Pengertian Content Placement dalam Dunia Blogger

Pilihan Editor :

Pengertian Content Placement dalam Dunia Blogger
KURAZONE ~ Halo sahabat Kurazer, semakin berkembangnya dunia Blogger di jaman millenial ini telah mulai bermunculan ide bisnis baru yang bisa dimanfaatkan oleh banyak pemain Blogger, baik oleh Blogger Pemula maupun Blogger Kawakan. Bisnis tersebut adalah Content Placement. Lalu apasih Content Placement itu? Berikut adalah Pengertian Content Placement dalam Dunia Blogger.

PENGERTIAN CONTENT PLACEMENT

Content Placement adalah teknik menempatkan sebuah artikel kedalam blog milik orang lain untuk meningkatkan branding sebuah jasa maupun produk. Kerjasama ini terjalin antara Pemasang Konten dengan Pemilik Blog. Pihak Pemasang Konten akan menitipkan artikel yang sudah dibuat lalu diserahkan kepada Pemilik Blog untuk dipublikasi. Harapannya adalah supaya artikel yang berisi jasa maupun produk tersebut bisa viral di internet.

KRITERIA BLOG UNTUK CONTENT PLACEMENT


Dalam menempatkan artikel pada sebuah blog, sebaiknya Pemasang Konten perlu memahami terlebih dahulu bagaimana kriteria blog yang baik untuk penempatan kontennya. Berikut ini adalah beberapa kriteria yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk menempatkan konten ke blog orang lain.
  1. Konten blog masih sejalur dengan topik artikel yang akan dititipkan. Sederhananya adalah : jika anda ingin menempatkan artikel berisi jasa pacak kucing, maka pilihlah blog yang membahas kucing, jangan memilih blog budidaya ikan.
  2. Konten blog original alias tidak plagiat blog lain. 
  3. Blog memiliki trafik yang baik, biasanya hal ini bisa dilihat track recordnya dari statistik Analytic Google maupun dari situs Histats.
  4. Blog memiliki DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) yang cukup baik. Biasanya hal ini bisa dinilai dari penghitungan DA dan PA di situs Moz Check.
  5. Blog tidak dianggap Spam oleh Google.
  6. Blog sering diupdate dan berkembang dengan baik.
  7. Blog memiliki Bounce Rate yang rendah, minimalnya adalah kisaran 60% sampai 55% atau dibawahnya. Biasanya hal ini bisa dinilai dari penghitungan statistik di Analytic Google maupun Alexa Rank.
  8. Blog memiliki desain template yang enak dipandang, tata letak yang rapi, navigasi yang mudah serta tidak membuat jenuh pengunjung.
  9. Blog sudah TLD (Top Level Domain), artinya adalah Blog memiliki URL TLD seperti .com, .net, .id, ataupun web.id. Sangat jarang sekali dijumpai ada blog yang masih menggunakan subdomain seperti blogspot maupun wordpress mendapatkan tawaran Content Placement. Dengan melihat URL TLD tersebut anda bisa berspekulasi bahwa Pemilik Blog bersungguh-sungguh dalam mengelola blognya, karena untuk men-TLD-kan sebuah blog diperlukan sebuah biaya.
  10. Blog memiliki koneksi yang aman pada URL nya, seperti penggunaan protokol HTTPS atau simbol gembok warna hijau pada URL nya. Hal ini menandakan bahwa blog tersebut aman ketika diakses.
  11. Blog memiliki jumlah index yang cukup banyak di penelusuran Google. Biasanya hal ini dicheck dengan cara menulis site:namablog.com pada penelusuran Google, supaya dapat diketahui berapa halaman blog yang sudah terindex di Google. 
  12. Blog SEO Friendly dan Human Friendly, SEO Friendly bisa diartikan bahwa blog mudah ditemukan di Google dan artikelnya mudah dibagikan ke sosial media. Sedangkan Human Friendly bisa diartikan bahwa tampilan blog memiliki penataan desain yang responsive terhadap Pengunjung (blog nyaman diakses melalui desktop maupun mobile) serta Pemilik Blog begitu ramah dengan Pengunjungnya, hal ini bisa diketahui bagaimana cara si Pemilik Blog merespon komentar pada artikel blognya.

PROSEDUR CONTENT PLACEMENT

  1. Pihak Pemasang Konten mencari Blog yang relevan dan sesuai dengan kriteria yang diinginkan.
  2. Setelah pihak Pemasang Konten menemukan blog yang diinginkan, maka Pemasang Konten bisa menghubungi Pemilik Blog untuk menawarkan kerjasama.
  3. Selanjutnya apabila kerjasama sudah disepakati, maka pihak Pemasang Konten akan mengirim artikel ke Pemilik Blog untuk direview.
  4. Setelah artikel disetujui oleh Pemilik Blog, maka artikel akan dipublikasi kedalam Blog.
  5. Selanjutnya Pemilik Blog akan mendapatkan REWARD dari Pemasang Konten.


MANFAAT CONTENT PLACEMENT

Menerapkan Content Placement ini tentunya memiliki manfaat yang baik untuk kedua belah pihak, diantaranya adalah :
  1. Pemilik Blog mendapatkan artikel yang FRESH dari Pemasang Konten, dan hal ini membuat Pemilik Blog dapat menghemat waktu dalam memposting artikel baru. 
  2. Pemilik Blog mendapatkan REWARD sesuai perjanjian yang telah disepakati.
  3. Bagi Pemasang Konten, artikel yang dititipkan akan popular dan viral di internet.
  4. Konten yang dititipkan ke blog tidak memiliki batasan waktu, alias permanen selama blog tersebut bisa diakses.

KESIMPULAN

Content Placement merupakan salah satu bisnis yang bisa diterapkan oleh Blogger jaman sekarang untuk menghasilkan REWARD tambahan, hal ini juga bisa menjadikan sebuah jasa atau produk dari Pemasang Konten supaya semakin populer dan viral. Jika anda Pemilik Blog maupun Pemasang Konten yang masih bingung bagaimana mendapatkan kerjasama Content Placement ini, maka anda bisa bergabung pada Marketplace Backlink Indonesia seperti Sosiago maupun RajaBacklink yang sudah terbukti mempertemukan Pemasang Konten (Advertiser) dengan Pemilik Konten (Publisher). 
Seiring pesatnya kemajuan bisnis Content Placement ini membuat dunia perBloggingan dihebohkan dengan istilah Content Placement baru, yaitu Publish by One dan Create by One. Selengkapnya mengenai Publish by One dan Create by One bisa dibaca pada artikel berikut :
Pengertian Content Placement Publish by One dan Create by One dalam Dunia Blogger

Itulah informasi mengenai "Pengertian Content Placement dalam Dunia Blogger", semoga bermanfaat. Goodluck!

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA: