Panduan Blogger #9 - Mengubah Desain Blog - Kurazone Blog | Panduan Belajar Blogger Pemula

Panduan Blogger #9 - Mengubah Desain Blog

Pilihan Editor :

Panduan Blogger #9 - Mengubah Desain Blog
Penulis Bagus Surochman
0
Modus malam




KURAZONEPanduan Blogger #9 - Dalam mengelola Blog kita perlu membenahi tampilan pada Blog, supaya Blog memiliki kesan yang menarik dimata pengunjung. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengubah desain blog dengan 2 metode.

Metode tersebut diantaranya adalah :
1. Mengubah desain blog menggunakan Gadget
2. Mengubah desain blog menggunakan HTML dan CSS

1 Mengubah desain blog menggunakan Gadget

Kalian dapat menggunakan gadget untuk melakukan berbagai hal. Seperti menampilkan arsip blog, memperlihatkan label blog kedalam daftar pada setiap halaman, atau menempatkan profil Anda di setiap halaman.

Gadget yang sering digunakan

Pada umumnya banyak sekali gadget yang disediakan oleh pihak Blogger, dengan pilihan yang bermacam - macam tersebut terkadang kita perlu memanajemen gadget mana yang sekira perlu kita gunakan untuk mendesain blog.

Diantara banyaknya gadget yang tersedia, inilah gadget- gadget yang paling sering digunakan oleh pengelola Blogger.
1. Popular Post
2. Postingan Terkini
3. Label
4. Komentar terkini
5. Arsip
6. Slot Iklan
Untuk widget lain bisa menyesuaikan kebutuhan

Cara mengubah tampilan dengan menggunakan gadget ini sudah pernah kita bahas pada Panduan Blogger #3 - Menambahkan Gadget/Widget ke Blog.

Dengan menambahkan gadget pada Menu Tata Letak, kalian bisa mengatur dan menggeser-geser widget yang diinginkan.

2 Mengubah desain blog menggunakan HTML dan CSS

Mengubah menggunakan HTML

Mengubah desain blog menggunakan HTML berarti kalian melakukan pengeditan blog dengan bahasa HTML yang terdiri dari tag pembuka dan tag penutup, bertemu dengan JavaScript maupun CSS sekaligus didalamnya. Penempatan urutan tampilan blog dikendalikan oleh HTML.

Untuk melakukan pengeditan dengan bahasa HTML ini, kalian bisa menuju ke :
1. Menu Tema
2. Pilih "Edit HTML"
3. Buat perubahan yang kalian inginkan
4. Simpan tema

Syarat yang harus kalian miliki untuk bisa melakukan editing HTML adalah memahami struktur HTML, karena jika kurang teliti dalam memasukkan kode HTML akan menyebabkan template tidak tersimpan dengan sempurna.

Pada bagian "Edit HTML" inilah kalian nantinya bisa mengedit template secara keseluruhan, mulai dari Head, Body, Wrapper, Sidebar, Footer dan element tambahan lainnya.

Untuk lebih memahami bagaimana bentuk - bentuk HTML, kalian bisa belajar pada situs w3schools

https://www.w3schools.com/


Mengubah menggunakan CSS

Menggunakan desain blog menggunakan CSS berarti kalian melakukan pengeditan blog dengan bahasa CSS yang terdiri ID dan Class didalamnya, pengaturan jarak, batas dan pewarnaan blog dikendalikan oleh kode - kode CSS.

Untuk melakukan pengditan dengan bahasa CSS ini sebenarnya bisa dilakukan ketika kalian mengedit HTML melalui "Edit HTML", karena disana kalian juga akan menjumpai kode yang ditandai dengan kode <style> dan berakhir dengan </style> yang mana didalam lingkup tersebutlah CSS berada. Atau biasanya juga dibungkus oleh kode <b:skin> hingga </b:skin>

Selain pada menu "Edit HTML", kalian juga bisa menambahkan CSS baru tanpa harus masuk ke "Edit HTML", yaitu dengan memilih menu "Sesuaikan".
1. Menu Tema
2. Pilih "Sesuaikan"
3. Buat perubahan yang kalian inginkan
4. Simpan tema

Kemudahan menggunakan mene "Sesuaikan" ini adalah kalian bisa melakukan desain secara realtime, artinya dalah ketika ada perubahan pada desain blog maka bagian preview nya akan langsung menunjukkan bentuk dari perubahan tersebut. Jika desain dirasa sudah sesuai dengan keinginan maka kalian bisa memilih tombol TERAPKAN.

NOTE :
  1. Melakukan perubahan desain Blog menggunakan HTML dan CSS haruslah tahu resiko yang diambil. Jika salah dalam menerapkan kode, maka tampilan blog bisa amburadul (berantakan). Jadi diperlukan ketelitian dan hati - hati saat melakukan desain.
  2. Buatlah file cadangan atau backup-an template yang asli, ini bertujuan supaya ketika terjadi hal - hal yang tidak diinginkan, kalian bisa merestore tampilan kembali ke semula.
  3. Jangan takut melakukan perubahan pada blog, itu adalah blog kalian, kalian bebas mau ngapa-ngapain. Semakin sering kalian melakukan desain blog maka secara tak langsung kalian belajar mendesain blog. Banyak - banyaklah belajar dari kesalahan.

Itulah informasi mengenai "Panduan Blogger #9 - Mengubah Desain Blog", selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Goodluck !!
nanio
Panduan Blogger #9 - Mengubah Desain Blog
Panduan Blogger #9 - Mengubah Desain Blog Panduan Blogger #9 - Mengubah Desain Blog Reviewed by Bagus Surochman on 6/08/2018

Tidak ada komentar:

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.