupa untuk membackup meta tag tersebut, tujuannya adalah agar blog terindex lebih cepat meski tampilan blog sudah berubah. Selain template, pelajari juga tentang optimasi.

Kesimpulan :
Menggonta ganti template bagi seorang blogger pemula akan berdampak hal positif bagi seorang pemula tersebut, karena dengan sering menggonta ganti templatelah dia akan mengenal struktur HTML lebih mendalam. So, jangan ragu untuk belajar lebih jauh mengenai template, karena masa masa newbie adalah masa dimana newbie harus berkembang.


[2] Dampaknya bagi Blogger Mastah

Sekarang kita sampai pada pembahasan dampak menggonta ganti template blog bagi Blogger Mastah. Sebenarnya saya juga tidak begitu mengerti bagaimana kriteria blogger yang disebut mastah atau bukan, karena ini adalah jamannya hode, dimana cowok nyamar sebagai cewek, bisa saja kan orang yang dianggap sebagai seorang blogger mastah ternyata dia adalah seorang newbie yang berlagak mastah, atau bisa saja orang yang dianggap sebagai pemula ternyata adalah blogger mastah.

Nah, kembali ke topik. Menggonta ganti template bagi Blogger Mastah bukanlah menjadi hal yang baru. Bagi seorang mastah, mengganti template adalah suatu tindakan yang perlu dilakukan agar tampilan blog semakin baik dari yang sebelumnya termasuk dalam hal optimasi. Namun biasanya mastah mengganti template blog setelah jangka waktu yang lamaaaaaaaaaaaaaaaaaa bangets, entah itu 1 tahun sekali mengganti template, atau 6 bulan sekali baru ganti template, atau yang lebih bagusnya lagi tidak mengganti template secara menyeluruh namun hanya menambah / mengganti beberapa tampilan widget.

Pergantian template juga disesuaikan dengan algoritma Google yang sering update dalam mengindex suatu blog (yang sudah mastah pasti mengerti maksudnya, hehe peace) atau juga disesuaikan dengan beberapa script yang telah usang pada template lama, sehingga perlu ditindaklanjuti dengan mengganti template baru. Dampaknya, blog semakin baik dalam hal optimasi, pengunjung bisa saja terkejut dengan tampilan barunya, dan yang pastinya terlihat update dimata pengunjung setianya.

Namun hal ini TIDAK BAGUS jika seorang mastah mengganti template berulang-ulang dalam 1 bulan. Selain membuang-buang waktu dalam urusan optimasi, hal ini juga memberi kesan bahwa blognya belum siap untuk dikunjungi. Jadi, buat kamu yang sudah menjadi mastah, ganti templatenya seperlunya saja ya... hehehe peace.

Note :
Penggantian template pada blog mastah biasanya juga ditandai dengan pesan "maintenance" atau "blog masih dalam perbaikan"

Kesimpulan :
Gak bagus jika blognya sering gonta ganti template, apalagi jika sudah terindex di Google, sudah punya sitelink dan sudah memiliki banyak pengunjung. Ganti template seperlunya saja ya, dan pikirkan matang-matang mengenai pergantian template tersebut.


Jadi, jika ada yang bertanya mengenai "gonta ganti template blog itu bagus gak sih?". Maka tanya terlebih dahulu siapa yang bertanya tersebut? Jika dia memang masih newbie, maka jangan hakimi dia dengan jawaban "gonta ganti template itu gak bagus buat blog" atau semacamnya.

Nah, itulah informasi mengenai "Dampak Sering Gonta Ganti Template Blog (Bagi Newbie / Mastah)". Semoga bermanfaat.
nanio
Dampak Sering Gonta Ganti Template Blog (Bagi Newbie / Mastah)
Dampak Sering Gonta Ganti Template Blog (Bagi Newbie / Mastah) Dampak Sering Gonta Ganti Template Blog (Bagi Newbie / Mastah) Reviewed by Bagus Surochman on 6/24/2018

1 komentar:

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.