Pengalaman Pribadi Mengelola Blog dan Kemudahan Transaksi Menggunakan Mandiri Online - Kurazone Blog | Panduan Belajar Blogger Pemula

Pengalaman Pribadi Mengelola Blog dan Kemudahan Transaksi Menggunakan Mandiri Online

Pilihan Editor :

Pengalaman Pribadi Mengelola Blog dan Kemudahan Transaksi Menggunakan Mandiri Online
Penulis Bagus Surochman
3
Modus malam



KURAZONE ~ Halo sahabat Kurazer, kali ini admin mau berbagi kisah mengenai kegiatan dan pengalaman pribadi admin yang sendirian mengelola sebuah blog ini, yaps blog mana lagi kalau bukan blog Kurazone ini. Kisah yang saya bagikan ini cukuplah sederhana dan boleh kok jika sahabat Kurazer nanti menirunya.

Berikut ini adalah Pengalaman Pribadi Mengelola Blog dan Kemudahan Transaksi Menggunakan Mandiri Online

Platform yang digunakan untuk mengelola Blog

Mencari tempat untuk berbagi informasi itu bisa dilakukan dimana saja, asalkan tempat tersebut nyaman dan sesuai dengan ekpetasi. Salah satunya adalah menggunakan Platform Blogger yang telah menyediakan tampilan sederhana dan elegant untuk digunakan.

Ketertarikan saya dalam memilih Blogger adalah berawal ketika akun Friendster saya sudah tidak bisa dibuka (alumni tahun 2010 pasti tahu situs yang satu ini). Sebuah website yang selama ini sebagai tempat curahan hati, tips dan trik, tutorial terkini dan catatan penting mengenai pengalaman pribadi juga tertulis disana. Namun ketika situs Friendster tak lagi bisa diakses. Saya pun beralih ke Blogger.

Mulai serius mengelola Blog

Awalnya saya mengira Blogger hanya sebagai tempat menulis artikel, menulis cerita, menulis cerpen, menulis puisi dan sebagainya. Saya beranggapan seperti itu karena Blogger dapat dimiliki secara mudah dan gratis, pembuatannya pun simple. Cukup masukkan biodata dan password. Jadi deh!!

Setelah akun Blogger terbuat, tanpa sengaja saya melihat ada menu "PENGHASILAN" dibilah dasbor kiri pada akun Blogger. Nah, apa itu? Rupanya Blog atau Blogger yang dikelola tersebut bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang. Itulah awalnya saya mengenal yang namanya Google Adsense, dan ternyata ada persyaratan khusus untuk mendapatkan akun Google Adsense ini.

Salah satu syarat yang paling diutamakan oleh Google adalah Blog harus sudah Top Level Domain. Nah, istlah baru apalagi ini? Hewan seperti apakah Top Level Domain ini?



Mengenal apa itu Top Level Domain (TLD)

Setelah saya mengetahui istilah TLD ini, saya pun penasaran mencarinya di Google. Ternyata TLD itu.... ya begitulah, kita beli DOMAIN. Bayar donk?! (Jelaslah!!). Dari pembelian domain ini, alamat blog kita yang dulunya https://namasaya.blogspot.com akan menjadi https://namasaya.com.

Mengerti akan hal tersebut, saya pun tertarik untuk membeli domain. Tertariknya karena apa sih? Ya biar keren aja klo sudah dot COM atau dot NET. Demi mendapatkan TLD yang diinginkan tersebut maka uang bukan masalah lagi bagi saya (ciye sok keren).

Wacana Beli Domain

Domain yang saya inginkan adalah Kurazone.Net, merupakan domain favorit yang saya inginkan sebagai URL Blog. Untungnya, domain tersebut belum ada yang memiliki. Sehingga ada kesempatan untuk membeli domain tersebut. 

Lalu, darimana uang untuk beli domain? Tentu saja, dari hasil kerja di Dunia Nyata, uang hasil jerih payah selama 1 bulan dikumpulin. Lalu ditabung. Nabungnya dimana? Ya di Bank Mandiri lah!!

Nabung di Bank Mandiri

Hasil gajian selama 1 bulan, gak semuanya saya tabungkan ke rekening Bank Mandiri, karena saya juga perlu kebutuhan sehari - hari. Beli beras, bedak dan cilot bakar. Nah, sisanya ditabung.
Mungkin sahabat Kurazer bertanya - tanya, kenapa kok harus Bank Mandiri? Oke deh saya jawab biar gamblang semuanya.

Alasan pertama

Seperti yang selama ini kita ketahui bersama, bahwa Bank Mandiri merupakan layanan integrasi dari mandiri Internet dan mandiri Mobile yang tampil dengan wajah baru untuk menghadirkan kenyamanan serta kemudahan lebih dalam memperoleh informasi dan melakukan aktivitas transaksi finansial. Khususnya Mandiri Online.

Alasan kedua

Daftarnya mudah bro!! Nasabah mendaftarkan diri dan mengaktifkan layanan transaksi finansial mandiri online di kantor cabang terdekat dengan membawa identitas diri alias KTP, buku tabungan dan kartu debit mandiri. Setelah melakukan pendaftaran, nasabah melakukan aktivasi online pada aplikasi mandiri online melalui smartphone nasabah. Nah, gampang kan? Bisa diakses lewat HP pula.

Alasan ketiga

Adanya metode otentikasi baru yang memberikan keamanan lebih, seperti : Transfer, Pembayaran, Pembelian dan transaksi lainnya menjadi lebih aman untuk nasabah dan kegiatan - kegiatan transaksi tersebut bisa dilakukan melalui smartphone pribadi. Jadi intinya, kegiatan transaksi apapun bisa dilakukan lewat smartphone

Alasan keempat

Mandiri Online terbagi menjadi versi Web dan versi App. Jangan sampai keliru ya. Untuk yang versi web bisa diakses melalui browser, sedangkan untuk versi App nya bisa diakses melalui smartphone Nasabah. Otentikasinya pun berbeda, kalau yang Web pakai token, sedangkan App nya pakai MPIN

Alasan kelima

Sesuai namanya, yaitu MANDIRI. Mau ngapa - ngapain saya jadi mandiri. Mau Transfer? Pakai smartphone pribadi aja. Atau ingin Top-up, check histori transaksi, transaksi online bahkan hingga buka deposit pun bisa dilakukan secara MANDIRI (tanpa menyuruh orang lain)

Alasan keenam

Intinya, saya dapat bertransaksi lebih mudah cukup dengan 1 handphone saja.

Nah, dari alasan - asalan diataslah yang membuat saya betah dan setia dengan Mandiri. Setelah uangnya terkumpul barulah saatnya membeli DOMAIN.

Membeli DOMAIN

Untuk membeli domain, tentu saja saya akan melakukan transaksi online. Syukurlah sudah ada uang di Mandiri Online saya, jadinya ada kemudahan transaksi saat beli domain.

Kemudahan Transaksi Menggunakan Mandiri Online

Yaps, saatnya transaksi beli domain. Oiya, sebelum menggunakan Mandiri Online, sahabat Kurazer terlebih dahulu harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh Bank Mandiri, yaitu :
  1. Nasabah merupakan user Mandiri Internet Aktif
  2. Nasabah merupakan user SMS Banking yang terdaftar untuk transaksi finansial.
Jika belum memenuhi kedua kriteria ini, nasabah dimohon untuk mendaftarkan diri dan mengaktifkan service transaksi finansial di cabang Bank Mandiri terdekat dengan membawa identitas diri, buku tabungan, dan kartu debit Bank Mandiri.



Nah, dalam melakukan transaksi online tersebut caranya pun cukup mudah. Tinggal buka aplikasi Mandiri Online, kemudian pilih transaksi yang diinginkan. Misalnya seperti :
  1. Tagihan telepon: Telkom, kartu Halo, Matrix, IM3 Bright, XL/Xplor, dan sebagainya.
  2. Isi ulang pulsa: Simpati, Mentari, IM3 Smart, , XL, dan sebagainya.
  3. Kartu Kredit: Bank Mandiri, Citibank, HSBC, Standard Chartered, RBS, ANZ, dan sebagainya.
  4. Pembayaran Umum (utilities) lainnya: PLN, PAM, PBB, pendidikan, asuransi, Internet/TV Kabel, Kredit, Tiket Pesawat/Kereta Api, dan lain-lain.
  5. Administrasi: perubahan PIN Mandiri SMS, perubahan daftar transfer, ataupun inbox.
  6. Fitur standar untuk akses rekening, seperti transfer antar rekening, transfer antar bank, inquiry saldo, lihat lima transaksi terakhir dan penggantian PIN


Nah, dikarenakan saya ingin melakukan pembelian domain secara online, maka saya bisa menggunakan fitur nomor 6, yaitu transfer antar rekening. Cara ini sangat cocok bagi kalian yang suka bayar belanja online pakai smartphone. Setelah berhasil membeli domain, kini saatnya mendapatkan Approve dari Adsense

Perjuangan mendapatkan Approve Adsense

Persyaratan yang paling disukai Google selain Blog sudah ber TLD, adalah Blog rutin update dan usia blog minimal 6 bulan. Wah kalau ini sih saya sudah memenuhi persyaratan. Langsung capcus deh melakukan pendaftaran ke Google Adsense.
Jebret!! rupanya tampilan template dan navigasi pada blog juga harus diatur serapi mungkin, supaya blog terkesan sudah siap untuk dipasangi adsense. Dikarenakan saya lalai dalam hal tersebut maka pengajuan daftar ke Google Adsense pun ditolak.
Kalian tahu gak berapa kali aku ditolak adsense? Ya ada 22x lah kalau tidak salah. Sampai capek ngajuin daftar ulang ke Adsense. Semenjak itu saya merasa gagal dan putus asa untuk mendapatkan persetujuan dari Adsense ini, hingga pada suatu hari (setelah gagal melamar cewek), saya mendapatkan surat cinta dari Google Adsense, yang berisi pesan seperti dibawah ini :


Sungguh moment yang sangat AMAZING bagi saya. Senengnya luar biasa, gak bisa diungkapin pakai kata - kata. Benar - benar kisah yang selama ini aku rintis sendirian... mulai dari awal ngeblog, kerja banting pipi, nabung, beli domain, daftar ke Adsense, lamaran ditolak cewek, hingga akhirnya diterima Adsense telah membuatku mengerti inilah arti dari sebuah PERJUANGAN MANDIRI !!

Dramatis bangets...


Apa yang dilakukan setelah diterima Adsense

Dikira sudah kelar apa ya perjuangannya.... Justru ini adalah langkah awal menuju ke level berikutnya. Pertandingan baru saja dimulai. Terus update membuat konten - konten berkualitas dan terarah sesuai passion dan hobby. Artinya adalah bahaslah topik yang memang kamu sukai, bahaslah yang kamu minati. Contoh nya seperti blog yang saya kelola ini, blog Kurazone, tempat dimana saya memfokuskan topik tentang dunia Blogger.

Jika kalian bisa fokus dan terarah dalam mengelola blog, InsyaAlloh perjuanganmu akan membuahkan hasil. Hasil yang didapat bukan melulu dari Adsense saja, tapi bisa juga dari tawaran sebagai Penulis di situs terkenal, freelancer, pemasangan iklan mandiri maupun Content Placement di blog. :)

Cukup panjang juga ya kisah dari artikel "Pengalaman Pribadi Mengelola Blog dan Kemudahan Transaksi Menggunakan Mandiri Online" ini, ambil positifnya buang negatifnya. 

Semoga dari cerita ini bisa memberikan inspirasi bagi sahabat Kurazer untuk berbagi ilmu melalui dunia Blogger, jika ilmu yang kalian bagikan memang sangat bermanfaat, maka bukan hanya uang saja yang akan kalian dapatkan. Tapi juga pahala dari "ilmu yang bermanfaat" tersebut, yang nantinya bisa menjadi bekal/tabungan mandiri di akhirat kelak. Terimakasih telah berkenan mampir di blog sederhana ini, salam sejahtera.
nanio
Pengalaman Pribadi Mengelola Blog dan Kemudahan Transaksi Menggunakan Mandiri Online
Pengalaman Pribadi Mengelola Blog dan Kemudahan Transaksi Menggunakan Mandiri Online Pengalaman Pribadi Mengelola Blog dan Kemudahan Transaksi Menggunakan Mandiri Online Reviewed by Bagus Surochman on 8/20/2018

3 komentar:

  1. Benar² berkesan Bang....
    Sebuah perjuangan yg menguras tenaga dan perasaan.... Hikss....

    BalasHapus
  2. Pantang menyerah banget mimin. Saya waktu itu gegara ditolak adsense sampai vakum ngeblog beberapa bulan :v

    BalasHapus
  3. saya jg pake mandiri.sangat membantu utk transaksi online
    https://helloinez.com

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.