Mengapa Aplikasi Absensi Berbasis Online Lebih Baik untuk Perusahaan

Buat Anda yang sudah lama berdomisili di Indonesia mungkin sudah tidak asing dengan istilah titip absen. Bukan hanya terjadi di bangku sekolah atau kuliah, tidak sedikit juga yang membawa kebiasaan ini hingga ke tempat kerja, terutama yang masih menggunakan metode manual untuk absen. Dulunya masih menggunakan kertas yang kemudian beralih ke mesin ceklok, absensi karyawan berkembang lebih canggih dengan menggunakan teknologi sidik jari atau fingerprint.

Kini, memasuki era digitalisasi 4.0, banyak perusahaan yang mulai beralih memanfaatkan aplikasi absen secara online. Berkat dukungan jaringan 4G, kini karyawan bisa melakukan absensi lewat smartphone. Bukan hanya lebih praktis bagi karyawan, ada banyak alasan yang mendorong perusahaan memilih absensi online.

Praktis dan Hemat Biaya

Aplikasi Absensi dapat diimplementasikan di smartphone dan dapat digunakan di mana pun, tanpa harus terpaku pada satu titik saja. Selain praktis, sistem absensi online ini dapat menghemat biaya. Misalnya mengadakan mesin fingerprint terbilang cukup mahal dan biaya maintenance pun cukup tinggi. Beralih ke aplikasi absensi bisa meniadakan biaya pengadaan dan perawatan mesin sehingga lebih efisien.

Bisa Absen di Banyak Lokasi

Keuntungan lain yang membuat banyak perusahaan memilih menggunakan sistem absensi online adalah fleksibilitas yang tidak bisa diberikan oleh absensi manual. Hal ini sangat bermanfaat, misalnya bagi perusahaan yang memiliki banyak cabang di berbagai kota atau mempekerjakan karyawan di luar kantor. Tanpa harus datang ke kantor, karyawan bisa melakukan absensi yang menandakan kehadirannya untuk bekerja.

Memberi Data Real-Time yang Akurat

Sistem absensi manual membuat perusahaan harus menunggu lebih lama untuk mengetahui kehadiran karyawan. Penggunaan kertas, mesin ceklok, atau fingerprint pun perlu waktu untuk merangkum data yang diperlukan misalnya untuk bahan pengambilan keputusan.

Aplikasi absensi membuat Anda lebih mudah mengetahui siapa dan berapa orang yang datang terlambat atau tidak masuk kerja. Hal ini bisa jadi masukan untuk menilai kepribadian karyawan. Selain itu memberikan data real-time yang akurat juga meminimalkan tindakan kecurangan yang dilakukan oleh karyawan.

Baca Juga : 9 Fitur Inovatif yang Ada di Aplikasi Absensi LinovHR

Sistem yang Otomatis Terintegrasi

Absensi dikaitkan dengan proses payroll. Kebayang bagaimana repotnya jika harus merangkum data para karyawan yang masuk kerja tepat waktu dan menghubungkannya dengan daftar gaji, tunjangan, maupun bonus saat waktu pembayaran gaji. Penggunaan aplikasi absensi online dijamin akan mengintegrasikan absensi dengan data karyawan yang tersimpan di cloud.

Perusahaan dapat memantau absensi karyawan dengan lebih mudah, cepat, dan praktis. Kapan pun department lain meminta data absensi, aplikasi ini memudahkan untuk mengambil informasi kehadiran karyawan dengan cepat dan akurat. Memiliki data yang terhubung secara otomatis ini tentunya akan sangat membantu dalam pengelolaan payroll.

Memudahkan bagi Karyawan

Aplikasi absensi online ini juga dirancang user-friendly, sehingga dapat digunakan oleh siapa saja termasuk para karyawan. Selain untuk melaporkan kehadiran dirinya di hari itu, karyawan juga dapat dengan mudah mengajukan cuti atau izin. Tanpa harus melalui proses administrasi yang rumit, atasan pun bisa menyetujui atau menolak permintaan tersebut setelah melihat informasi yang dibutuhkan, misalnya sisa cuti yang ada.

Penggunaan absensi manual hanya akan membuat produktivitas tim HRD jadi stagnan. Ini saatnya mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi absensi untuk memudahkan karyawan melakukan absen dan membantu pengelolaan absensi yang lebih efektif.






Lebih baru Lebih lama