Tombol Coba Blogger Baru! Telah Muncul pada Dasbor Blogger 2019, Apa yang Baru?!

KURAZONE ~ Halo sahabat Kurazer, ketika membuka Dasbor Blogger pada tanggal 11 September 2019 tanpa sengaja terlihat sebuah tombol bewarna oranye bertuliskan Coba Blogger Baru!. Tumben - tumbennya nih Blogger melakukan Update. Lantas apa yang baru setelah mengaktifkan tombol tersebut?




Melihat pesan diatas telah diketahui bahwa ada perubahan baru pada Statistik, Komentar dan Tema. Seperti apakah tampilannya?

#1 - STATISTIK

Tampilan baru pada statistik ini benar - benar berbeda dari sebelumnya. Didalam statistik bagian paling atas kini telah ditambahkan informasi mengenai jumlah total pengikut, total postingan yang diterbitkan (postingan draft dan import tidak dihitung) dan total komentar yang diletakkan pada 1 kolom dan disertai link untuk menuju ke informasi yang lebih lengkap.

Selanjutnya, ada tampilan statistik Page View, mulai dari tampilan keseluruhan halaman, hari ini, kemarin, bulan ini dan bulan lalu. Kemudian dibawahnya ada tampilan statistik untuk postingan paling terbaru.


Kemudian dibawahnya ada statistik total kunjungan halaman selama seminggu (statistik mingguan), statistik per postingan dan statistik per laman.




Pada bagian statistik mingguan dijumpai sebuah tombol khusus bertuliskan LEBIH LANJUT TENTANG BLOG INI.
APA YANG TERJADI KETIKA TOMBOL TERSEBUT DIKLIK?

Apabila tombol tersebut diklik maka akan menampilkan statistik yang lebih detail mengenai Perujuk Teratas, URL Perujuk Teratas, Audiens, Kunjungan halaman menurut Sistem Operasi, Kata kunci penelusuran dan Lokasi teratas

Disini bisa dilihat berdasarkan periode terkini, 24 jam terakhir, 7 hari terakhir, 30 hari terakhir dan semua (keseluruhan) statistik



Nominal angka pada statistik tersebut dapat dilihat dalam bentuk Angka Mutlak maupun Angka Persentase.








#2 - KOMENTAR

Perubahan selanjutnya adalah tampilan menu komentar. Pada bagian menu komentar ini masih memiliki pengaturan dan fungsi yang sama seperti sebelumnya, hanya saja untuk perubahan terbaru ini ditampilkan pula foto profil orang yang berkomentar, ikon hapus konten komentar, hapus komentar, tandai spam dan bukan spam yang lebih diperjelas.

Tampilan default pada menu komentar ini menampilkan keseluruhan jenis komentar, yaitu mulai dari komentar yang disetujui, komentar yang masih dimoderasi maupun komentar yang suda masuk ke daftar spam. Tampilan tersebut juga bisa dipilah berdasarkan jenis komentarnya. 



#3 - TEMA

Sayangnya untuk menu tema ini saya belum menemukan perubahan apa yang terbaru dari menu tema tersebut.


UPDATE!!
Tampilan pada menu TEMA sudah dibikin responsive dan user friendly


Tampilan editing kode template juga semakin diperlebar dari sebelumnya, sehingga memberikan akses yang lebih leluasa untuk mengedit kode template. Tampilan yang baru ini juga responsive ketika dibuka melalui mobile, sehingga editing template juga bisa langsung dikerjakan pada perangkat mobile.

#4 - MENU POSTINGAN

UPDATE !! (20 Des 2019)
Terjadi perubahan pada tampilan menu Postingan. Tampilan ini bisa ditampilkan dalam mode petak Grid maupun List.
Tampilan Mode Petak Grid

Tampilan Mode Petak List

Fitur baru yang bakal didapat dari menu Postingan ini adalah dapat mengurutkan artikel sesuai tanggal terlama maupun terbaru.

Kemudian untuk fitur jumlah artikel yang ditampilan memiliki jumlah unlimited, artinya adalah jika versi yang lama membatasi jumlah artikel per list nya sebanyak 100, maka di tampilan terbaru ini jumlah artikel per list nya adalah sebanyak artikel yang dimiliki. Apabila melakukan scroll kebawah secara terus-menerus maka artikel akan otomatis dimuat sesuai jumlah artikel yang dimiliki.

Namun sayangnya, tampilan terbaru pada menu Postingan ini masih terdapat kekurangannya yaitu tidak adanya kolom pencarian artikel. Sehingga kita akan sedikit mengalami kesulitan untuk mencari artikel yang pernah kita buat, alias mencarinya secara manual. Kemudian masih belum disertakan jumlah total view dari masing-masing artikel. Sehingga kita tidak mengetahui berapa total view pada artikel tersebut. Semoga saja kekurangan ini segera diperbaiki oleh pihak Blogger, karena dari segi responsive maupun Human Friendly nya sudah sangat nyaman untuk digunakan.

#5 - TAMPILAN LEMBAR KERJA PEMBUATAN POST

UPDATE !! (31 Mar 2020)

Selanjutnya pada bagian lembar kerja pembuatan postingannya pun sudah berubah, namun masih ada beberapa fitur yang belum lengkap seperti belum adanya tombol pembuatan Heading, subheading dan sejenisnya, serta belum ada pilihan opsi pada gambar yang diklik pada postingan (pemilihan ukuran gambar : original size / large size)

Nah, itulah tadi perubahan menu Statistik, Komentar, Tema dan Menu Postingan terbaru pada tampilan Dasbor Blogger Terbaru 2019. Semoga perubahan terbaru ini juga direalisasikan pada menu - menu lainnya.

Note :
Apabila tampilan Blogger kalian masih belum bisa menampilkan model terbaru seperti yang ada pada artikel ini silakan setting akun kalian menggunakan Draft Blogger, caranya bisa dilihat dibawah ini :

Itulah informasi mengenai "Tombol Coba Blogger Baru! Telah Muncul pada Dasbor Blogger 2019, Apa yang Baru!". So, apa tanggapan dan kesan kalian mengenai tampilan yang baru ini? Tulis dikolom komentar ya...

4 Komentar

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.

  1. Emejing and eksaitit.. 😸😻

    BalasHapus
  2. di blog saya kagak ada gan :(

    BalasHapus
  3. Di dashboard punya saya sudah lama ada, tapi untuk tampilan berandanya baru tadi pagi berubah dan saya melihat tampilannya sangat keren

    BalasHapus
  4. Lebih bagus ini mas, saya sudah coba. Desainnya lebih pas dengan kepribadian Google itu sendiri :D.

    BalasHapus

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.

Lebih baru Lebih lama