Google Doodle - Maria Walanda Maramis Sang Pejuang Hak Perempuan

Pilihan Editor :

Google Doodle - Maria Walanda Maramis Sang Pejuang Hak Perempuan
Penulis Bagus Surochman
0
Modus malam
AAA



KURAZONE ~ Halo sahabat Kurazer,Lupakan sejenak mengenai RA Kartini! Indonesia masih memiliki putri bangsa yang mengabdi bagi Ibu Pertiwi. Kenali, hargai, dan kenang mereka. Jangan sampai Maria Walanda hanya berhenti sebatas nama tanpa makna. Masih banyak Maria-Maria lain yang sepenuh hati berkiprah bagi Ibu Pertiwi.

Dikutip dari wikipedia - Maria Josephine Catherine Maramis (lahir di Kema, Sulawesi Utara, 1 Desember 1872 – meninggal di Maumbi, Sulawesi Utara, 22 April 1924 pada umur 51 tahun), atau yang lebih dikenal sebagai Maria Walanda Maramis, adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia karena usahanya untuk mengembangkan keadaan wanita di Indonesia pada permulaan abad ke-20.

Setiap tanggal 1 Desember, masyarakat Minahasa memperingati Hari Ibu Maria Walanda Maramis, sosok yang dianggap sebagai pendobrak adat, pejuang kemajuan dan emansipasi perempuan di dunia politik dan pendidikan. Menurut Nicholas Graafland, dalam sebuah penerbitan "Nederlandsche Zendeling Genootschap" tahun 1981, Maria ditahbiskan sebagai salah satu perempuan teladan Minahasa yang memiliki "bakat istimewa untuk menangkap mengenai apapun juga dan untuk memperkembangkan daya pikirnya, bersifat mudah menampung pengetahuan sehingga lebih sering maju daripada kaum lelaki".


Untuk mengenang jasanya, telah dibangun Patung Walanda Maramis yang terletak di Kelurahan Komo Luar, Kecamatan Wenang, sekitar 15 menit dari pusat kota Manado yang dapat ditempuh dengan angkutan darat. Di sini, pengunjung dapat mengenal sejarah perjuangan seorang wanita asal Bumi Nyiur Melambai ini. Fasilitas yang ada saat ini adalah tempat parkir dan pusat perbelanjaan.

Beliau memiliki misi memajukan peradaban dan mewujudkan kesetaraan gender di dunia politik. Saya juga sangat setuju dengan gagasan beliau yang mengatakan pendidikan dimulai dari dalam keluarga. Di masa hidupnya, Walanda Maramis mengajak kaum perempuan untuk sekolah sehingga mereka dapat mendidik anak dalam rangka menyiapkan generasi penerus yang hebat bagi bangsa indonesia.
Maria Walanda Maramis adalah sebentuk cahaya dari timur yang menyediakan jalan bagi kemajuan dan emansipasi perempuan. Ia merupakan pejuang yang bergerak dengan kecerdasan dan keberanian untuk mendobrak adat.
Maria juga memperjuangkan agar perempuan diberi suara dalam urusan kenegaraan serta diberi tempat di Dewan Kota. Kiprahnya menyangkut vrouwenkiesrecht, hak pilih dan dipilih bagi perempuan. Ia menulis banyak artikel tentang ini yang dimuat di koran setempat.

Usahanya berhasil, pada 1921 datang keputusan dari Batavia yang memperbolehkan perempuan memberi suara dalam pemilihan anggota Minahasa Raad. Setelah itu, kondisi fisik Maria menurun. Ia meninggal karena sakit pada 22 April 1924 dalam usia 52 tahun.

Setelah Maria berpulang, banyak kemajuan yang dicapai bangsa kita, khususnya yang menyangkut perwujudan cita-citanya. PIKAT maju pesat. Pada 1930-an, perempuan diberi kesempatan untuk duduk dalam Locale Raden atau Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Maria diangkat sebagai Pahlawan Nasional pada 20 Mei 1969.


Untuk mengenang kiprahnya selama ini Google pun memperingatinya melalui Google Doodle dengan bentuk seperti dibawah ini :


Dengan begini kisah Maria Walanda Maramis dapat diketahui oleh Netizen di masa kini. Nah, bagaimana dengan sahabat Kurazer? Apakah sebelumnya sudah tahu mengenai Tokoh Pahlawan MWM ini? Atau justru baru tahu sekarang? Hehe..

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Maria_Walanda_Maramis
https://klasika.kompas.id/maria-walanda-maramis-jalan-panjang-perjuangan-hak-perempuan/
Google Doodle - Maria Walanda Maramis Sang Pejuang Hak Perempuan
Google Doodle - Maria Walanda Maramis Sang Pejuang Hak Perempuan Google Doodle - Maria Walanda Maramis Sang Pejuang Hak Perempuan Reviewed by Bagus Surochman on 12/01/2018

Tidak ada komentar:

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.