Cara Blogger DCB dalam Membangun Personal Branding di Jaman Modern

Pilihan Editor :

Cara Blogger DCB dalam Membangun Personal Branding di Jaman Modern
Tags AAA

KURAZONE ~ Halo sahabat Kurazer, pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas tentang Cara Blogger DCB dalam Membangun Personal Branding di Jaman Modern. Blogger DCB merupakan sebutan untuk member yang tergabung pada sebuah Grup WhatsApp bernama Diskusi Cerdas Blogger.

Didalam grup tersebut banyak sekali beragam macam jenis maupun type manusia yang memiliki blog dari berbagai pelosok nusantara dengan niche yang bervariasi. Seperti niche Blogger, Tekno, Lifestyle, Review, Pembelajaran Sekolah, Anime, Tokusatsu, Bisnis, Games, Kesehatan, Politik, Kuliner, Gadget, Jual Beli, Jasa, Pertanian dan lain sebagainya yang tidak bisa saya sebutkan satu-satu.

APA ITU PERSONAL BRANDING?


Menurut situs Wikipedia : Personal branding is the practice of people marketing themselves and their careers as brands

Bila diartikan kedalam bahasa Indonesia akan memiliki makna sebagai berikut :
Personal branding merupakan praktik untuk orang yang memasarkan diri dan karier mereka sebagai merk.

Definisi tersebut menegaskan bahwa diri kita adalah MERK. Manusia memiliki ciri khas masing-masing dalam memasarkan merk pribadinya. Merk disini sudah mencakup keahlian, kepribadian dan keunikan apa yang terlihat dari diri kita dimata orang lain. 

Jika kita sudah memiliki Personal Branding, maka orang lain tidak perlu bertanya-tanya mengenai keahlian kita dan tidak perlu meragukan kelebihan kita. Itulah Personal Branding yang kuat. 

Namun dalam membangun Personal Branding diperlukan usaha yang gigih dan tekun dalam menggapainya, karena salah satu tujuannya adalah memberikan keyakinan kepada orang lain bahwa kita memiliki keahlian dalam bidang yang bersangkutan dan berkompeten dalam menjalankan bidangnya. Dari sinilah membangun kepercayaan-pun dimulai.

Dikarenakan saya pribadi juga merupakan member dari Grup DCB, maka melalui tulisan ini akan saya bagikan mengenai Cara Blogger DCB dalam Membangun Personal Branding di Jaman Modern versi saya pribadi. Ingat lho ya.. ini versi saya pribadi... 

BAGAIMANA MEMBANGUN PERSONAL BRANDING?

#1 - Menceritakan Siapa Anda

Langkah awal untuk menciptakan Personal Branding adalah dengan cara menceritakan siapa anda? Merk apa yang anda miliki, apa keunggulan merk anda dan apa manfaat kehadiran merk tersebut?

Setiap merk pasti punya ceritanya masing-masing. Untuk itulah berceritalah kepada orang lain seperti apa diri anda. Mulai dari apa passion anda hingga tujuan anda membangun merk tersebut.

Sayangnya didalam Grup DCB ini masih banyak sekali yang enggan menceritakan siapa diri mereka, mereka lebih memilih diam alias silent reader yang hanya menyimak tanpa jejak. Sehingga Personal Branding mereka tidak tercipta. Gimana kita bisa mengenal orang tersebut, sedangkan dia nya aja diem. Maka dari itu untuk membangun Personal Branding adalah dimulai dari memperkenalkan diri anda. Tanpa adanya perkenalan diri, maka orang lain tidak akan tahu siapa anda, darimana anda berasal, apa kelebihan anda dan apa ketertarikan anda.
Halo, nama saya Bagus Surochman, saya tinggal di daerah Blitar - Jawa Timur. Saya memiliki passion dibidang Tokusatsu seperti Kamen Rider, Ultraman dan Super Sentai, semua hal berkaitan dengan dunia Tokusatsu juga saya terbitkan kedalam blog  yang bisa dikunjungi melalui alamat https://toku.kurazone.net. Yuks mampir!! (ini hanyalah contoh memperkenalkan diri)
Sesungguhnya Memperkenalkan Diri adalah Ritual sakral yang Eksaitit supaya orang lain dapat mengetahui siapa diri kita!! 

#2 - Menciptakan Profil di Dunia Maya

Manfaatkanlah sosial media dan platform gratisan yang ada di internet untuk menciptakan profil anda. Menceritakan kepada orang lain bisa berupa tulisan maupun video. Jika anda suka menulis maka bisa dituangkan melalui blog (blogger/wordpress), jika anda suka membuat video maka bisa dituangkan melalui youtube. Menciptakan profil di dunia maya menandakan bahwa diri anda ingin dikenal oleh banyak orang.

Sampaikan hal - hal menarik yang sesuai dengan passion yang anda miliki, baik dalam bentuk tulisan maupun video. Bagikan informasi tersebut kepada orang lain yang relevan dengan passion anda. Langkah ini juga bisa anda manfaatkan untuk menunjukkan apa keahlian anda, apa yang anda suka dan apa kelebihan anda. Dalam hal ini lebih tepat nya seperti menciptakan Portfolio secara online, siapa kamu dan apa keahlian kamu.


#3 -  Membangun Koneksi

Mengandalkan sosial media maupun platform blogger dan youtube memang bisa menjadi pusat perhatian bagi orang lain untuk lebih mengenal anda. Namun terasa kurang maksimal apabila mengandalkan itu-itu saja. Membangun koneksi yang baik adalah dengan cara terhubung dengan orang-orang yang memiliki passion yang sama dengan kita, sehingga dalam mempromosikan merk pun akan terasa mudah. 

Salah satu contoh yang mudah diterapkan adalah dengan bergabung kedalam grup yang sesuai dengan passion kita. Contoh : saya suka tokusatsu, maka saya bergabung dengan grup tokusatsu dan mulai memberikan informasi (Sharing) kepada member lain bahwa saya memiliki blog tokusatsu yang berisikan informasi tokusatsu terbaru.


Seiring dengan berjalannya waktu, maka orang lain akan menilai keberadaan kita. Jika keberadaan kita memberikan banyak manfaat maka tanpa kita suruh pun orang lain akan menyebut nama kita. Contoh : "kalo mau tanya-tanya tentang informasi tokusatsu terbaru, coba deh tanya ke mas @Bagus Surochman"

Ada gambaran kan mengenai hal ini? Rasanya gimana gitu pas nama kita di tag... pasti ada sensasi tersendiri kan.. :v  Itu tandanya Personal Branding kita telah terkoneksi. Orang yang menge-tag nama kita sudah mengetahui apa passion dan bidang kita.


Nah, cukup 3 itu saja sih cara membangun Personal Branding versi saya pribadi..

Kesimpulan

Simple-nya sih, Personal Branding itu adalah ciri khas yang kita miliki. Tanggapan apa yang diutarakan oleh orang lain ketika kita tidak berada pada lingkup mereka. Serta apa yang mereka bicarakan mengenai kita tergantung seberapa besar kita memberikan manfaat kepada mereka. Personal Branding yang baik akan memberikan dampak positif kepada kita. Namun Personal Branding yang buruk akan memberikan gunjingan yang negatif terhadap kita.
Jika orang lain sudah mengenali passion dan manfaat kehadiran kita dalam sebuah komunitas, maka akan terasa sangat mudah dalam mendapatkan audience.

So... Sudahkah Anda membangun Personal Branding?

Itulah informasi mengenai "Blogger DCB Membangun Personal Branding di Jaman Modern", dengan adanya ulasan ini semoga menjadikan motivasi bagi member DCB untuk lebih berkonsentrasi dalam membangun Personal Brandingnya masing-masing. Sekian terimakasih. Goodluck!

Diskusi Cerdas Blogger Indonesia - DCB

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

7 komentar :

  1. penjelasanya mudah di mengerti.bagus sekali ulasan nya.
    ternyata susah juga ya membangun personal branding, karena saya termasuk silent rider. hehehe

    BalasHapus
  2. Waaah... Saya termasuk yg termaktup dalam point 1. Sillent reader... Hihihi...

    BalasHapus
  3. Dulu saya sering tuh yang upload konten-konten menarik, tapi karna kurang dihargai jadi berhenti.

    BalasHapus
  4. Saya masih silent reader, belum terlalu aktif banget di grup DCB. Ada kendala juga dengan alat tempur hehehe....

    Membangun personal branding itu sangat penting mas untuk pemilik blog, jadi ketika mas tau nama Geraldi, mas pastinya sudah tahu saya siapa, kurang lebih begitu. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas., kurang lebih seperti itu., :D

      Hapus
  5. siap mas bagus, besok saya mau kenalan . thx :3

    BalasHapus
  6. Saya nggak kepingin memperkenalkan diri, Mas. Itu nama dan website saya sudah ada di profil WA, tinggal digoogling sendiri.. :))

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.