Cara Melaporkan Konten Copas Kepada Google DMCA Takedown

KURAONE ~ Pernahkah kalian menemukan sebuah blog yang secara terang-terangan meng-copas artikel anda tanpa ijin terlebih dahulu? Lebih sakit lagi apabila konten yang di copas tersebut tidak dicantumkan sumber linknya.

Untuk mengatasi hal tersebut maka kita perlu melaporkannya ke Google DMCA Takedown, supaya blog asli kita tidak dianggap sebagai blog yang mengandalkan dummy akibat artikel copas yang tidak bertanggung jawab. Nah, bagaimana cara melaporkan ke Google DMCA Takedown? Berikut adalah caranya.

1. Masuk ke Akun Google anda, lalu masuk ke alamat berikut : https://www.google.com/webmasters/tools/dmca-dashboard?hl=in&pid=0

2. Pilih "Buat Pemberitahuan Baru"


3. Masukkan Identitas/Biodata Pelapor


4. Berikan keterangan atau alasan mengenai gambaran apa yang terjadi pada blog anda
5. Masukkan URL Blog Asli / URL tempat dimana konten ori berada


6. Masukkan URL yang melakukan tindakan COPAS


7. Isi lengkap "Pernyataan Tersumpah" nya, kemudian Kirim


8. Selanjutnya tinggal menunggu jawaban via email, dan dikemudian hari status pending pada laporan kita akan direview. 


Deretan URL yang melakukan COPAS

Hasil akhir dari review DMCA Takedown bisa berupa "ditolak" ataupun 'disetujui'. Selama konten yang copas tersebut melakukan 100% penjiplakan maka konten yang kita laporkan tersebut akan 'disetujui' untuk dihapus. Jika status konten 'ditolak' ini bisa jadi karena konten yang kita laporkan sudah dihapus atau tidak menyalahi aturan Google.

Jadi jangan khawatir jika status konten yang kita laporkan 'ditolak', karena setidaknya kita sudah memberikan sinyal kepada Google DMCA Takedown mengenai konten tersebut dan tidak ada salahnya lagi jika melaporkan ulang konten yang 'ditolak' tersebut. Lambat laun artikel yang copas tersebut akan tenggelam akibat kebijakan dari Google Pinguin dan Google Panda.

Itulah informasi mengenai "Cara Melaporkan Konten 'Copas' Kepada Google DMCA Takedown", dengan adanya informasi ini diharapkan bagi sahabat Kurazer untuk bisa memanage blog agar terhindar dari duplikat konten akibat ulah tangan-tangan najis yang tidak bertanggung jawab. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Goodluck !!





Lebih baru Lebih lama