Daftar Penerbit Buku Sekolah di Indonesia - Kurazone Blog | Panduan Belajar Blogger Pemula

Daftar Penerbit Buku Sekolah di Indonesia

Pilihan Editor :

Daftar Penerbit Buku Sekolah di Indonesia
Penulis Bagus Surochman
0
Modus malam




KURAZONE ~ Daftar Penerbit Buku Sekolah di Indonesia - Halo sahabat Kurazer yang setia mengunjungi blog Kurazone ini, perkenalkan saya Rafi merupakan pemilik dari blog Sudut Sekolah. Pada kesempatan kali ini saya ingin sharing seputar dunia Pendidikan Indonesia, yaitu tentang daftar Penerbit buku sekolah di Indonesia.

Pasti kalian pernah atau bahkan sekarang masih duduk di bangku sekolah kan? Pasti masih pada ingat dan kenal dong sama buku-buku paket yang diberikan oleh Pemerintah kepada pihak sekolah, lalu diberikan kepada kalian dong? Walaupun ada beberapa buku yang harus kalian beli sendiri.
Buku-buku paket tersebut diterbitkan tidak hanya dari 1 penerbit saja, biasanya di setiap jenjang ada beberapa buku dari berbagai penerbit yang dipakai.
Contoh daftar Penerbit buku sekolah yang terkenal di Indonesia adalah Erlangga, Yudhistira, Balai Pustaka, dan lainnya. Yuk kita bahas lebih dalam mengenai Penerbit buku sekolah di Indonesia.

Daftar Penerbit Buku Sekolah di Indonesia

1 Balai Pustaka

Balai Pustaka merupakan perusahaan Penerbit milik negara. Balai Pustaka yang sudah didirikan sejak zaman penjajahan Belanda yaitu sejak 14 September 1908 dengan nama Commissie voor de Inlansche School en Volkslectuur di Batavia oleh pemerintah pada masa itu, tujuan di dirikannya Balai Pustaka adalah untuk mengembangkan bahasa daerah pada masa Hindia Belanda. Bahasa-bahasa daerah yang dimaksud adalah bahasa Melayu, bahasa Sunda, bahasa Jawa, dan bahasa Madura.
Balai Pustaka sempat berganti nama menjadi Gunseikanbu Kokumin Tosyokyoku pada masa pemerintahan Jepang. Balai Pustaka sudah menerbitkan kurang lebih 350 judul buku per tahunnya.

2 Yudhistira

Penerbit buku sekolah di Indonesia yang kedua adalah Yudhistira. Yudhistira telah berdiri sejak tahun 1971, visi dari Yudhistira adalah mendarmabaktikan diri pada dunia perbukuan, untuk berperan serta mencerdaskan kehidupan bangsa guna menciptakan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Pendirinya adalah Alm. H. Lukman Sa'ad.
Yudhistira sudah berpengalaman sekali dan mendapat kepercayaan untuk membuat buku-buku untuk bangku sekolah, baik itu SD, SMP, SMA atau SMK, hingka ke perguruan tinggi.

3 Erlangga

Erlangga merupakan penerbit buku pelajaran sekolah di Indonesia yang telah berdiri sejak 30 April 1952 didirikan oleh Marulam Hutauruk. Yap, sudah berdiri selama 66 tahun lamanya. Pada awalnya perusahaan ini hanya menerbitkan buku buku seputar pelajaran saja, namun semakin berkembangnya perusahaan ini, buku yang diterbitkan sudah semakin banyak jenis dan ragamnya. Perusahaan penerbit Erlangga memiliki kantor utama di Ciracas, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia.

4 Bumi Aksara

Penerbit Bumi Aksara didirikan oleh Amir Hamzah pada tahun 1990, pada zaman awal berdirinya PT Bumi Aksara ini sudah menerbitkan banyak buku-buku seputar akademis, seperti buku agama, buku manajemen, dan buku pendidikan.

5 tahun kemudian, PT Bumi Aksara ini sudah berkembang dengan pesat, karena ia telah memiliki sistem percetakan dengan unit yang lengkap sendiri. Nah, mulai awal tahun 1995 lah PT Bumi Aksara mulai memproduksi buku-buku untuk anak sekolah, seperti buku SMP dan buku SMA.

Nah, setelah berkembang dan berkembang dengan pesat, pada tahun 2014 sudah mulai menerbitkan buku khusus kesehatan, dengan menggunakan penulis lokal maupun menerjemahkan beberapa judul buku-buku kesehatan dari luar negeri.

Mungkin itu saja 4 daftar Penerbit buku sekolah di Indonesia yang sering kita gunakan di sekolah, jangan lupa baca artikel di Sudut Sekolah ya, terima kasih dan semoga bermanfaat.
nanio
Daftar Penerbit Buku Sekolah di Indonesia
Daftar Penerbit Buku Sekolah di Indonesia Daftar Penerbit Buku Sekolah di Indonesia Reviewed by Bagus Surochman on 11/05/2018

Tidak ada komentar:

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.