Tips Atasi Mual dan Muntah Pasca Operasi

Pilihan Editor :

Tips Atasi Mual dan Muntah Pasca Operasi
KURAZONERasa mual muntah setelah operasi itu sangat umum sekali terjadi, hal itu sering sekali membuat ketidaknyamanan. Bahkan beberapa orang mengalami masalah tersebut ditambah dengan rasa nyeri yang ada pada bagian perut. Apalagi bagi mereka yang melakukan operasi pada bagian perut pasti akan terasa sekali nyerinya. Lantas, tahukah Anda apa yang menyebabkan orang setelah operasi mengalami masalah tersebut? Lalu apa saja cara untuk mengatasi ketika sudah mengalami tersebut dan membuat kondisi badan kembali fit dalam waktu cepat.

 Sebenarnya yang menjadi penyebab utama setiap pasien muntah pasca operasi itu adalah efek dari anestesi atau obat bius yang digunakan. Namun seringnya ini terjadi pada mereka yang melakukan operasi dengan bius secara total, untuk bius total tetap akan mengalami tetapi tidak separah dan sesakit ketika muntah dan mual pada bius total. Meskipun pada aslinya masalah tersebut bisa mereda sendiri tetapi tetap saja membuat badan pasien merasa tidak nyaman. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Selalu cukupi asupan cairan tubuh Anda, seperti yang diketahui jika muntah yang terjadi sering membuat cairan berkurang dan dehidrasi. Tetapi lebih baik pilih minuman mineral dan jangan yang mempunyai rasa.
  2. Tidak ada salahnya untuk makan makanan secara perlahan, tetapi ini pastikan tubuh mau menerima. Karena terkadang tubuh menolak karena efek bius masih saja mengganggu kondisi dari tubuh pasien.
  3. Jika memang merasakan mual yang terlalu parah bahkan mengalami muntah berkali-kali, ada baiknya untuk melakukan konsultasi dengan dokter ahli terlebih dahulu.
Pada dasarnya memang muntah yang terjadi pada saat setelah operasi itu sangat wajar sekali, namun tetap harus diatasi. Sama seperti muntah terjadi pada anak, harus segera pahami apa penyebabnya dan mencari solusi. Apalagi saat ini ada banyak sekali jenis obat muntah anak dipasaran. Namun tetap jangan sembarangan dalam memilih, pastikan jika obat tersebut aman untuk digunakan si kecil dengan dosis yang ringan serta tidak memberikan efek samping apapun.
BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

1 komentar :

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.