Berbagi Pengalaman dan Alasan Saya Membangun Blog Bersama Domainesia

Pilihan Editor :

Berbagi Pengalaman dan Alasan Saya Membangun Blog Bersama Domainesia
Tags AAA

KURAZONE ~ Halo sahabat Kurazer, di jaman millenial ini rasa-rasa nya sudah tidak asing lagi jika kita menjumpai seseorang yang memiliki blog, entah itu blog pribadi, toko online maupun blog tutorial. Bahkan kegiatan dan minat untuk beraktifitas di dunia blog ini sudah mulai digemari oleh para pemuda Indonesia.

Melihat aktifitas ngeblog dari para pemuda tersebut, saya pun jadi bersemangat untuk membagikan pengalaman saya dalam membangun blog. Saya berharap pengalaman ini nantinya dapat memberikan motivasi kepada penerus bangsa yang menggeluti dunia perbloggeran, sehingga bisa menciptakan blog yang baik, unik, digemari banyak pengunjung dan mudah diakses.

Dalam pengalaman yang saya bagikan ini tentunya tidak terlepas dari jasa penyedia domain dan hosting yang telah mendukung berkembangnya sebuah blog.

1. Tentukan nama yang unik

Dalam contoh kali ini, saya menggunakan nama KURAZONE sebagai ikon nama blog saya. Alasan saya menggunakan nama tersebut adalah karena memiliki nama yang unik dan mudah diingat. Nama blog yang unik dan mudah diingat adalah hal yang sangat penting untuk membentuk karakter maupun personal branding. Jadi, dimulai dari nama inilah blog ini terbentuk.

Jika sahabat Kurazer ingin membuat nama yang unik dan mudah diingatkan maka pastikan pengejaan namanya mudah diucapkan, serta susunan kata yang mudah ditulis pula.


2. Tentukan tema yang akan dibahas pada blog

Kurazone membawa tema tentang dunia perbloggeran, seperti tutorial blogger, tutorial HTML, tutorial CSS, Tutorial Adsense dan sebagainya yang masih berhubungan dengan dunia Blogger. Kini, Kurazone telah melebarkan sayapnya untuk membahas artikel review, informasi kompetisi blog dan artikel untuk diikutkan perlombaan blog.

Ketika awal blog ini terbentuk, banyak yang beranggapan bahwa nama Kurazone ini tidak nyambung dengan tema yang dibawakan. Hal tersebut merupakan hantaman keras yang pernah saya rasakan. Namun saya tidak peduli, bagaimanapun juga saya tetap menggunakan nama Kurazone sebagai ikon nama blog saya.

Seiring berkembangnya blog, Kurazone mulai dikenal oleh para pengunjungnya, terutama bagi mereka yang mencari informasi tentang dunia perbloggeran. Sehingga hal ini dapat memberikan ikonik tersendiri kepada nama Kurazone meskipun tema tidak sesuai dengan nama. Ketika sudah memiliki ciri khas maka tanpa disadari orang akan memiliki mindset "Nyari tutorial blogger, ya di Kurazone aja"

3. Gunakan template yang unik


Template yang digunakan oleh Kurazone merupakan hasil rancangan sendiri dari penggabungan beberapa komponen template yang didapat dari Google. Sehingga menciptakan template yang unik dan berbeda dari blog lain.

Untuk menggunakan template alangkah baiknya jika menggunakan tampilan yang sedap dipandang, cepat dan ringan saat dimuat.

4. Rajin update postingan

Membangun blog agar sukses dan berkembang tentunya harus diimbangi dengan aktifitas menulis atau update secara berkala. Karena postingan dari sebuah blog merupakan amunisi penting dalam meraih kesuksesan blog. Jadi, sering-seringlah mengupdate postingan pada blog.

5. Upgrade ke TLD (Top Level Domain)

Siapapun orangnya, ketika berniat membangun blog pastinya akan membuat blognya semakin maju. Hal tersebut dimulai dengan membelikan TLD pada URL blog yang dimiliki. TLD merupakan Top Level Domain atau bisa diartikan sebagai Domain tingkat atas. Contoh dari TLD ini diantaranya adalah seperti :
  1. .com
  2. .net
  3. .id
  4. .co.id
  5. .edu
  6. .tv
  7. .online
  8. .org
  9. dan sebagainya
Ketika sebuah url masih beralamatkan namamu.blogspot.com atau namamu.wordpress.com, maka ketika sudah dijadikan TLD akan menjadi namamu.com atau namamu.net (sesuai TLD yang diinginkan)

Untuk mendapatkan TLD tersebut tentunya kita bisa menggunakan jasa penyedia domain dan hosting yang ada di Indonesia. Namun sayangnya masih banyak dari sahabat kita yang masih belum tahu Jasa Penyedia Domain dan Hosting yang ada di Indonesia. Nah, di kesempatan kali ini akan saya bahas juga mengenai Jasa Penyedia Domain dan Hosting yang Berkualitas. Hal ini sekaligus menjadi alasan kenapa saya bisa membangun blog dengan baik hingga sekarang, karena jasa penyedia domain juga berperan sangat penting dalam memajukan perkembangan blog.

6. Menggunakan Jasa Penyedia Domain dan Hosting

Ada banyak sekali Jasa Penyedia Domain dan Hosting yang ada di Indonesia, dalam hal ini saya merekomendasikan kepada sahabat Kurazer untuk menggunakan Domainesia. Kenapa harus Domainesia? Berikut adalah alasannya :

a. Menyediakan domain dengan harga yang murah dan terjangkau

Domainesia menyediakan harga yang murah dan terjangkau kepada konsumennya, ditambahlagi adanya promo yang diberikan untuk pembelian domain khusus seperti .com atau .net


b. Menyediakan paket hosting dengan harga murah dan terjangkau

Paket hosting yang ditawarkan oleh Domainesia memiliki beragam harga yang bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan, contohnya seperti list paket hosting pada gambar dibawah ini :


List paket Hosting diatas merupakan sebagian dari paket hosting yang ditawarkan. Mengenai rincian lebih detailnya bisa dikunjungi pada alamat https://www.domainesia.com/hosting/ . Di halaman tersebut juga dapat melihat jenis paket lain yang sesuai kebutuhan.

c. Dilengkapi dengan fitur dan teknologi canggih



d. Sudah terbukti melayani banyak konsumen

Dari beberapa alasan diataslah kita tidak perlu meragukan lagi kualitas Domainesia

7. Rawatlah Blog dan Domain seperti anak sendiri

Ketika sudah menentukan nama blog, tema blog, penyedia domain hosting, dan rutin update artikel. Maka hal yang perlu diperhatikan adalah merawat blog dan domain yang sudah dimiliki. Karena mempertahankan eksistensi blog didalam dunia maya merupakan pekerjaan yang cukup berat.

8. Sebarkan artikel dan perluas jaringan

Bagikan tulisanmu ke sosial media ataupun forum terkenal supaya artikelmu dibaca oleh orang banyak. Serta jangan lupa untuk membangun koneksi / kerjasama dengan blogger lain untuk meningkatkan citra dan branding.
Alasan {khusus} saya membangun blog :
Supaya ilmu dan pengalaman yang saya bagikan di dunia maya bisa bermanfaat untuk orang banyak.
Nah, itulah informasi mengenai pengalaman dan alasan saya membangun blog bersama Domainesia. Semoga dengan adanya ulasan kali ini dapat memberikan motivasi kepada penerus bangsa yang berniat membangun blog hingga sukses. Jangan lupa untuk menggunakan Domainesia sebagai jasa penyedia domain dan hosting berkualitas di Indonesia. Dapatkan juga informasi mengenai Cara Daftar Gmail dengan mudah dari Domainesia. So, semoga bermanfaat dan goodluck untuk semua.

2 komentar :

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.