Cara Mengatasi Tombol Balas / Reply Komentar yang Error pada Blog


KURAZONE ~ Cara Mengatasi Tombol Balas / Reply Komentar yang Error pada Blog - Halo sahabat Kurazer, pertengahan November 2018 para Blogger Indonesia mulai digemparkan oleh kejadian tombol reply yang tiba-tiba error.

Saya pribadi pun sempat tidak menghiraukan permasalahan seperti ini karena bisa jadi kejadian error tersebut disebabkan oleh kode yang berada pada lingkup <b:includable id='threaded_comment_js' var='post'>, namun ternyata saya pun salah persepsi. Rupanya error pada tombol reply tersebut disebabkan oleh optimasi template yang menyembunyikan CSS Bundle dan Javascript Google Plus One. Cara optimasi tersebut pernah dibahas pada artikel "Cara Meningkatkan Kecepatan Blog".

Optimasi template dengan cara menyembunyikan CSS Bundle dan Javascript Google Plus One memang terbukti manjur untuk meningkatkan kecepatan blog, namun hal itu adalah kisah di masa lalu... Sekarang hal tersebut sudah tidak berguna lagi karena dari faktor internal Blogger sepertinya tidak menginginkan CSS Bundle dan Javascript Google Plus One milik mereka disembunyikan. Sehingga pihak Blogger mengakalinya dengan cara meng-error kan tombol balas / reply pada blog, seperti dibawah ini :


Supaya tombol reply komentarnya menjadi normal kembali, maka yang perlu kita lakukan adalah cukup mengembalikan kode head, /head dan /body ke bentuk semula. Silahkan masuk kedalam template blog kalian lalu ikuti petunjuk dibawah ini :
  1. Ubah kode &lt;!--</body>--&gt; menjadi </body> atau
    Ubah kode &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt; menjadi </body>
  2. Ubah kode &lt;head&gt; menjadi <head>
  3. Ubah kode &lt;!--<head/>--&gt; menjadi </head> atau
    Ubah kode &lt;!--</head>--&gt;&lt;/head&gt; menjadi </head>
Terakhir, Simpan Template

    Note : setelah mengubah kode /body coba disimpan dulu templatenya, lalu test tombol Balas nya sudah bisa berfungsi atau belum. Jika sudah berfungsi berarti cukup sampai disini saja setting kode nya. Namun biasanya akan muncul 3 tulisan Balas yang terdiri dari Balas, Balasan, Balas. (tombol reply nya dobel dobel)


    Pada gambar dibawah ini menunjukkan bahwa tombol reply sudah berfungsi (ditandai dengan warna biru pada tulisan Balas, Balasan dan Balas), warna biru menunjukkan bahwa tulisan tersebut memiliki hyperlink yang bisa diklik.



    Untuk merapikan 3 tulisan Balas tersebut, maka mau tak mau kita setting juga kode <head> dan </head> nya ke bentuk semula.

    Sehingga tulisan Balas, Balasan dan Balas akan menjadi 1 tombol seperti dibawah ini :


    Jadi intinya, disini kalian cukup konsen pada 3 kode saja, yaitu HEAD, /HEAD dan /BODY. Udah itu doank!!
    Itulah informasi mengenai "Cara Mengatasi Tombol Balas / Reply Komentar yang Error pada Blog", jika ternyata cara ini tidak berhasil pada template kalian, maka kalian bisa mencari solusi di blog lain. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

    People in comments...
    Hana Nurdin (www.vidmerch.net)
    Agung Anggara  (agungpanduan.blogspot.com)





    Lebih baru Lebih lama