10 Alasan Mengapa Orang Melakukan Kegiatan NgeBlog

Pilihan Editor :

10 Alasan Mengapa Orang Melakukan Kegiatan NgeBlog
KURAZONE ~ Halo sahabat Kurazer, tahukah kalian jika aktivitas ngeblog itu selalu bertambah setiap hari nya. Hal itu dikarenakan adanya ketertarikan seseorang untuk menciptakan brandingnya melalui sebuah blog. Dalam membuat blog pun harusnya memiliki alasan-alasan yang masuk akal supaya apa yang dilakukan dalam aktivitas ngeblog tersebut tidak dianggap membuang-buang waktu.

Pada kesempatan kali ini saya bagikan beberapa faktor yang menjadi alasan mengapa orang masih melakukan aktivitas ngeblog sampai sekarang.

1. Sebagai Tempat Mengisi Waktu Luang

Gak ada kerjaan ketika banyak waktu nganggur? Tenang, memiliki blog bisa menjadi pengalihan untuk mengisi waktu luang kalian. Apalagi sekarang sudah banyak tutorial tentang blogger yang bisa dipelajari secara otodidak, dan juga ada grup Blogger Indonesia di FB maupun WA. Sehingga waktu luang ini bisa digunakan untuk mendapatkan pengalaman ngeblog yang lebih bermanfaat, saling tukar informasi bersama member lain yang memiliki ketertarikan yang sama dalam dunia blog.

Tak hanya sebagai hiburan saja, waktu luang ini juga melatih otak kalian untuk berpikir mengenai apa langkah selanjutnya untuk mengembangkan blog yang sedang dikelola tersebut. Sehingga kinerja otak kalian akan selalu aktif dan berguna.

2. Sebagai Tempat Promosi Produk dan Jasa

Aktivitas ngeblog biasanya identik dengan artikel curhatan atau pengalaman pribadi, namun nyatanya blog juga bisa dimanfaatkan sebagai lahan mempromosikan suatu produk maupun jasa. Blog yang digunakan untuk promosi ini bisa disebut sebagai blog jual beli atau toko online pribadi dengan biaya pembuatan yang sangat murah, bahkan terbilang gratis apabila masih menggunakan subdomain blogspot / wordpress. Jika ada pengunjung yang melakukan pembelian barang/jasa maka hal ini akan memberikan keuntungan bagi pemilik blog. Tak hanya promosi barang ataupun jasa saja, blog juga bisa digunakan untuk promosi personal branding untuk memberikan gambaran kepada pengunjung mengenai diri kita dan keahlian kita, serta bagaimana peran dan manfaat kehadiran kita dalam dunia maya.

3. Sebagai Tempat Sumber Penghasilan Tambahan

Pernah mendengar orang mendapatkan uang dari internet? Nah, salah satu sumbernya adalah dari Blog, seperti blog berupa toko online yang telah disebutkan diatas tadi. Namun ada pula sumber penghasilan lain yang bisa diperoleh selain menjual barang/jasa melalui blog. Diantaranya adalah menjual backlink, menerima jasa desain template, menerima content placement, jasa review, mengikuti kompetisi blog/lomba blog, mengikuti kontes seo dan lain sebagainya.

4. Sebagai Tempat Berbagi Ilmu dan Pengalaman

Berbagi ilmu dan pengalaman dalam dunia blog sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan, segala macam pengetahuan dari berbagai bidang bisa disalurkan melalui blog. Mulai dari topik kesehatan, teknologi, pendidikan, militer, kuliner, wisata, perfilman, komputer, otomotif dan lain sebagainya. Menjadikan blog sebagai tempat berbagi ilmu dan pengalaman adalah tindakan yang mulia, karena ilmu yang dibagikan akan bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan, hal ini secara tidak langsung sudah membantu orang lain meski hanya melalui sebuah tulisan.

5. Sebagai Tempat Menyampaikan Opini/Pendapat/Review

Adakalanya dalam memiliki blog, seseorang ingin menyampaikan keluh kesalnya melalui tulisan, seperti menyampaikan suatu topik menurut pendapat pribadi, atau menyampaikan apa yang seharusnya dilakukan jika ada kasus seperti ini dan itu. Dalam menyampaikan opini ini juga bisa berupa rasa senang / bahagia terhadap situasi yang ingin diceritakan, seperti membagikan kesan terhadap suatu film, kebahagiaan merasakan moment pertama pernikahan, mencoba suatu hal yang baru maupun hal yang menegangkan. Semua perasaan seperti ini bisa disampaikan kedalam blog.

6. Sebagai Tempat Arsip Pribadi (Dokumentasi Foto/Video)

Menyimpan dokumentasi berupa foto dan video di komputer maupun hp pastinya akan diperlukan kapasitas yang besar. Namun jika dokumentasi ini diupload kedalam blog maka tidak perlu khawatir lagi mengenai kapasitas. Dengan menguploadnya kedalam blog, kenangan dokumentasi ini bisa dilihat kapanpun disertai dengan coretan tulisan menarik didalamnya.

Blog yang digunakan sebagai arsip pribadi ini sangat identik dengan foto - foto dan video pemilik blog ketika sedang berlibur, merayakan moment tertentu, syukuran dan pengalaman pribadi lainnya. Tentunya blog semacam ini akan menjadi blog yang unik untuk dikunjungi.

7. Sebagai Tempat Meningkatkan Skill Menulis

Ingin menjadi penulis yang handal dan tulisannya disukai banyak orang? Tentunya harus latihan dulu. Latihan meningkatkan skill menulis tersebut bisa dilakukan melalui blog. Artikel yang dibuat pun bisa dengan mudah dipublikasi maupun dihapus. Kadangkala untuk mengetes apakah tulisannya menarik atau tidak, artikel bisa diikut sertakan dalam kompetisi blog atau lomba blog. Jika menang maka tulisan nya bagus, jika kalah berarti tulisannya masih kurang bagus. Sehingga dengan begini ada perasaan tertantang untuk terus mengasah skill menulis. Ingin ikutan kompetisi blog atau lomba blog? Check lombanya disini.

8. Sebagai Tempat Latihan Belajar HTML dan CSS

Blog bisa dimanfaatkan oleh pemula yang ingin mengerti bagaimana seluk beluk dunia blog, salah satu bahasa dalam dunia blog yang perlu dipelajari adalah HTML dan CSS, ini adalah ilmu dasar yang sekiranya wajib diketahui oleh pemula dalam membangun blog. Bahkan belajar HTML dan CSS ini juga menjadi mata pelajaran di sekolah untuk jurusan komputer. Sehingga belajar HTML dan CSS yang tepat adalah dengan cara membuat blog dan mengobrak abrik seluk beluk blognya melalui kode kode HTML dan CSS.

9. Sebagai Tempat Ujicoba Desain Template

Sebagai seorang perancang template blog, aktivitas ngeblog tidak bisa lepas dari dirinya. Melakukan ujicoba template pada blog baru adalah hal yang lumrah dilakukannya. Ketika ujicoba template ini sudah berhasil maka hasil dari template yang dirancang tersebut akan diperjual belikan. Nah, dapat duit kan jadinya.

10. Sebagai Tempat Menjalian Persaudaraan Sesama Blogger

Ngeblog juga bisa lho menjalin persaudaraan, contohnya adalah dengan bergabung sebagai member di komunitas blogger Indonesia, seperti grup blogger di WA,FB maupun Telegram. Berbagi informasi terkait blog bersama mereka yang memiliki hobi yang sama akan menjalin persaudaraan sesama blogger. Hal yang dibahas dalam dunia blogger pun memiliki topik pembicaraan yang unik, seperti SEO, backlink, On Page, Off Page, SERP, DA, PA, Spam, Keyword, LSI, Adsense, Balance, Template, Blogwalking, Tukar komentar, Anchor, Algoritma Google, Sitelink, TOC, Content Placement, Paid Review, Lomba Blog, Kontes SEO, Influencer, Safelink, Domain, Hosting, CPanel, VPS, Bounce, Cendol dan masih banyak lagi hal lainnya.

BONUS

Sebagai Tempat untuk Mendapatkan Pahala / Amal Kebaikan

Apapun yang telah dibagikan melalui blog, jika hal tersebut bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan maka hal tersebut akan menjadi ladang pahala bagi pemilik blog, dan tentunya kebaikan yang disebarkan melalui tulisan akan memberikan amal kebaikan secara terus menerus pada pemilik blog. Nah, jika kalian belum memiliki blog maka tidak ada salahnya untuk membuatnya sekarang. Karena akan ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan didalamnya.

Adapun alasan menarik lainnya yang menjadi alasan seorang Blogger masih melakukan kegiatan ngeblog adalah dikarenakan masih menikmati hasil CPA Marketing dari dr.cash yang merupakan salah satu afiliasi CPA terbesar di dunia.

Sejak 2016, dr.cash telah bekerja secara eksklusif dengan tawaran BPA dan Revshare di bidang kecantikan dan kesehatan manusia. dr.cash memiliki produksi sendiri dan ditautkan ke pengiklan terbaik dari seluruh dunia dan secara terus-menerus menganalisis data, mengerjakan konversi halaman iklan, dan monetisasi lalu lintas tambahan yang didedikasikan untuk menawarkan kepada Anda pada kondisi paling menguntungkan dalam bidang kecantikan dan kesehatan.

dr.cash memberikan 2.402 penawaran dari 46 kategori yang berisi produk kecantikan dan kesehatan. Banyaknya penawaran ini bisa difilter sesuai negara dan model produk untuk dipasang di blog. Komisi yang diperoleh nantinya bisa berupa USD, Pills (PLS) maupun RUB. 

Itulah informasi mengenai "10 Alasan Mengapa Orang Melakukan Kegiatan NgeBlog", semoga bermanfaat.
BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

6 komentar :

  1. Sebagai tempat mencari penghasilan. Sekaligus mengasah ketrampilan menulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mas Amir... menulis dan dibayar.,., sangat menyenangkan sekali ., hehe

      Hapus
  2. Keren mas,.. sejak beralih dari sotazone ke kurazone., mas masih konsisten aja ngeblog... salut

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak.,., iseng pak.,., buat hiburan ... hehee

      Hapus
  3. dari seluruh alasan mengapa orang melakukan aktivitas blogging, saya sendiri lebih menitikberatkannya ke "Sumber penghasilan tambahan" dan juga "berbagi ilmu".
    Namun saya kira ada satu hal lagi yang perlu ditambahkan, yaitu untuk personal branding hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali mas., ngeblog memiliki tujuannya masing masing.,., dan untuk personal branding sudah disinggung pada poin ke 2 meski tidak mendetail :v

      Hapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.