Google Doodle - Hari Guru 2018 (25 November 2018) - Sejarah dan Kata Kata

Pilihan Editor :

Google Doodle - Hari Guru 2018 (25 November 2018) - Sejarah dan Kata Kata
Penulis Bagus Surochman
1
Modus malam
AAA



KURAZONE ~ Halo sahabat Kurazer. Tepat di tanggal 25 November ini Indonesia memperingati Hari Guru. Hari Guru adalah hari untuk menunjukkan penghargaan terhadap guru, dan diperingati pada tanggal yang berbeda-beda bergantung pada negaranya. Di beberapa negara, hari guru merupakan hari libur sekolah.
SEJARAH Hari Guru Nasional pada 25 November ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. Penetapan tanggal 25 November sebagai Hari Guru sesuai dengan tanggal terbentuknya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).
Meski Hari Guru telah diperingati setiap 25 November, namun karena sangat jarang diadakan kegiatan khusus pada hari tersebut, wajar jika banyak orang yang tidak tahu tentang hari nasional yang satu ini. Padahal, perkumpulan guru sebenarnya sudah ada sejak zaman pemerintahan Belanda.


Dicetusnya Hari Guru

Pada 25 November 1945, persatuan guru itu telah menamai diri mereka dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Sayang, waktu itu belum ada keputusan resmi dari pemerintah untuk menjadikannya sebagai salah satu hari besar nasional. Barulah pada tahun 1994, Hari Guru Nasional resmi diperingati setiap 25 November. Ini juga tercantum di situs resmi PGRI. Dicetuskannya Hari Guru tentunya untuk mengenang jasa dan perjuangan para guru yang telah bekerja keras memperjuangkan pendidikan di Indonesia.

Perangko Hari Guru Nasional

Untuk memperingati Hari Guru di Indonesia, banyak sekali caranya seperti menyanyikan lagu Hymne Guru, membuat pernak - pernik disertai ucapan hari Guru dan kata - kata mutiara tentang guru. Beberapa diantaranya juga memperingati Hari Guru dengan pernak - pernik desain parsel, baju batik, kado, gelas mug dan sebagainya. Ada juga yang memperingatinya dengan cara membuat kata- kata manis yang dikirim melalui staus Facebook, IG, Twitter maupun G+. Contohnya seperti kata - kata dibawah ini :
  1. Kau memberi asa, namun ku patahkan, Kau memberi kebahagiaan, namun ku hiraukan. Sebegitu besarkah kasihmu padaku? Aku baru tersadar ketika aku mulai besar. 
  2. Engkau bagaikan lilin yang selalu menerangi setiap kegelapan, semoga setiap peluh lelahmu melahirkan generasi tangguh dan berjiwa negarawan. 
  3. Guru adalah pahlawan, dan tanda-tanda kepahlawanannya terukir pada keberhasilan semua orang-orang besar yang Anda kenal. 
  4. Jadikanlah guru-gurumu sebagai orang terhormat sehingga ilmu-ilmu terbaik datang kepadamu. 
  5. Guru engkau bapak dan Ibu kedua bagi kami, menjadi orang tua tatkala kami nakal, menjadi sahabat tatkala kami kebingungan, menjadi pelita tatkala kami kegelapan. 
  6. Seorang guru bukan hanya dia yang berprofesi sebagai guru melainkan siapa saja yang ikhlas dan rela berbagi ilmu dengan orang lain. 
  7. Marahmu, sedihmu, senyummu, bahagiamu, caramu memperlakukan muridmu membuatku meneteskan air mata.Mengenang masa indah, dimana diriku masih sangat kecil dan rapuh.Lalu engkau memberikan paham-paham sebagaimana seorang manusia yang harus memperjuangkan hidup. 
  8. Pahlawan bukanlah orang yang harus selalu mengangkat pedang dan senjata untuk mengorbankan darahnya mengalir atas perjuangannya, melainkan orang yang mengorbankan semua waktu, ilmu dan tenaganyapun merupakan pahlawan tanpa jasa yang harus kita hormati. 

Selain itu, Google pun juga ikut serta memperingati Hari Guru dengan mengubah Doodle nya menjadi seperti dibawah ini :

Nah, di hari Minggu ini (25 November 2018) Bagaiman cara kalian memperingatinya? Terima kasih bapak ibu guru. Tanpamu aku tak bisa membaca, menulis, berhitung.



Sumber : Wikipedia, Tribunnews, Liputan6, Youtube
Google Doodle - Hari Guru 2018 (25 November 2018) - Sejarah dan Kata Kata

1 komentar:

  1. Sedih gan kalo bicara profesi guru. Pemerintah blm memandang scr layak dari segi finansial bnyk honorer veteran yg blm di angkat jd pns. Semoga kedepannya bisa di perhatikan nasib guru2 indonesia..

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.