5 Code Editors Terbaik Beserta Keunggulannya untuk Web Developers (2019)

Pilihan Editor :

5 Code Editors Terbaik Beserta Keunggulannya untuk Web Developers (2019)

KURAZONE ~ Halo sahabat Kurazer, dalam megelola sebuah website tentunya tidak akan pernah lepas dengan aplikasi code editor. Dalam kesempatan kali ini saya bagikan informasi mengenai 5 Code Editors Terbaik untuk Web Developers (2019) yang bisa digunakan untuk mempermudah pekerjaan dalam dunia coding. Berikut adalah ulasannya :

#1 - Atom | Github / Microsoft


Atom adalah text editor yang bersifat free source dan open source bagi macOS, Linux, dan Microsoft Windows. Atom dilengkapi dengan plug-in yang ditulis dalam Node.js yang dikembangkan oleh GitHub . Atom merupakan aplikasi desktop yang dibuat memakai teknologi web.
  1. Keunggulan text editor satu ini yang pertama adalah Atom merupakan salah satu aplikasi open source alias gratis. Dengan menggunakan Atom Anda tidak akan dituntut untuk membeli lisence product ini dengan tarif tertentu.
  2. Keunggulan dari Text Editor Atom yang kedua adalah, dengan menggunakan text editor Atom Anda sebagai programmer bisa langsung terkoneksi dengan project Anda yang ada di Github. Tentunya jika Anda menginginkannya, Anda sudah harus melakukan instalasi git svn.
  3. Yang ketiga, dengan menggunakan text editor Atom, Anda bisa dengan mudah melakukan instalasi packages yang Anda butuhkan demi mendukung performa dan kebutuhan Anda sebgai programmer dalam menulis code.
  4. Text editor Atom juga menyediakan banyak theme yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik text editor kesayangan agar Anda tidak bosan saat menulis dan melihat lautan teks coding.
  5. Ada juga fitur customize styling yang artinya Anda bebas merubah settingan Atom yang mau Anda pakai, karena pada dasarnya memang atom dibuat menggunakan electron dan javascript, jadi untuk style sama seperti Anda menulis file css.

#2 - Visual Studio Code | Microsoft


Visual Studio Code (VSCode) merupakan editor teks cross-platform yang tersedia bagi sistem operasi Windows, Linux, maupun OS X. Editor ini dikembangkan oleh Microsoft dan dengan cepat mengambil hati para developer yang menggunakan Sublime Text untuk pindah menggunakan VSCode.

Seperti editor pada umumnya VSCode memiliki fitur syntax coloring dan bracket matching. Sampai hari ini bahasa pemrograman yang mendukung fitur tadi adalah Batch, C++, Closure, Coffee Script, DockerFile, F#, Go, Jade, Java, HandleBars, Ini, Lua, Makefile, Markdown, Objective-C, Perl, PHP, PowerShell, Python, R, Razor, Ruby, SQL, Visual Basic, dan XML. VSCode juga memiliki sebuah fitur plugin bernama extentions. Extension bisa kita tambahkan langsung dari dalam VSCode itu sendiri. Extension yang tersedia di Marketplace juga bisa langsung dicari dari menu Extension.

VSCode juga memiliki fitur IntelliSense yang cukup canggih. Fitur ini akan sangat terasa apabila kita mengembangkan aplikasi web yang menggunakan HTML, CSS, JavaScript, JSON, Less, atau SASS. Fitur IntelliSense merupakan salah satu fitur yang membantu kita dalam menulis kode program melalui popup yang muncul secara otomatis pada saat kita sedang mengetik dan menampilkan saran sintaks yang bisa kita pilih.

#3 - Sublime Text | Jon Skinner / Will Bond


Sublime adalah text editor yang secara eksklusif didukung dengan aplikasi pemograman interface Python (API). API ini secara native mendukung banyak bahasa pemrograman dan bahasa markup. Jadinya fungsi-fungsi tambahan bisa didapatkan oleh pengguna dengan plugin. Biasanya plugin-plugin itu dibuat oleh komunitas dan dipelihara di bawah lisensi free software yang ada.
  1. Keunggulan pertama adalah adanya multiple selection. Fungsinya yaitu untuk menghasilkan perubahan pada sebuah kode dalam waktu yang sama dan dalam baris yang berbeda. Multiple selection ini juga adalah salah satu fitur unggulan dari Sublime Text Editor. Anda bisa saja meletakkan kursor pada kode yang akan di ubah / edit, lalu tekan Ctrl + click atau blok kode yang akan diubah kemudian Ctrl + D. Nah, setelahnya Anda bisa merubah kode secara bersamaan.
  2. Keunggulan kedua adalah adanya command pallete. Fitur itu mempunyai fungsi yang berguna untuk mengakses file shortcut dengan gampang. Untuk mencari file tersebut Anda bisa tekan Ctrl + Shift + P , kemudian cari perintah yang memang Anda inginkan.
  3. Keunggulan ketiga adalah adanya distraction free mode. Fitur satu ini punya fungsi untuk merubah tampilan layar menjadi penuh dengan menekan SHIFT + F11. Fitur ini sebenarnya memang sangat dibutuhkan ketika Anda ingin fokus pada bagian pekerjaan tertentu yang sedang dikerjakan saja.
  4. Keunggulan keempat adalah adanya find in project. Dalam fitur ini Anda bisa mencari dan membuka file di dalam sebuah project dengan cepat dan mudah. Anda tinggal tekan Ctrl + P dan Anda sudah bisa mencari file yang diingikan.
  5. Keunggulan terakhir, plugin yang berbasis Python Plugin API. Teks editor ini punya plugin yang sangat beragam dan ini bisa memudahkan Anda dalam mengembangkan software-nya.

#4 - Notepad++ | Don Ho


Notepad++ adalah text editor yang digunakan untuk Microsoft Windows. Text editor satu ini mendukung pengeditan tab, yang memungkinkan Anda untuk bekerja dengan banyak file terbuka dalam satu window. Nama proyeknya berasal dari operator peningkatan C. Notepad ++ yang didistribusikan sebagai free software. Sejak 2015 Notepad ++ telah di-host di GitHub. Notepad ++ menggunakan komponen editor Scintilla.
  1. Keunggulan pertama adalah Notepad++ bisa dibilang sangat ringan sebagai sebuah editing text dan coding text.
  2. Keunggulan keduanya yaitu link pada Notepad++ aktif dengan notasi http (bukan www ya). Jadi semacam http://xxx.com. Untuk menuju halaman website, Anda tinggal klik 2 kali url tersebut. Jadi, ini sangat bagus untuk Anda yang kapanpun ingin menyimpan bookmark pada file .txt dan sering mengunjungi halaman-halaman bookmark Anda.
  3. Keungglan ketiga, dalam pengaturannya juga mudah, misalnya ketika program Notepad++ dijalankan akan langsung terbuka file terakhir yang Anda buka. Dapat di atur juga default directory-nya sesuai dengan keinginan. Misalkan: D:\txt-notes, jadi setiap kali Anda menjalankan Notepad++, dan membuka file txt, Anda tidak perlu bingung mencari-cari lagi file-file txt Anda
  4. Keunggulan keempat, fitur word autocompletion pada Notepad++ sebenarnya bagus buat Anda yang suka menulis draft artikel yang bersifat SEO (Search Engine Optimation) friendly. Mengapa? Karena Anda bisa mengetahui apakah sebuah kata kunci yang berkaitan sudah masuk ke dalam draft artikel Anda atau belum lewat text editor satu ini
  5. Keunggulan terakhir adalah text editor ini punya multi tab sehingga dapat membuka file secara bersamaan.

#5 - Brackets | Adobe


Bracket adalah code editor yang secara khusus dikembangkan untuk tujuan web design dan front-end development. Project Brackets ini diusung oleh Adobe secara open source dan dikembangkan secara aktif oleh komunitas web developer dan benar-benar dibuat untuk kebutuhan web development, khususnya web design dan front-end development.
  1. Live HTML Development. Artinya adalah kalian bisa langsung melihat hasil perubahan dari kode yang kalian tulis bahkan tanpa harus melakukan save terlebih dahulu. 
  2. JS Debugging dengan Theseus. Brackets menggunakan Theseus untuk inspeksi dan debugging Javascript-nya. Hal ini akan mempermudah kalian dalam menginspeksi variable dan control flow bahkan secara asynchronous. 
  3. Linux: New & Improved. Saat ini juga telah dikembangkan Brackets untuk LINUX (Debian & Ubuntu). Kamu bisa cek di sini untuk info lengkapnya https://github.com/adobe/brackets/wiki/Linux-Version
  4. Effective Development. Merupakan kemampuannya untuk bisa melakukan "Quick Edit", sehingga kalian bahkan bisa melakukan perubahan style dan javascript tanpa harus pindah-pindah dokumen.

Nah, itulah informasi mengenai "5 Code Editors Terbaik Beserta Keunggulannya untuk Web Developers (2019)", apabila kalian ingin menggunakan salah satu code editors diatas silakan klik tautan download dibawah ini. Semoga bermanfaat. Goodluck!






File Unduh

  1. Atom | Github / Microsoft : https://atom.io
  2. Visual Studio Code | Microsoft : https://code.visualstudio.com/docs
  3. Sublime Text | Jon Skinner / Will Bond : http://www.sublimetext.com
  4. Notepad++ | Don Ho : https://notepad-plus-plus.org
  5. Brackets | Adobe : http://brackets.io
=================================

Sumber :
  1. https://www.dewaweb.com/blog/panduan-text-editor-atom-sublime-notepad/amp/
  2. https://www.codepolitan.com/brackets-open-source-code-editor-untuk-web-designers-dan-front-end-developers
  3. http://blog.brackets.io/
  4. https://github.com/adobe/brackets/wiki/Troubleshooting

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

2 komentar :

  1. Kalau coding html saya lebih suka sublimetext3, thanks infonya gan

    BalasHapus
  2. Sublime text 3 Menurut saya menjadi text editor terfavorit. Karena ukuran dari software ini juga relatif sangat kecil di bandingkan yang lain. Adanya command Pallate juga sangat memudahkan untuk mengakses file shortcut dengan mudah. Desainnya juga modern ^_^

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.