Google Doodle - 73 Tahun Dirgahayu Indonesia (Independence Day 17 Agustus 2018) - Kurazone Blog | Panduan Belajar Blogger Pemula

Google Doodle - 73 Tahun Dirgahayu Indonesia (Independence Day 17 Agustus 2018)

Pilihan Editor :

Google Doodle - 73 Tahun Dirgahayu Indonesia (Independence Day 17 Agustus 2018)
Penulis Bagus Surochman
0
Modus malam



Google Doodle - 73 Tahun Dirgahayu Indonesia (Independence Day 2018)
KURAZONE ~ 17 Agustus tahun empat lima, itulah hari kemerdekaan kita, hari merdeka nusa dan bangsa, hari lahir nya bangsa Indonesia, merdeka!!! Itulah lirik awal yang sering dinyanyikan ketika Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan di setiap Tahun pada bulan Agustus. Pada kemerdekaan ini, kita sudah memasukan ulang tahun ke 73 Indonesia Merdeka yang dimeriahkan dengan logo Indonesia 73 TH seperti dibawah ini :


Lalu, apasih makna dari Logo 73 ini?

Berikut adalah penjelasannya

Logo Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2018 secara resmi telah dipublikasikan pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara pada 12 Juli 2018.

Dikutip dari Pedoman Identitas Visual 73 Tahun Indonesia Merdeka, tahun 2018 adalah tahun yang istimewa bagi Indonesia, karena selain bertepatan dengan 73 tahun Kemerdekaan RI kita juga menyambut ajang Asian Games XVIII dimana Indonesia dipercayakan kembali untuk menjadi tuan rumah setelah 56 tahun.

Pada perayaan 73 tahun Kemerdekaan RI kali ini, terlahir 2 tema utama yang bersinergi yaitu “Energi” dan “Kerja”. Tema “Energi” diambil dari identitas Asian Games XVIII yaitu “The Energy of Asia”. Sementara tema “Kerja” merupakan cerminan pemerintahan Joko Widodo selama 4 tahun terakhir untuk perubahan yang lebih baik.

Tema “Energi” dan “Kerja” pun diharapkan dapat memberikan dampak kepada masyarakat Indonesia agar terciptanya semangat dalam bekerja bersama membangun negeri dan semangat untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi dunia.

Logo 73 tahun Kemerdekaan RI ini terinspirasi dari kata ‘Kerja’ yang berarti adanya pergerakan / aktif. Dan kata 'Energi' yang berarti tenaga atau daya untuk bekerja, pancaran. Kerja dan energi adalah suatu kesatuan yang saling melengkapi. Disimbolkan oleh bentuk garis dinamis yang memiliki arti suatu kemajuan dalam bekerja, sekaligus melambangkan semangat, optimisme untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi dunia.

Logo harus mengacu pada “Logo Grid” yang sudah ditetapkan. Dilakukan dengan perhitungan dan pertimbangan sehingga tercipta komposisi dan proporsi yang baik.


Visual Pewarnaan Logo

Agar terciptanya keselarasan antara warna bendera Republik Indonesia dan logo kemerdekaan, maka warna merah menggunakan kode #DD1E26 dipilih sebagai warna primer yang memang identik dengan semangat militan yang membara agar terus bisa berenergi dan bekerja. Ttak lupa ada juga warna putih dengan kode #FFFFFF yang dapat digunakan sebagai pendamping si merah tadi. Atau kalau kamu mau, ada juga warna pilihan lain, seperti warna Hitam #414042 yang bisa kamu jadikan sebagai warna dasar.

Slogan Pelengkap Logo

Dibawah logo 73 tersebut, kalian akan menjumpai KERJA KITA PRESTASI BANGSA. Istilah “Kerja Kita” tentu merepresentasikan semangat produktif seluruh elemen bangsa Indonesia di ulang tahunnya, lalu “Prestasi Bangsa” menunjukkan dukungan semangat bagi atlet-atlet negara kita yang akan berlomba di ajang Asian Games.

Logo Kemerdekaan dan Logo Asian Games

Spesial di tahun 2018 ini, logo kemerdekaan negara Indonesia ke-73 juga disandingkan pula dengan logo asian games ke XVIII. Hal tersebut dikarenakan Indonesia kembali dipercaya menjadi tuhan rumah setelah 56 tahun lamanya. Akan tetapi tidak ada keharusan khusus untuk memasang logo kemerdekaan dan asian games secara bersamaan. Apabila ingin memasukkan elemen logo asian games, maka logo kemerdekaan indonesia ke-73 harus tetap menjadi fokus utama.

Bagi yang menginginkan logo 73 tahun ini, bisa mengunduhnya di sini dan panduan lengkap penggunaannya ada di sini.

Beberapa Contoh Ilustrasi Penggunaan Logo 73th Kemerdekaan Indonesia





Google Doodle

Di tahun 2018 ini Google pun ikut merayakan Kemerdekaan Indonesia dengan mengubah Google Doodle mereka menjadi simbol kemerdekaan Indonesia, seperti dibawah ini :
Tampilan Google Doodle versi Mobile

Tampilan Google Doodel versi Desktop


Penggunaan Banner 

Dalam memeriahkan kemerdekaan, tentunya akan banyak sekali banner ataupun spanduk untuk memperingati hari kemerdekaan. Kami pun juga turut merayakannya dengan membuat banner sederhana seperti dibawah ini:


Nah, untuk sahabat Kurazer dirumah, bagaimana cara kalian merayakan Kemerdekaan Indonesia di Tahun 2018 ini?

Sumber :
http://www.masawah.desa.id
http://blog.ciptaloka.com
wikipedia
nanio
Google Doodle - 73 Tahun Dirgahayu Indonesia (Independence Day 17 Agustus 2018)
Google Doodle - 73 Tahun Dirgahayu Indonesia (Independence Day 17 Agustus 2018) Google Doodle - 73 Tahun Dirgahayu Indonesia (Independence Day 17 Agustus 2018) Reviewed by Bagus Surochman on 8/17/2018

Tidak ada komentar:

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.