Perbedaan Lomba Menulis, Kompetisi Blog dan Kontes SEO - Kurazone Blog | Panduan Belajar Blogger Pemula

Perbedaan Lomba Menulis, Kompetisi Blog dan Kontes SEO

Pilihan Editor :

Perbedaan Lomba Menulis, Kompetisi Blog dan Kontes SEO
Penulis Bagus Surochman
1
Modus malam




KURAZONE ~ Halo sahabat Kurazer, pada kesempatan kali saya mau membahas mengenai Perbedaan Lomba Menulis, Kompetisi Blog dan Kontes SEO. Banyak dari teman - teman Blogger yang salah kaprah dalam memahami ke 3 model kompetisi / lomba tersebut. Mulai dari bagaimana prosedur dan penilaiannya. Nah, di artikel kali ini akan saya jelaskan se simple-simple nya agar mudah dipahami kesimpulannya.

Lomba Menulis

adalah sebuah kompetisi atau perlombaan yang pesertanya harus membuat tulisan yang diketik menggunakan komputer maupun tulisan tangan. Lomba jenis ini memberikan persyaratan kepada pesertanya untuk mengirimkan hasil tulisannya dalam bentuk softcopy maupun hardcopy.

Softcopy merupakan file yang dikirim via email bisa berupa file Word (.docx) atau PDF. Sedangkan hardcopy berupa hasil cetak (print) yang dikirim ke alamat penyelenggara (via pos). Jumlah kata yang harus ditulis biasanya sekitar 500 kata lebih (relatif) dengan ukuran kertas dan jumlah halaman kertas yang sudah ditentukan oleh penyelenggara.

Penilaiannya berdasarkan seberapa relevan artikel yang ditulis, gaya bahasa, cara penyampaian, kemurnian atau original tulisannya dan belum pernah dipublikasikan di media cetak manapun.

Lomba menulis ini masih terbagi menjadi kedalam beberapa kategori, seperti :
  1. Lomba Menulis Artikel
  2. Lomba Menulis Cerpen
  3. Lomba Menulis Puisi
  4. Lomba Menulis Karya Ilmiah
  5. dll...

Kompetisi Blog atau Lomba Blog

adalah sebuah kompetisi atau perlombaan yang pesertanya harus membuat tulisan yang dipublikasi ke Blog/Web pribadi, bisa juga ditulis di situs berita atau forum yang menyediakan Guest Post didalamnya (seperti Kompasiana). 

Lomba jenis ini memberikan persyaratan kepada pesertanya untuk mempublikasikan artikel di Blog dengan beberapa ketentuan seperti : menempatkan backlink didalam tulisan, panjang artikel terdiri dari 800 kata lebih (relatif) dan tulisan yang diketik merupakan hasil karya sendiri (ori) bukan hasil dari plagiat.

Penilaian pada Kompetisi Blog atau Lomba Blog ini biasanya berdasarakan kreatifitas tulisan pada artikelnya, mulai dari gaya bahasa, gambar / video pendukung yang digunakan, cara penyampaian, seberapa banyak artikel tersebut dibagikan dan dibaca, seberapa banyak komentar pada artikel tersebut, seberapa relevan artikel yang ditulis, penekana kalimat / argumen yang digunakan dan sebagainya.

Terkadang kompetisi blog atau lomba blog ini juga disebut dengan Lomba Menulis Blog

Kontes SEO

Hampir sama seperti Kompetisi Blog atau Lomba Blog, namun pada perlombaan ini yang menjadi penilaian utamanya adalah posisi artikel yang berada di penelusuran Google.co.id. Dalam 1 halaman Penelusuran Google ada 1 hingga 10 baris artikel yang ditampilkan. Siapa yang berada dibaris pertama maka dia akan menjadi Juara pertama, dan seterusnya.

Selain penilaian dari hasil Penelusuran Google, penilaian juga dinilai berdasarkan kemurnian teknik SEO yang digunakan. Meski berada di baris 1 atau 2 tapi jika menggunakan teknik Black SEO atau Spam, maka baris tersebut akan didiskualifikasi dan pemenang akan jatuh pada baris berikutnya. Serta ke relevan artikel juga menjadi poin tambahan dalam penjurian.

Terkadang kreatifitas tulisan tidak begitu dibebankan dalam perlombaan ini, asalkan blognya berada di posisi pertama maka orang tersebut bisa menjadi Pemenang (meskipun tulisannya acak acakan).

KESIMPULAN !!

  1. Lomba Menulis : kita menulis dan mengirim hasil tulisan ke penyelenggara (baik berupa softcopy maupun hardcopy), penilaian berdasarkan kreatifitas dan original tulisan.
  2. Kompetisi Blog / Lomba Blog : kita menulis dan mempublikasikan hasil tulisan ke blog kita, penilaian berdasarkan kreatifitas dan original tulisan.
  3. Kontes SEO : Sama seperti kompetisi blog / lomba blog, namun penilaian utamanya berdasarkan posisi blog di Penelusuran Google. Ketahuan menggunakan Black SEO akan didiskualifikasi.


Nah, itulah beberapa penjelasan singkat dan padatnya mengenai "Perbedaan Lomba Menulis, Kompetisi Blog dan Kontes SEO", dari ketiga model perlombaan diatas, mana yang paling kalian minati? Tulis di kolom komentar ya..
nanio
Perbedaan Lomba Menulis, Kompetisi Blog dan Kontes SEO
Perbedaan Lomba Menulis, Kompetisi Blog dan Kontes SEO Perbedaan Lomba Menulis, Kompetisi Blog dan Kontes SEO Reviewed by Bagus Surochman on 11/02/2018

1 komentar:

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.