Tips Memilih Data Center untuk Bisnis

Pilihan Editor :

Tips Memilih Data Center untuk Bisnis
Tags AAA

Tips Memilih Data Center untuk Bisnis _ NEX DataCenter Kurazone
KURAZONE ~ Pemilik web atau aplikasi untuk menjalankan sebuah bisnis umumnya membutuhkan pihak ketiga untuk mengatur penggunaan IT. Web atau aplikasi yang dijalankan biasanya membutuhkan sebuah penyimpan data. Apabila web atau aplikasi yang sedang dijalankan tergolong kecil, maka pihak ketiga yang diperlukan cukup server hosting shared.

Namun, jika sebuah web atau aplikasi sudah sering diakses oleh banyak orang, menyimpan data di server hosting shared tidak akan cukup. Pemilik web harus membuat server sendiri di salah satu data center supaya proses penyimpanan dan penyampaian data ke perangkat lain bisa berjalan lebih lancar. 


Kriteria Data Center yang Akan Mendukung Bisnis

Saat ini, penyedia layanan penyimpan data tersedia cukup banyak dan tersebar di Indonesia. Hal ini disebabkan karena bisnis yang dijalankan di era ini banyak yang menggunakan jaringan internet. Penggunaan server khusus untuk bisnis akhirnya diperlukan oleh banyak orang. Namun, jangan bingung jika masih awam mengenai hal ini. Berikut adalah tips yang dapat diterapkan untuk memilih data center untuk bisnis. 

Efisiensi Penyimpanan

Server yang digunakan harus dapat mendukung kinerja sebuah web bisnis. Produktivitas dari web menjadi aspek utama yang menjadi perhatian. Selain itu, penyedia jasa juga harus bisa mengendalikan proses penyimpanan data, bahkan dapat membantu menurunkan biaya yang diperlukan oleh perusahaan yang sedang mengembangkan web

Operasional Tanpa Gangguan

Menjalankan sebuah web yang diakses banyak orang harus bisa menyediakan layanan yang selalu ada dan minimal gangguan. Hal ini sangat penting dalam menjalankan web bisnis karena dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Operasional yang selalu tersedia dan zero downtime menjadi salah satu tips penting sebelum memilih sebuah data center. Jika ingin melihat record dari penyedia jasa, bisa melihat testimoni dari pihak yang telah bekerja sama. Contohnya adalah NEX Datacenter yang telah memberikan layanan baik kepada web dan aplikasi besar di Indonesia berdasarkan testimoni yang telah disampaikan. 

Keamanan

Keamanan merupakan aspek yang penting dalam proses penyimpanan data. Keamanan berfungsi menjaga ruangan yang digunakan sebagai server. Keamanan secara fisik bisa menjadi salah satu prioritas yang dijalankan. Pemasangan CCTV di sudut ruangan, verifikasi pengunjung yang masuk ke dalam bangunan, sekuriti yang berjaga, dan kebijakan ketat dapat menjaga keamanan data-data yang ada di server

Telah Terakreditasi oleh Badan Terpercaya

Akreditasi dapat berfungsi untuk menunjukkan bagaimana kinerja sebuah layanan. Tidak hanya itu, akreditasi juga menunjukkan sebuah layanan telah terstandardisasi dan diakui. Akreditasi tidak bisa dilakukan oleh sembarang pihak. Khusus badan terpercaya saja yang dapat melakukan akreditasi dan memberikan nilai kepada suatu layanan. NEX Datacenter merupakan data center yang telah terakreditasi Tier 3 by Uptime Institute dan ISO 9001:2015. 

Pengawasan Operasional oleh Pemilik Web

Teknologi yang semakin canggih membuat pengawasan server bisa dilakukan dengan mudah. Pengawasan ini bertujuan melihat bagaimana kondisi server. Pengawasan tidak hanya bisa dilakukan oleh penyedia jasa, melainkan juga oleh pemilik web. Server web bisa diamati dari jauh melalui aplikasi di ponsel sehingga pemilik web tidak perlu berulang kali berkunjung ke tempat penyimpanan data. Beberapa kondisi yang bisa diawasi adalah suhu ruangan, kelembapan ruangan, baterai, konsumsi energi, dan sistem open ticketing



Memilih data center merupakan langkah yang penting dalam mengembangkan web atau aplikasi bisnis. NEX Datacenter merupakan salah satu penyedia jasa penyimpanan data yang memenuhi kriteria di atas. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi nexdatacenter.com.


Baca juga informasi lainnya mengenai 10 Upaya Dan Cara Mengatasi Pengangguran Teknologi

4 komentar :

  1. Data center ini maksutnya hosting ya? Tapi sangat jauh lebih gede kapasitasnya ya? Kira-kira sewanya berapa ya :v?

    BalasHapus
    Balasan
    1. data center adalah pusat penyimpanan dan pengolahan data-data. Mengenai harga bisa berkunjung ke situsnya

      Hapus
  2. Wah rekomendasi banget nih data center. Tapi masih bingung cara gunainnya karena baru tahu sekaliini. Mohon tutorialnya ya mas

    BalasHapus
  3. Penting banget nih informasinya, apalagi buat saya yang awam dengan data center .. Thanks Infonya....

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.