Greek Yogurt Tinggi Protein sebagai Snack Sehat dan Bernutrisi

Pilihan Editor :

Greek Yogurt Tinggi Protein sebagai Snack Sehat dan Bernutrisi
KURAZONE ~ Halo sahabat Kurazer, istilah Yogurt merupakan hal yang tidak asing lagi bagi kita yang sudah menjadi kaum millenial. Yoghurt atau yogurt merupakan susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yogurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. Namun di jaman milleial ini, produksi yogurt sering didominasi dengan susu sapi.

Dalam mendapatkan yogurt pun kita dipermudah dengan kehadiran produk - produk yang dipasarkan di supermarket maupun toko online. Salah satu produk yogurt yang paling digemari saat ini adalah Greek Yogurt yang tinggi protein dan rendah lemak. Lalu apa saja kandungan gizi yang terdapat pada produk Greek Yogurt tersebut? Serta varian rasa apa saja yang bisa didapatkan dari Greek Yogurt? Untuk itulah pada kesempatan ini saya akan mengulas tentang "Pilihan Tepat Greek Yogurt Tinggi Protein sebagai Snack Sehat dan Bernutrisi".

Pengertian Yogurt

Kata yoghurt berasal dari bahasa Turki yogurt diambil dari kata sifat ‘yogun’, yang berarti “padat” dan “tebal”, atau dari kata kerja yogurmak, yang berarti “memijat” dan kemungkinan berarti “membuat padat”.

Dalam hal ini Yogurt merupakan fermentasi gula susu (laktosa) yang menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yogurt. Untuk menambah kenikmatan dalam mengonsumsi yogurt maka hadirkan yogurt dalam aneka macam rasa. seperti rasa alami, rasa buah, rasa vanilla, ataupun rasa cokelat.

Kandungan Gizi pada Yogurt

Ukuran Porsi : 100 (g) gram per porsi
Kalori 58 kkal
Lemak 0,4 g
   Lemak Jenuh 0,1 g
   Lemak tak Jenuh Ganda 0 g
   Lemak tak Jenuh Tunggal 0,1 g
   Lemak trans 0 mg
Protein 10 g
Karbohidrat 3,6 g
   Serat Pangan 0 g
   Gula 3,2 g
Sodium 70 mg
Natrium 36 mg
Kolesterol 5 mg
Kalsium 110 mg
Kalium 141 mg
Vitamin A 4 IU
Vitamin C 0 mg
Vitamin D 0 IU mg
Vitamin B6 0,1 mg
Vitamin B12 0,8 µg
Magnesium 11 mg
Zat nesi 0,1 mg

Dari tabel diatas, kita bisa melihat bahwa kandungan gizi dalam yogurt tergolong lengkap. Ada energi, protein, karbohidrat, vitamin dan juga lemak. Semua kandungan gizi yang ada di susu ada pula di yogurt. Keistimewaan lain dari yogurt adalah mengandung protein yang mudah diserap dan mudah digunakan. Mengandung asam amino essensial yang baik dan penting untuk sel tubuh, prolin dan glisin. Yogurt juga mengandung laktosa, namun jumlahnya akan berkurang selama proses fermentasi dan proses pencernaan manusia. Sehingga nyaman buat orang intoleran laktosa yang banyak penderitanya di Indonesia. Yogurt juga terdapat vitamin dan mineral, kalsium, dan folat. Sehingga akan diperoleh banyak manfaat ketika mengonsumsi yogurt.

Manfaat Mengonsumsi Yogurt

Manfat Mengonsumsi Yogurt yang paling terkenal adalah dapat membantu melancarkan pencernaan, itu dikarenakan yogurt merupakan sumber makanan tinggi probiotik. Namun selain sebagai pelancar pencernaan, adapula manfaat lain yang masih belum diketahui oleh banyak orang. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Dapat Menunda Lapar

Manfaat yang pertama adalah menunda lapar. Disadari atau tidak, orang yang mengonsumsi yogurt lebih tahan lama kenyang dan tidak mudah lapar sekaligus menjadi langkah yang baik dalam menjaga berat badan. 

Dengan mengonsumsi yoghurt pula dapat menunda lapar lebih lama dibandingkan camilan lain. Karena itu, yoghurt juga bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang baik bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Yogurt merupakan makanan sehat dan tidak gampang membuat orang gemuk. Kombinasi dari kandungan protein, kalsium dan probiotiknya dapat memicu produksi hormon antilapar, seperti peptide YY dan GLP-1. Itu sebabnya Anda akan merasa cepat kenyang setelah makan yogurt, sehingga tidak mudah tergoda untuk makan lagi sampai waktu makan berikutnya tiba. 

3. Dapat Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh yang kenyang pastinya akan berdampak pula pada kesehatan Anda. Salah satu nya adalah sistem kekebalan tubuh. Kandungan dari yogurt mampu memelihara kesehatan dengan cara memperkuat sistem kekebalan tubuh. Mineral dan gizi yang terdapat di dalam yogurt membantu meningkatkan produksi sel T, salah satu sel darah putih di dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk melawan penyakit. Selain itu adapula efek yang bisa didapat dari kandungan magnesium, selenium dan zinc di dalam yoghurt yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Sehingga dapat dikatakan bahwa yogurt mampu membuat tubuh lebih kebal terhadap infeksi dan mempercepat penyembuhan ketika sakit, khususnya jika terkena infeksi virus flu. Cukup dengan makan yogurt setidaknya 400 gram setiap hari untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu melawan infeksi dan bakteri.

4. Dapat Menjadi Sumber Mineral dan Vitamin

Yogurt juga diperkaya dengan asupan magnesium, kalium, vitamin B kompleks, fosfor, zat besi, selenium, dan zinc. Kandungan vitamin B12 pada yoghurt juga bermanfaat untuk membantu sistem saraf Anda supaya berfungsi dengan baik dan melindungi dari penyakit jantung.

5. Dapat Mencegah Osteoporosis

Manfaat yogurt yang selanjutnya adalah dapat mencegah osteoporosis. Sebagaimana yang telah kita ketahui, yoghurt memiliki kandungan kalsium dan vitamin D yang dapat membantu tubuh untuk menyerap kalsium dengan lebih baik. Nutrisi tersebut merupakan mikronutrien yang dapat berperan aktif dan penting dalam pertumbuhan tulang. 

Penelitian juga menunjukkan bahwa lansia yang rutin mengonsumsi yogurt dapat memiliki kekuatan tulang yang lebih baik daripada mereka yang tidak mengonsumsi yogurt. Selain itu, asam laktat pada yogurt juga berfungsi untuk melindungi gusi Anda dari infeksi.

6. Dapat Melancarkan Pencernaan

Manfaat yang satu ini merupakan manfaat yang sudah diketahui banyak orang dan sudah tidak perlu diragukan lagi. Yogurt mengandung probiotik, bakteri baik yang membantu menyingkirkan bakteri jahat penyebab infeksi di usus sehingga pencernaan Anda pun lebih lancar. 

Mengonsumsi yogurt dapat membuat perubahan positif pada bakteri baik yang berada dalam usus. Hasilnya, masalah seperti diare, readang usus, konstipasi, dan intoleransi terhadap laktosa bisa diatasi.
Melihat beberapa manfaat yogurt yang telah disebutkan diatas, maka memasukkan yogurt dalam daftar menu harian adalah hal yang layak untuk dipertimbangkan.

Efek Samping Mengonsumsi Yogurt

Yoghurt bisa dikonsumsi siapa saja karena dinilai aman, terutama bagi orang dewasa yang memiliki kondisi kesehatan yang baik. Namun, bagi orang yang memiliki masalah kesehatan tertentu, seperti intoleransi laktosa dan alergi susu, sebaiknya tidak mengonsumsi yoghurt.

Mengingat ada begitu banyak kebaikan yang bisa didapatkan dari rutin mengonsumsi yoghurt, maka kita juga perlu ingat bahwa mengonsumsi makanan secara berlebihan tentunya akan memberikan efek samping pada tubuh. Jika kita mengonsumsi yogurt secara berlebihan hingga menyalahi aturan konsumsinya, maka akan dapat berdampak buruk bagi tubuh. 

Ini dikarenakan yogurt memiliki kandungan sejumlah kalori yang tidak sedikit. Itulah mengapa ketika berniat menjaga tubuh tetap sehat dan terlalu banyak makan yogurt ternyata asupan gula dan kalori yang diperoleh dalam sehari bisa melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Akibatnya jika kelebihan gula akan berdampak pada diabetes, kelebihan berat badan, hingga penyakit jantung.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi yogurt?

Waktu yang Tepat Mengonsumsi Yogurt

1. Saat Sarapan

Menjadikan yogurt sebagai menu di pagi hari adalah hal yang tepat apabila Anda sedang menjalankan program diet. Kandungan gizi pada yogurt sudah cukup untuk rasa kenyang dan memberikan energi di pagi hari.

2. Saat Camilan

Menjadikan yogurt sebagai makan camilan merupakan pilihan yang tepat ketika tubuh terasa lapar dan malas makan nasi. Selain itu, camilan berupa yogurt dapat memberikan kesenangan dalam hati. Sehingga ketika perasaan senang, maka tubuhpun juga akan menjadi sehat.

3. Sesaat Setelah Makan

Yogurt dapat menurunkan kolesterol dalam darah, sehingga yogurt menjadi menu yang pas sebagai penutup makanan. Hal ini jauh lebih baik daripada kita mengonsumsi makanan penutup yang terlalu banyak kandungan gula.

4. Saat Bepergian Jauh

Yogurt memiliki keunggulan yang dapat membuat tubuh lebih tahan lama kenyang dan tidak mudah lapar, sehingga dalam perjalanan jauh dapat membuat Anda terhindar dari sakit perut, kram, maupun mual.

Rekomendasi Produk Yogurt Terbaik

Keunggulan Produk Greek Yogurt

Heavenly Blush Greek Yogurt merupakan yogurt tinggi protein dengan tekstur yang kental, kaya nutrisi, dan mengenyangkan. Demi mendapatkan hal tersebut, Heavenly Blush Greek Yogurt disaring berkali-kali. Selain itu, produk ini juga dibuat tanpa pemanis dan perasa buatan, serta bahan pengawet.

Heavenly Blush Greek Yogurt terdiri atas dua jenis:
  1. Heavenly Blush Greek Yogurt Cup. Disajikan dengan potongan buah yang kadar manisnya bisa ditentukan sesuai selera. Seperti strawberry, peach, granola, madu, pir, apel.
  2. Heavenly Blush Greek Classic, merupakan jenis yogurt ready to drink. Kemasannya yang berbentuk prisma merupakan yang pertama di Asia Tenggara. Membuat Heavenly Blush lebih mudah dibawa ke mana-mana.

Varian Rasa Greek Yogurt

Greek Yogurt menghasilkan banyak sekali varian rasa yang bisa dinikmati oleh anak-anak hingga orang dewasa. Berikut adalah Varian Rasa Greek Yogurt beserta manfaat Greek Yogurt.

1. GREEK CLASSIC (200 ML)


Greek's Secret To Staying Full Longer
Temukan rahasia Yunani yang tersimpan di dalam Greek Classic!
Rasakan nikmatnya minum greek yogurt dengan tekstur lembut & kental.
Protein tinggi dalam Greek Classic juga bisa menjaga perutmu terasa kenyang lebih lama.




2. GREEK YOGURT (200 ML)



Varian Rasa Greek Yogurt terdiri dari rasa Peach, Apple, Strawberry, Pear, Honey dan Granola

SO THICK SO FULFILLING
Kaya akan protein dalam satu cup Heavenly Blush Greek Yogurt
dapat membantu mengganjal perutmu.
Dilengkapi dengan varian toping yang segar juga sendok dalam kemasan.
kamu bisa campur sendiri toping stroberi, peach, pear, apel, dan madu
dengan greek yogurt yang creamy dan nikmat.




3. YOGURT DRINK (200 ML)


Ikuti gaya hidup sehat anak muda Jepang
yang memilih makanan dengan kadar gula lebih rendah.
Heavenly Blush Yoguruto diproduksi dengan teknologi kultur Jepang terbaru
untuk menghasilkan yogurt dengan rasa manis tanpa menambahkan gula yang banyak.


Temukan berbagai varian rasa Yogurt Drink
Seperti rasa Peach, Strawberry, Blackcurrant dan Wholesome Original






4. YO! YOGURT (200 ML)


MEMBANTU MEMENUHI KEBUTUHAN SERAT SAYUR DAN BUAH PADA ANAK
Dibuat dari yogurt berkualitas yang ditambahkan serat buah dan sayur
dengan rasa yang enak dan bervariasi.
Banana Berries Broccoli, Mango Carrot, Raspberry Pumpkin, & Lychee Spinach
dapat memenuhi 30% kebutuhan serat harian anak.
Aman untuk dikonsumsi setiap hari karena dibuat tanpa bahan pengawet, perasa buatan, dan pewarna buatan.

Varian Rasa Yo! Yogurt yang bisa dinikmati
Banana Berries Broccoli, Mango Carrot, Raspberry Pumpkin, & Lychee Spinach






5. TUMMY YOGURT (Yogurt Bar 25 G)


Hi- Fiber yummy snack for a happy tummy
Snack yang praktis dan tinggi serat dari buah, oat dan multigrains
sangat cocok untuk menjadi teman perjalananmu saat lapar melanda.
Tersedia dalam dua varian rasa : lime dan berries





6. TUMMY YOGURT (180 ML)


HI-FIBER DRINK FOR A HEALTHIER LIFE
Minuman yogurt dengan campuran buah dan sayuran segar
beserta kandungan hi-fiber tercakup dalam satu botol Tummy Yogurt Drink.
Cocok untuk kamu yang ingin tampil ideal dan sedang diet
karena dapat melancarkan BAB dan menjaga pencernaan yang sehat.
Tersedia dalam tiga varian rasa: rasberry broccoli, mango carrot, & blueberry redbeet.






"Greek yogurt tinggi protein, kenyangnya bernutrisi"
Dari beberapa varian rasa pada Greek yogurt tinggi protein yang telah dibahas diatas membuat Greek yogurt di Indonesia semakin digemari. Manfaat Protein yang terkandung dalam Greek yogurt sangat membantu aktivitas bekerja dan berlibur. Tubuh menjadi selalu sehat dan tidak gampang sakit.

Saatnya lebih smart memilih snack yang sehat dan bernutrisi bagi tubuh

Jika berbicara mengenai kesehatan tubuh maka jangan sembarangan dalam mengkonsumsi makanan, khususnya camilan berupa snack. Saat ini camilan berupa snack sangat digemari bagi kalanan anak - anak hingga orang dewasa. Namun masih banyak yang tidak memperhatikan kandungan gizi pada camilan tersebut. Dari ulasan yang sudah diuraikan diatas, maka kita bisa menyimpulkan bahwa camilan yang sehat dan bernutrisi bisa kita peroleh dari produk Greed Yogurt sudah saat ini sudah bisa didapatkan dengan mudah di supermarket terkedat ataupun di toko online yang berada di wilayah Indonesia.

Cara mengonsumsi Greek yogurt ini bisa dikombinasikan dengan memakan buah Pisang, Mangga, Berry, maupun dikombinasikan dengan sayuran seperti brokoli dan wortel. Untuk lebih mendapatkan rasa yang nikmat saat mengonsumsi Greek yogurt, bisa membekukan Greek yogurt terlebih dahulu di lemari es, cara ini biasa disebut dengan Frozen yogurt. Santap selagi dingin dan Anda akan mendapatkan sensai menikmati dinginnya yogurt. Rasanya pun tidak kalah beragam dengan es krim-es krim yang dijual di pasaran. Rasa dari Greek yogurt ini benar-benar nikmat dan bikin nagih. Tapi manfaatnya tetap lebih baik dan menyempurnakan gizi sehari-harimu.

Itulah informasi mengenai "Pilihan Tepat Greek Yogurt Tinggi Protein sebagai Snack Sehat dan Bernutrisi", semoga dengan adanya informasi ini sahabat Kurazer menjadi tahu akan pentingnya mengonsumsi yogurt. Meskipun mengonsumsi Greek Yogurt dapat memberikan banyak manfaat terhadap tubuh kita, namun jangan lupa untuk mengonsumsinya secara teratur serta diimbangi dengan berolahraga yang cukup dan pola makan yang sehat.
BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

7 komentar :

  1. Ngemil yang sehat ya yang kayak begini nih...
    Banyak variannya dan sehat lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas., Greek Yogurt memang Tinggi Protein dan banyak varian rasa...

      Hapus
  2. Saya adalah salah seorang penggemar Greek Yoghurt 😁
    Saya sangat suka dengan rasanya yang unik. Tapi saya juga tidak menyangka kalau yoghurt ini juga bisa bermanfaat sebagai penurun berat badan 😱

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas., greek yogurt yang tinggi protein ini juga bisa sebagai penurun berat badan., selain bernutrizi greek yogurt juga memiliki rasa yang nikmat.,

      Hapus
  3. Pas kecil demen banget nih sama yogurt gini, puasa2 buka kayak gini mantap kali ya hehe nice info gan proteinnya tinggi banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali mas., greek yogurt tinggi protein juga bisa sebagai konsumsi pas sahur .,sehingga lebih tahan lapar saat berpuasa..

      Hapus
  4. yogurt ini baik untuk memperlanccar bab juga btw hehe

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.