Google Doodle - Taman Nasional Bunaken 2018 - Kurazone Blog | Panduan Belajar Blogger Pemula

Google Doodle - Taman Nasional Bunaken 2018

Pilihan Editor :

Google Doodle - Taman Nasional Bunaken 2018
Penulis Bagus Surochman
0
Modus malam




KURAZONE ~ Halo sahabat Kurazer, pada tanggal 14 Agustus telah diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Taman Nasional Bunaken. Untuk merayakan ulang tahun tersebut, Yuks berkenalan kembali kisah dari Taman Nasional Bunaken ini.

SEJARAH

Taman Nasional Bunaken secara resmi didirikan pada tahun 1991 dan merupakan salah satu taman laut pertama Indonesia. Pada tahun 2005, Indonesia mendaftarkan taman nasional ini kepada UNESCO untuk dimasukan kedalam Situs Warisan Dunia. Meskipun memiliki status taman nasional dan mendapat pendanaan yang cukup, taman ini mengalami degradasi kecil akibat penambangan terumbu karang, kerusakan akibat jangkar, penggunaan bom dan sianida dalam menangkap ikan, kegiatan menyelam dan sampah. World Wildlife Fund (WWF) memberikan bantuan konservasi sebagai bagian dari "Sulu Sulawesi Marine Eco-region Action Plan". Konservasi meliputi patroli, yang berhasil mengurangi penggunaan bom dalam menangkap ikan.

TENTANG TAMAN NASIONAL BUNAKEN

Taman Nasional Bunaken adalah taman laut yang terletak di Sulawesi Utara, Indonesia. Taman ini terletak di Segitiga Terumbu Karang, menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang dan juga berbagai spesies ikan, moluska, reptil dan mamalia laut. Taman Nasional Bunaken merupakan perwakilan ekosistem laut Indonesia, meliputi padang rumput laut, terumbu karang dan ekosistem pantai.

Taman nasional ini didirikan pada tahun 1991 dan meliputi wilayah seluas 890.65 km². 97% dari taman nasional ini merupakan habitat laut, sementara 3% sisanya merupakan daratan, meliputi lima pulau: Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen.

FLORA DAN FAUNA DI TAMAN NASIONAL BUNAKEN

Taman Nasional Bunaken memiliki ekosistem terumbu karang yang sangat kaya. Terdapat sekitar 390 spesies terumbu karang di wilayah ini. Spesies alga yang dapat ditemui di Taman Nasional Bunaken adalah Caulerpa, Halimeda dan Padina, sementara spesies rumput laut yang banyak ditemui adalah Thalassia hemprichii, Enhallus acoroides, dan Thalassaodendron ciliatum. Taman Nasional Bunaken juga memiliki berbagai spesies ikan, mamalia laut, reptil, burung, moluska dan mangrove. Sekitar 90 spesies ikan tinggal di perairan wilayah ini.

Di daratan, pulau ini kaya akan Arecaceae, sagu, woka, silar dan kelapa. Selain itu, Taman Nasional Bunaken juga memiliki spesies hewan yang tinggal di daratan, seperti rusa dan kuskus. Hutan mangrove di taman ini menjadi habitat bagi kepiting, lobster, moluska dan burung laut.

Untuk ikut mengukir sejarah di hari ultah ini, Google pun merayakannya dengan memajang Doodle Taman Nasional Bunaken pada Logo Search Penelusurannya, berikut adalah Penampakan dari Google Doodle Taman Nasional Bunaken 2018


Keindahan Taman Nasional Bunaken bisa kalian lihat Galeri nya disini

Sebagai warga Indonesia, tentu kita harus melestarikan warisan dunia yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah Taman Nasional Bunaken. Sangat disayangkan jika di tahun 2018 ini kita mendapatkan informasi yang menyedihkan mengenai kondisi Taman Nasional Bunaken yang nampak seperti Bak Sampah.


(video by : Tribunnews)

Dari video diatas, kalian bisa melihat banyak sekali berbagai jenis sampah. Mulai dari pembungkus shampo, makanan instan, gelas dan botol plastik, hingga pembungkus popok bayi yang tampak berjejer.
Padahal Taman Nasional Bunaken merupakan Surga Bawah Laut Terbaik dan Terindah yang ada di Indonesia.
Pada Ulang Tahun Taman Nasional Bunaken yang ke 27 ini, Semoga Taman Nasional Bunaken tetap menjadi Tempat Wisata yang selalu terjaga keindahannya. Aamiin

  • Sumber :
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Nasional_Bunaken
  • http://manado.tribunnews.com/2018/04/29/taman-nasional-bunaken-bak-taman-laut-sampah
nanio
Google Doodle - Taman Nasional Bunaken 2018
Google Doodle - Taman Nasional Bunaken 2018 Google Doodle - Taman Nasional Bunaken 2018 Reviewed by Bagus Surochman on 8/14/2018

Tidak ada komentar:

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.