Cara Membuat dan Memasang Google Custom Search Engine (CSE)


KURAZONE ~ Google Custom Search (sebelumnya dikenal sebagai Google Co-op ) adalah platform yang disediakan oleh Google yang memungkinkan pengembang web menampilkan informasi khusus dalam penelusuran web, memperbaiki dan mengelompokkan kueri dan membuat mesin telusur yang disesuaikan, berdasarkan Google Penelusuran.
Dengan adanya Google Custom Search Engine ini diharapkan bisa meningkatkan performa SEO dari Blog yang menerapkan GCSE tersebut.
Berikut adalah  Cara Membuat dan Memasang Google Custom Search Engine (CSE)
1. Buka alamat berikut ini dan login menggunakan akun Google anda :
https://cse.google.com/cse/all

2. Pilih menu "Mesin telusur baru" atau "Add" (pilih salah satu)

ATAU

3. Masukkan informasi yang diminta, kemudian BUAT


4. Pilih Panel Kontrol


5. Masukkan Deskripsi dan Kata Kunci mesin telusur (sesuaikan dengan deskripsi dan kata kunci yang terdapat pada Blog anda). Pada bagian "Penelusuran gambar" dan "Masukan ucapan" bisa kalian pilih Aktif atau Mati (relatif sesuai keinginan)


6. Selanjutnya pilih menu "Tampilan dan Nuansa" yang berada di bilah kiri. Pilih jenis tata letak yang ingin kalian gunakan. Selanjutnya SIMPAN & DAPATKAN KODE.
Dalam tutorial ini, kami menggunakan jenis tata letak "Dua Halaman" - yang artinya : Jika ada pengunjung mencari kata kunci dari CSE tersebut maka akan dialihkan ke halaman "Pencarian" (untuk mendapatkan halaman "Pencarian" ini akan diajarkan pada ulasan dibawah).


7. Copy kode CSE yang diberikan dan letakkan sesuai petunjuk. Untuk kode Search nya bisa diletakkan didalam Template sesuai selera atau diletakkan di Widget Blogger (Tata Letak >> Add Widget >> HTML/JavaScipt)


Kode yang digaris bawahi warna merah >> menandakan bahwa kode tersebut untuk menampilkan searchbox saja atau kotak pencarian saja

8. Selanjutnya klik tombol "Berikutnya: Dapatkan kode untuk hasil penelusuran"


9. Copy kode yang diberikan, letakkan kode tersebut didalam postingan Laman anda


Sedangkan untuk kode yang digaris bawahi warna merah kali ini >> adalah untuk menampilkan dimana 'hasil penelusuran' ditampilkan

DARISINILAH KALIAN AKAN MEMBUAT HALAMAN "PENCARIAN" NYA

PINDAH KE AKUN BLOGGER

10. Buat Laman baru pada blog anda. Beri nama "Pencarian", lalu masukkan kode (yang diperoleh dari langkah nomor 9 tadi) kedalam postingan Laman dalam mode HTML - Kemudian PUBLIKASIKAN Laman anda.



11. Klik kanan pada "view" - lalu pilih "Copy Link Location"



KEMBALI KE AKUN GOOGLE CSE

12. Pilih tombol "Detail Hasil Penelusuran", masukkan URL Laman Blog anda kemudian SIMPAN

13. SELESAI

KESIMPULAN

Setiap pengunjung yang melakukan pencarian pada CSE, maka hasil pencariannya akan selalu diarahkan ke halaman Pencarian yang telah kalian buat tadi, yaitu di :
....... /p/pencarian.html?q=diikuti kata kunci pencarian
Contoh :
https://www.kurazone.net/p/pencarian.html?q=webmaster

Nah, Itulah informasi mengenai "Cara Membuat dan Memasang Google Custom Search Engine (CSE)" - mengenai warna dan fitur apa saja yang terdapat pada GCSE ini bisa kalian eksplor sendiri, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Sumber : Google, Wikipedia.id.

Disclaimer : artikel ini pernah dipublikasi di www.sotazone.net dan kini telah dialih publikasi di Kurazone Blog.





Lebih baru Lebih lama