Manfaat dan Pentingnya Melek Teknologi di Jaman Modern Saat Ini

Pilihan Editor :

Manfaat dan Pentingnya Melek Teknologi di Jaman Modern Saat Ini
Penulis Bagus Surochman
5
Modus malam
AAA



KURAZONE ~ Halo sahabat Kurazer di jaman modern ini kita sebagai manusia mau tak mau akan selalu dituntut untuk terus berkembang dan maju dalam mengikuti perkembangan jaman. Sangat miris sekali jika ada saudara kita yang masih saja gagap dengan yang namanya teknologi.


Teknologi yang umum dibahas di kehidupan masyarakat ini adalah teknologi komputer dan smartphone yang memiliki peran besar dalam kehidupan masyarakat di jaman sekarang. Mulai dari teknologi dalam rumah tangga, pendidikan, politik, bisnis, organisasi dan sebagainya. Pentingnya teknologi ini juga bertujuan untuk memberikan kenyamanan dalam menyelesaikan pekerjaan maupun aktivitas sehari - hari.
Perkembangan teknologi yang melaju sangat cepat terkadang tidak diimbangi oleh pengetahuan dan kemampuan manusia dalam beradaptasi dengan teknologi tersebut. Faktanya masih banyak masyarakat yang gaptek alias gagap teknologi dalam mengoperasikan perangkat teknologi, seperti komputer dan smartphone.
Padahal jika kita sudah melek teknologi, akan ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh. Berikut adalah Manfaat dan Pentingnya Melek Teknologi di Jaman Modern Saat Ini :

#1 - Mudah dalam mendapatkan pekerjaan

Di jaman modern ini, lowongan pekerjaan selalu memberikan persyaratan "dapat mengoperasikan komputer dengan baik". Dasar nya sih seperti mampu mengoperasikan MS. Word, Excell, Power point, Photoshop, Coreldraw, Internet dan program-program lainnya. Jika kamu sudah mahir dalam mengoperasikan program dasar tersebut, maka kamu bisa dengan mudahnya mendapatkan pekerjaan, meski latar belakang pendidikan kamu bukan jurusan komputer.

#2 - Pekerjaan menjadi lebih efisien

Gercep atau Gerakan Cepat menjadi langkah yang efisien dalam menyelesaikan pekerjaan. Contohnya ketika akan menyimpan dokumen pada MS. Word, maka cukup menekan tombol jalan pintasnya (shortcut), yaitu CTRL+S. Hal ini lebih efisien daripada kamu mengarahkan kursor mouse ke ikon disket. Terlebih lagi jika kamu bekerja sebagai desainer, maka shortcut-shortcut pada suatu program desain harus banyak diketahui agar pekerjaan dapat lebih cepat terselesaikan.

#3 - Tidak merepotkan orang lain

Jika sudah melek teknologi, tentunya kamu gak perlu kebingungan dalam mencari bantuan orang lain. Dengan memecahkan permasalahan sendiri yang kamu hadapi dapat meningkatkan kamu dalam bekerja secara mandiri.

#4 - Meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah

Bekerja secara mandiri terkadang tidak selamanya mulus, jika kita menghadapi masalah dalam pekerjaan tapi tidak ada orang yang dapat membantu pekerjaan kita, maka kita bisa mencari solusi dan jawabannya dengan mencari informasi di internet, alias Tanya Google atau Forum - forum yang relevan dengan permasalahan yang dihadapi, sehingga masalah bisa cepat terselesaikan. Jika permasalahan tersebut terulang kembali, maka kamu sudah tahu jawabannya.

#5 - Punya usaha? Bisa buka toko online / bisnis online

Jika kamu memiliki produk yang bisa dijual dan ingin menambah penghasilan, maka membuat toko online atau bisnis online dapat kamu lakukan dengan mudah. Bisa dengan cara membuat di Blog atau nebeng di situs e-commerce yang sudah terkenal.

#6 - Mengerti kebutuhan teknologi yang kamu pakai

Teknologi yang digunakan saat bekerja lamban laun akan mengalami penurunan kualitas, untuk mendapatkan kinerja yang baik maka kita bisa membeli teknologi dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari sebelumnya. 

Jika kamu sudah melek teknologi, maka kamu bisa mengerti teknologi mana yang sebaiknya kamu pakai. Antara Laptop merk A atau merk B, serta memanajemen dengan baik jumlah dana yang dikeluarkan untuk membeli teknologi tersebut. Memilih dengan bijak yang sesuai dana dan spesifikasi yang diinginkan.

#7 - Mengerti cara merawat teknologi yang kamu pakai

Memiliki perangkat yang bisa tahan lama dan awet digunakan selama bertahun - tahun adalah hal yang diinginkan banyak orang. Sebagai orang yang melek teknologi, kamu bisa memanfaatkan pengetahuanmu dalam merawat perangkat yang kamu pakai. Sehingga kamu bisa mengetahui kapan perangkatmu dibersihkan, didinginkan, dipanaskan, disejukkan atau bahkan kapan dijual.

#8 - Mengerti mana perangkat yang bagus dan tidak

Ketika sudah paham bagaimana merawat teknologi, kamu akan tahu mana saja perangkat yang sekiranya masih bagus atau yang sudah rusak. Mana yang perlu diganti dan mana yang perlu diperbaiki.

#9 - Tidak gampang ketipu soal teknologi

Melek teknologi juga memberikanmu manfaat melindungi diri dari penipuan yang marak terjadi. Kamu akan tahu bedanya mana penjual yang jujur dan tidak, mengerti apa itu perangkat copy, supercopy, dan rekondisi, serta bagaimana cara membedakannya.

#10 - Menjadi orang pertama yang tahu perkembangan teknologi

Melek teknologi juga akan membuatmu sebagai orang yang selalu update dengan perkembangan teknologi.

#11 - Perangkat rusak? Servis sendiri!

Punya perangkat rusak atau tiba - tiba gak bisa menyala? Kamu gak perlu panik danterburu-buru membawanya ke tempat servis. Jika kamu sudah tahu seluk beluknya, maka kamu bisa memperbaikinya sendiri. Meskipun terkadang ada beberapa permasalahan yang mengharuskan kamu membawanya ke tempat servis, seperti keterbatasan alat. Namun dengan dibekalinya pengetahuan tentang servis tersebut, kamu bisa memangkas biaya servis.

#12 - Dapat membantu permasalahan orang lain dan terlihat keren

Pekerjaan teman sekantormu terkendala akibat komputer ngadat? Tenang, bantulah temanmu dengan keterampilan yang kamu miliki, sehingga kamu akan menjadi pahlawan bagi mereka.

#13 - Bisa belajar banyak hal

Memiliki keterampilan dalam bidang teknologi tidak selalu mengikuti kursus atau les privat yang mengeluarkan biaya tambahan. Karena jika kamu sudah melek teknologi kamu bisa memanfaatkan beberapa video tutorial dari Youtube dan mempelajari berbagai banyak hal dengan bermodalkan kuota.
Selain melihat video tutorial, kamu juga bisa mendapatkan informasi teknologi dengan cara membaca situs berita teknologi, salah satunya adalah situs ANDRO BUNTU.

MENGENAL SITUS ANDRO BUNTU SUPAYA TIDAK GAPTEK

Situs Andro Buntu merupakan situs berita teknologi masa kini yang menyediakan berbagai macam informasi terbaru terkait dunia teknologi.
Andro Buntu lebih fokus membahas perkembangan gadget, serta tips dan trik cara menggunakannya yang di update (hampir) setiap hari.

KELEBIHAN SITUS ANDRO BUNTU

Andro Buntu menyediakan banyak sekali Tips dan trik menarik di bidang teknologi. Mulai dari Android, Internet, Linux, PC, Mac OS, Windows dan Game. Disana kamu juga bisa menjadi penulis dengan cara mengirimkan artikelmu ke redaksi Andro Buntu.

Manfaat yang diperoleh jika kamu mengirimkan artikel ke Andro Buntu adalah :
  1. Artikel kamu akan tayang dan dilihat banyak orang, sehingga ilmu yang terdapat pada artikel buatanmu akan bermanfaat untuk orang lain.
  2. Sebagai Portofolio tulisan dan mendapatkan backlink gratis dari Andro Buntu
Jika kamu seorang pebisnis, maka kamu juga bisa beriklan di Andro Buntu supaya produkmu semakin luas dikenal banyak orang..
Menjadi pembaca setia di situs Andro Buntu tentunya sudah banyak mendapatkan informasi mengenai dunia teknologi dan game, sehingga apabila ada permasalahan yang kebetulan juga dibahas di Andro Buntu, maka permasalahan yang dihadapi tersebut bisa dengan mudah terselesaikan.

Baca juga salah satu artikel di Andro Buntu : Cara Mengatasi Garena Free Fire Error di Android


KEKURANGAN ANDRO BUNTU

Hal yang menjadi kekurangan dari situs Andro Buntu ini adalah tidak adanya kolom komentar pada artikel yang mereka publikasi, sehingga pengunjung tidak bisa menanyakan hal / topik yang berkaitan dengan artikel tersebut, contohnya bertanya bagaimana solusinya jika tips yang disampaikan belum menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

Jika diperbolehkan memberikan saran, maka kolom komentar pada artikel sebaiknya dipasang. Secara overall situs Andro Buntu sudah bagus dalam memberikan informasi teknologi masa kini. Menjadikan salah satu situs favorit karena update nya hampir setiap hari.
Nah, buat para sahabat Kurazer yang kini masih Gaptek atau Gagap teknologi, sering - seringlah membaca dan mempraktekkan ilmu teknologi, karena peran teknologi dan manfaatnya begitu besar dan penting dalam kehidupan jaman sekarang.
Itulah informasi mengenai "Manfaat dan Pentingnya Melek Teknologi di Jaman Modern Saat Ini", silakan berlangganan di situs Andro Buntu untuk mendapatkan infromasi terbaru terkait dunia teknologi. Goodluck!
Manfaat dan Pentingnya Melek Teknologi di Jaman Modern Saat Ini
Manfaat dan Pentingnya Melek Teknologi di Jaman Modern Saat Ini Manfaat dan Pentingnya Melek Teknologi di Jaman Modern Saat Ini Reviewed by Bagus Surochman on 12/04/2018

5 komentar:

  1. Bener gan, emang kudu melek teknologi kalo gak mau tergerus jaman ..

    paling tidak ketika nongkrong tidak plonga plongo karena kagak ngerti kalo sedang ngbrol seputar teknologi ..

    BalasHapus
  2. Artikel yang bermanfaat ,betul jaman sekarang tahun 2018 berkembang nya teknologi yang baru baru untuk memudahkan pekerjaan cocok untuk yang pemalas seperti saya😃,dan bagus juga untuk ingin membuka usaha yang offline bisa mempromosikan secara online untuk banyak perhatian untuk membeli usaha produk nya

    BalasHapus
  3. Dengan melek teknologi memang bener banget kita bisa menjadi lebih bisa dalam berbagai aspek kehidupan, terutama dalam problem solving di urusan pekerjaan atau urusan pribadi yang biasanya kurang efektif jika dilakukan tanpa teknologi, sebenernya ada banyak teknologi canggih didunia ini yang bisa kita manfaatkan, namun kita harus bisa memilah dan memilih kira-kira teknologi apa yang bisa mendatangkan manfaat atau malah sebaliknya malah mendatangkan madarat.

    Mulailah dengan teknologi yang bisa membantu pekerjaan dalam keseharian kita supaya bisa lebih efektif lagi dalam memanage waktu aktivitas kita menjadi lebih baik dan lebih berkualitas.

    BalasHapus
  4. Benar sekali mas, sekarang ini teknologi sangat penting sekali karena sekarang ini hampir di semua aspek menggunakan yang namanya teknologi

    BalasHapus
  5. Setujut banget min, karena dunia ini semakin maju bukan semakin mundur. Jadi, siap atau tidak siap tahun yang akan datang semua orang pasti akan memakai dengan dunia teknologi, jika kita tidak tau manfaat dan caranya bagaimana kita bisa menjadi sampah masyarakat h3h3

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.