Pengertian Nasi Tumpeng, Ciri-Ciri, Manfaat dan Cara Pemesanan Nasi Tumpeng

Pilihan Editor :

Pengertian Nasi Tumpeng, Ciri-Ciri, Manfaat dan Cara Pemesanan Nasi Tumpeng
Tags AAA


KURAZONE ~ Halo sahabat Kurazer, pernah dengar istilah tentang Nasi Tumpeng tidak nih? Jika belum  maka usia kalian masih muda. Nasi tumpeng merupakan masakan Indonesia yang biasanya berbentuk kerucut dan disajikan dalam acara tertentu di Indonesia, seperti slametan maupun ritual adat.

Apa itu Nasi Tumpeng

Nasi Tumpeng merupakan penyajian nasi yang dibentuk menjadi kerucut dan ditata bersama dengan lauk-pauknya. Olahan nasi yang dipakai umumnya berupa nasi kuning, meskipun kerap juga digunakan nasi putih biasa atau nasi uduk. Cara penyajian nasi ini khas Jawa atau masyarakat Betawi keturunan Jawa dan biasanya dibuat pada saat kenduri atau perayaan suatu kejadian penting. Meskipun demikian, masyarakat Indonesia sudah mengenal kegiatan ini secara umum. Tumpeng biasa disajikan di atas tampah (wadah berbentuk bundar tradisional yang terbuat dari anyaman bambu) yang telah dialasi daun pisang.

Ciri - Ciri Nasi Tumpeng

Yang paling mudah diketahui dari ciri - ciri nasi tumpeng adalah makanannya yang menggunakan nasi kuning dan dibentuk kerucut. Diletakkan pada nampan bambu besar dan berlapis duan pisang. Diantara nasi kuning tersebut terdapat hiasan sayuran dan lauk yang disusun melingkari nasi kuning.


Variasi

  1. Tumpeng Robyong - Tumpeng ini biasa disajikan pada upacara siraman dalam pernikahan adat Jawa. Tumpeng ini diletakkan di dalam bakul dengan berbagai macam sayuran. Di bagian puncak tumpeng ini diletakkan telur ayam, terasi, bawang merah dan cabai.
  2. Tumpeng Nujuh Bulan - Tumpeng ini digunakan pada syukuran kehamilan tujuh bulan. Tumpeng ini terbuat dari nasi putih. Selain satu kerucut besar di tengah, tumpeng ini dikelilingi enam buah tumpeng kecil lainnya. Biasa disajikan di atas tampah yang dialasi daun pisang.
  3. Tumpeng Pungkur - digunakan pada saat kematian seorang wanita atau pria yang masih lajang. Dibuat dari nasi putih yang disajikan dengan lauk-pauk sayuran. Tumpeng ini kemudian dipotong vertikal dan diletakkan saling membelakangi.
  4. Tumpeng Putih - warna putih pada nasi putih menggambarkan kesucian dalam adat Jawa. Digunakkan untuk acara sakral.
  5. Tumpeng Nasi Kuning - warna kuning menggambarkan kekayaan dan moral yang luhur. Digunakan untuk syukuran acara-acara gembira, seperti kelahiran, pernikahan, tunangan, dan sebagainya.
  6. Tumpeng Nasi Uduk - Disebut juga tumpeng tasyakuran. Digunakan untuk peringatan Maulud Nabi.
  7. Tumpeng Seremonial/Modifikasi

Disajikan Dengan

Ayam Goreng, Ayam Bakar, Urap, Telur Dadar, Perkedel, Udang, Semur, Gepuk, Telur Pindang, Perkedel Jagung, Ikan Teri, Ikan Lele, Teri Kacang, Tempe Orek, Abon Sapi, Sayuran, Mie, Sambal Goreng Hati dan lain-lain yang sekiranya serasi untuk dijadikan sebagai lauk.


Manfaat/Kegunaan Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng biasanya dibuat untuk merayakan sebuah pencapaian atau keberhasilan yang telah di dapat. Biasanya sering digunakan pada acara akikah, kendurin, acara ritual adat, ulang tahun, acara selamatan dan lain sebagainya yang identik dengan perayaan. Bahkan perayaan Agustusan atau Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia juga sering menyajikan nasi tumpeng.

Pemesanan Nasi Tumpeng untuk Daerah Jakarta

Berbicara mengenai Nasi Tumpeng juga tidak lepas dengan beberapa jasa pembuatan nasi tumpeng. Karena dalam membuat nasi tumpeng pun jangan sampai asal-asalan. Mengingat bahwa nasi tumpeng selalu disajikan dalam sebuah perayaan yang sakral dan special maka pembuatan Nasi Tumpeng pun harus dikelola oleh orang-orang yang sudah terbiasa membuat Nasi Tumpeng.

Salah satu jasa pembuatan Nasi Tumpeng yang ada di Jakarta adalah Royal Tumpeng yang sudah profesional melayani pembuatan nasi tumpeng. Kalian bisa memesan Nasi Tumpeng dengan menghubungi Nasi Tumpeng Jakarta yang beralamatkan di situs https://royaltumpeng.com/



Untuk harga nya pun sangat terjangkau dan terbilang murah. Kalian bisa check beberapa menu dan harganya melalui gambar dibawah ini :




Note : Tidak cuma melayani Nasi Tumpeng saja, Royal Tumpeng juga melayani nasi box dan snack box, bahkan nasi liwet pun juga ada. Baca selengkapnya tentang Snack Box disini >> Royal Snack Box, Varian Rasanya yang Lezat dengan Harga yang Merakyat

Itulah informasi mengenai "Pengertian Nasi Tumpeng, Ciri-Ciri, Manfaat dan Cara Pemesanan Nasi Tumpeng".


1 komentar :

  1. Baru tau setelah baca artikel ini, ternyata tumpeng itu ada macam-macam. Selama ini mikirku tumpeng cuma ada satu jenis, semua sama. Ternyata tidak heheee

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.