Tips Mudah untuk Kulit yang Bersih dan Cerah secara Alami

This content uses Indonesian, please change to your language by pressing the translate button below.
Thank you for your visit.
KURAZONE ~ Wajah merupakan salah satu aset untuk menunjang penampilan. Semua orang tentunya ingin memiliki kulit wajah yang bersih, cerah, dan segar merona. Sehingga banyak orang akhirnya rela melakukan perawatan wajah agar kesan penampilan terlihat lebih menarik. Pasalnya, wajah yang kusam dan tidak terawat akan menurunkan tingkat kepercayaan diri. 

Tahukah Anda bahwa ada cara alami untuk merawat wajah? Anda bisa melakukannya di rumah dan menjadikannya sebagai kebiasaan sehari-hari karena sangat mudah untuk dilakukan. 

Langkah-Langkah Merawat Kulit untuk Wajah yang Mempesona

Merawat wajah secara alami tentu tidak menghasilkan efek yang instan. Namun layak dicoba jika Anda ingin memiliki kulit wajah yang bersih tanpa bahan kimia. Selain tidak menguras kantong, perawatan wajah secara alami membuat Anda terhindar dari alergi produk kecantikan yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Menurut sumber situs kecantikan STORIE, tujuh langkah merawat kulit secara alami adalah: 

1. Konsumsi Air Putih secara Rutin 

Dehidrasi membuat kulit wajah menjadi kering dan kusam. Air putih memiliki kemampuan untuk menghidrasi kulit dan menjaga kelembapannya. Konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter air untuk kulit yang segar, lembab dan terlihat lebih cerah. 

2. Beristirahat dengan Cukup Setiap Hari 

Begadang akan memberikan efek buruk untuk kulit wajah. Kantung mata, jerawat dan wajah terlihat kusam adalah beberapa akibat buruk dari begadang. Anda harus mengusahakan untuk tidur 7-8 jam setiap malam agar wajah bisa melakukan regenerasi sel-sel kulit mati. 

3. Gunakan Masker Wajah yang Alami 

Masker Wajah digunakan setidaknya dua kali seminggu untuk menjaga kulit agar tetap bersih dan segar. Masker wajah juga bermanfaat untuk membersihkan kotoran dan sel-sel kulit mati di wajah Anda. Buat masker dengan bahan-bahan alami seperti bengkuang, timun, alpukat ataupun madu. Dengan masker alami, kulit wajah Anda akan terhindar dari efek negatif produk kimia. 

4. Pilih Makanan yang Menyehatkan Kulit 

Menjaga pola makan dapat menyeimbangkan nutrisi kulit dari dalam. Pilih sayuran dan buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi seperti apel, tomat, anggur dan stroberi. Antioksidan akan menangkal radikal bebas yang dapat memicu kerusakan kulit dan penuaan dini. 

5. Kurangi Makanan yang Mengandung Banyak Gula 

Kebiasaan makan makanan manis selain buruk untuk garis perut, buruk juga untuk kesehatan kulit wajah. Makanan dengan indeks gula yang tinggi akan meningkatkan hormon kortisol. Hormon ini kemudian membuat gula mengikat kolagen dan melemahkannya. Untuk kulit yang yang terawat dan kencang, pastikan untuk mengganti cemilan manis bergula dengan buah-buahan yang banyak mengandung antioksidan, vitamin C dan lemak yang sehat. 

6. Bersihkan Wajah Anda dengan Air Hangat 

Sebaiknya Anda membersihkan wajah minimal dua kali sehari sehingga tampak bersih, cerah dan terbebas dari bakteri. Air hangat memiliki efek memperlancar peredaran darah, melemaskan otot yang tegang, mengurangi minyak berlebih dan memudahkan proses pengangkatan kotoran pada kulit wajah. Bagi Anda yang lebih banyak beraktivitas diluar ruangan, sebaiknya bersihkan tiga kali dalam sehari, yaitu setelah bangun tidur, setelah beraktivitas dan sebelum tidur. 

7. Perlakukan Kulit Anda dengan Lembut 

Jika Anda masih sering memencet jerawat, menggosok kulit wajah Anda secara kasar dan menggunakan terlalu banyak produk kecantikan, sebaiknya Anda kurangi mulai dari sekarang. Kebiasaan tersebut bisa membuat pori-pori membesar, meningkatkan noda dan merusak permukaan kulit. Perlakukan kulit dengan lembut sehingga sel-sel permukaan kulit tidak terluka. 

Itulah 7 langkah merawat kulit yang praktis dan efisien yang bisa anda langsung terapkan di rumah.


Lebih baru Lebih lama