Berinvestasi Pada Obligasi Negara? Mengapa Tidak?

Pilihan Editor :

Berinvestasi Pada Obligasi Negara? Mengapa Tidak?
KURAZONE ~ Ingin berinvestasi? Salah satunya dengan cara membeli obligasi negara. Obligasi negara adalah sekuritas yang ditawarkan kepada masyarakat melalui mitra distribusi. Seluruh dana yang hasilkan dari penjualan obligasi negara ini nantinya akan digunakan sebagai APBN. Pembiayaan APBN yang akhirnya akan digunakan sebagai dana pendukung peningkatan kualitas dan kesejahteraan masyarakat Negara Indonesia.

Karakteristik obligasi negara

1. Tanpa warkat (scripless)

Obligasi yang ditawarkan saat ini adalah perpindahan efek melalui rekening sehingga tidak ada obligasi dalam bentuk fisik (tanpa warkat). Hal ini tertentunya akan meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan keamanan terhadap obligasi. Karena obligasi yang berbentuk fisik atau kertas rentan hilang atau tercecer. Meskipun hanya dalam bentuk rekening, namun Anda tetap bisa menjualnya kembali dengan investor domestik.

2. Adanya kupon tetap (fixed rate)

Obligasi negara juga memiliki suku bunga yang akan dibayarkan kepada para investornya. Di setiap periode obligasi biasanya akan ada suku bunga yang tetap hingga akhir periode obligasi. Biasanya kupon ini akan dibayarkan pada waktu-waktu tertentu seperti setiap bulan. Kupon yang dimiliki obligasi negara rata-rata lebih tinggi daripada suku bunga yang ditawarkan oleh deposito bank BUMN.


3. Memiliki potensi capital gain/loss

Obligasi memiliki dua kemungkinan untung dan rugi. Anda akan merasa diuntungkan saat mendapatkan pengembalian besar dari investasi yang Anda tanamkan pada obligasi. Pada saat itu cobalah untuk mengajukan asuransi untuk masa depan Anda (ref: https://id.tanamduit.com/asuransi). Namun jangan kaget jika Anda tidak mendapatkan keuntungan dan malah menanggung kerugian. Tidak semua obligasi negara memiliki tingkat pengembalian yang besar.

4. Minimal dan maksimal pembelian

Pembelian obligasi negara memiliki standar tersendiri dalam berinvestasi. Minimal pembelian ini tergantung jenis investasi obligasi yang ditawarkan. Ada minimal pembelian dengan harga satuan obligasi dari satu hingga lima juta. Sedangkan untuk pembelian maksimal dapat mencapai harga miliaran rupiah. Dan dalam berinvestasi tinggal menyesuaikan dengan budget Anda.

Pembelian obligasi negara ini sudah bisa Anda lakukan dengan mudah dan dimana saja karena pembelian dilakukan secara online. Anda bisa menggunakan mitra distribusi yang bergabung sebagai penyalur sekuritas obligasi ini (ref: tanamduit).
BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

1 komentar :

  1. Berapa persentase untuk keamanan transaksi om? Terimakasih

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.