Question Hub, Apaan Sih? (Penjelasan Simple dan Cara Mendaftar)

Pilihan Editor :

Question Hub, Apaan Sih? (Penjelasan Simple dan Cara Mendaftar)
KURAZONE ~ Halo sahabat Kurazer, di tahun 2020 ini Google telah meluncurkan Question Hub versi Beta yang diperuntukkan untuk Blogger maupun Jurnalis blog/web agar dapat meningkatkan performa kontennya sekaligus membantu Google Penelusuran dalam mengelola informasi untuk menemukan hasil yang paling relevan bagi setiap pengguna. Ini sebagai bukti bahwa Google juga memperhatikan peran Blog dalam menunjang hasil penelusuran. Google tentunya akan sangat menyukai peran Blog kita jika kita berpartisipasi didalamnya melalui Question Hub ini.

Sebagai seorang Blogger tentunya kalian akan menemukan notifikasi seperti dibawah ini saat kalian membuka akun Blogger, :
Hadirnya Question Hub sebenarnya sudah dikupas tuntas pada FAQ nya yang bisa kalian baca disini :

Namun, di grup Blogger Indonesia masih ada aja yang bertanya mengenai Question Hub itu apaan? Entah mereka belum buka situs Question Hub atau males nyari info di internet mengenai Question Hub :v.

Warga +62 memang lebih memilih bertanya di grup meski jawabannya sudah ada di internet. Yare~yare~, ya sudahlah. Di artikel kali ini saya hanya akan membahas penjelasan sederhananya saja agar mudah dimengerti serta bagaimana cara mendaftar di Question Hub. cekibrot...

PENJELASAN SIMPLE TENTANG QUESTION HUB

Adanya Question Hub ini telah memberikan informasi kepada kita bahwa mesin penelusur Google tidak selamanya bisa memberikan relevansi jawaban dari pertanyaan yang diajukan di mesin penelusur. Untuk itulah Google menghadirkan Question Hub sebagai tempat untuk mengumpulkan pertanyaan yang belum terjawab dan bagaimana cara pertanyaan dikumpulkan, serta bagaimana pertanyaan tersebut dijawab.

Simple nya gini, kalian nanya di Google : "Ketika dikhianati, kenapa hati ini sakit tapi gak berdarah?". Nah lho, pertanyaan ngeselin kayak gini gak bisa dijawab oleh Google. Untuk itulah Google meminta tolong kepada para Blogger maupun Jurnalis blog/web untuk membuat konten yang berisi jawaban dari pertanyaan yang diajukan tersebut.
Question Hub merupakan fitur yang memungkinkan kreator membuat konten yang lebih kaya dengan menggunakan pertanyaan belum terjawab. Question Hub mengumpulkan pertanyaan pengguna yang belum terjawab ini dan menampilkan pertanyaan tersebut kepada blogger, penulis, dan kreator konten seperti Anda.
Melalui Question Hub ini lah kalian akan menjumpai pertanyaan - pertanyaan ngeselin yang tak bisa dijawab oleh Google, seperti dibawah ini :
Mana saya tahu Bogeng :v Nanya kok aneh - aneh :v

Untuk mengetahui pertanyaan - pertanyaan yang tidak bisa dijawab ini tentunya kalian harus sudah terhubung dengan Question Hub. Berikut adalah cara menghubungkannya.

CARA DAFTAR QUESTION HUB

1. Daftar menggunakan email yang sudah terhubung dengan akun Google :
https://questionhub.google.com/signup?hl=id
2. Selanjutnya pilih Allow dan centang "Remember bla bla bla"
3. Pilih Blog mana saja yang akan kalian gunakan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan 
4. Pilih Bahasa Indonesia, kemudian Get Started
5. Selanjutnya masukkan kata kunci yang sesuai dengan niche blog kalian, dalam contoh kali ini saya menggunakan kata kunci "kamen rider". Setelah hasil pencariannya muncul, pilih ADD untuk mendapatkan pertanyaan - pertanyaan terkait kata kunci yang dicari.
6. Pilih Done
7. Setelah itu kalian akan melihat berbagai macam pertanyaan yang belum memiliki jawaban

Dari berbagai macam pertanyaan yang disediakan tersebut kalian bisa memilih pertanyaan mana dulu yang ingin kalian jawab. Cara menjawabnya adalah dengan membuat artikel terlebih dahulu di blog kalian sesuai dengan pertanyaan yang diajukan. Darisinilah PR kita, membuat konten sebagai pelengkap atas pertanyaan - pertanyaan tersebut.

Setelah artikelnya jadi, arahkan kursor ke pertanyaan tersebut. Nantinya akan muncul pilihan "Answer" dan "Dismiss". Pilih saja "Answer"
Selanjutnya masukkan URL artikel yang sudah kalian buat, lalu Submit
URL yang disubmit disini bisa berupa URL artikel blog ataupun URL video Youtube
Selanjutnya kalian bisa menyelesaikan semua pertanyaan yang diajukan atau menambah pertanyaan baru dengan kata kunci yang berbeda. Caranya adalah tinggal menambahkan Question melalui tombol "Add Questions" yang berada dipojok kiri atas panel.
Dari beberapa pertanyaan yang kalian peroleh nantinya, jangan heran jika menjumpai pertanyaan yang aneh, lucu, ambigu hingga ngeselin karena gak masuk akal.

Dibawah ini hanyalah contoh pertanyaan - pertanyaan gokil yang bikin ngelus dada :v

Dengan menciptakan konten - konten jawaban ini tentunya akan meningkatkan kinerja SEO On Page dan juga SEO Off Page, namun hal tersebut tidak menjadi jaminan konten kalian berada di peringkat teratas, karena pertanyaan - pertanyaan tersebut bukan hanya kalian saja yang akan membahasnya. Semua juga tergantung bagaimana kalian menempatkan kata kunci didalam artikel serta berapa banyak kompetitor yang membahas artikel yang sama.

Penjelasan lengkapnya bisa kalian baca pada halaman FAQ Question Hub :
https://questionhub.withgoogle.com/intl/id_id/faq/
Sedangkan untuk Cara Kerja dan Manfaat Question Hub bisa dilihat dihalaman berikut :
https://questionhub.withgoogle.com/intl/id_id/

Itulah informasi mengenai "Question Hub, Apaan Sih? (Penjelasan Simple dan Cara Mendaftar)", selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Goodluck!
BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

16 komentar :

  1. ternyata seperti itu, dan saya termasuk salah satu netizen +62 bedanya di group saya tidak mendapatkan jawaban. Jawaban versi teman group saya adalah " nggak tahu juga itu apa kak, cuexin ajah 🤣🤣🤣"
    Btw trims artikelnya asli bermanfaat banget ini

    BalasHapus
  2. Haha...aku yang termasuk nanti aja mau klik Question Hub ini. Mungkin karena platformku blog yg aktif pakai WP. Ada sih blog lain yg blogger. Makasih yaa, aku belum nanya, udah dijawab...Hehe...

    BalasHapus
  3. hehehe... begitulah, dan begitu ngasih jawaban pakai tautan link menuju artikel yang menjawab pertanyaannya, belum tentu juga dia mau klik tautan itu dan membacanya.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah lengkap. Mas ada satu link artikel yang aku masukkan ke question hub. Ajaib.. dalam sehari aja bisa tembus 2000 view. Keren question hub

    BalasHapus
  5. Saya sendiri memilih ngotak ngatik dulu baru nanya grup hehe. Jadi kemarin liat question hub gitu, coba daftar, dan ohh paham. Ternyata itu toh maksudnya. Emang lucu-lucu sih history pencarian orang-orang haha

    BalasHapus
  6. Waaah, saya baru tau kak. Makasih banget infonya dan jadi tertarik buat mendaftar. Boleh share ya infonya

    BalasHapus
  7. wah baru tau saya ternyata question hub bisa meningkatkan.pv ya? langsung sy coba nih kak hehe mksh infonya ya

    BalasHapus
  8. Mas Bagus, saya kan udah daftarin 1 blog saya ke Question Hub, nah itu bs diedit gak ya, soalnya saya mau menambahkan blog saya yg lain. Kemaren kecepetan tap tombol NEXT nya hihi. Sblmnya thanks ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa.. masuk aja di menu settings/setelan.. nanti akan tampil beberapa blog yang sudah mbak daftarkan ke webmaster..

      Hapus
  9. Wah,untuk yang bingung konten aoa yg harus ditulis bisa menggunakan question hub ini ya kak, patut dicoba. Makasih kak udah dijelaskan apa sie question hub dan cara mendaftarnya emang simple sie kak.

    BalasHapus
  10. Nah, ini dia yang diperlukan banget. Terkadang ada saja pertanyaan yang membuat semuanya bingung bin bikin mumet kepala.

    BalasHapus
  11. Yak setuju. Tergantung jumlah kompetitor yg bahas niche atau pakai keyword tertentu. Dan aspek2 SEO lainnya sih. Thanks sharingnya

    BalasHapus
  12. Healahhhh notif yang di dashboard itu kmren ini maksudnyaa tohhh...

    Gituu gak mau jelasin di grup pas aku tanya. Huft.. Makasih ya juragan

    BalasHapus
  13. Akhirnya terpecahkan penasaranku tentang question hub. Makasih mas bagus

    BalasHapus
  14. di sekolah, teman2 guru pada seru2an dengan ini nih. hehe...superbisa ya google nih

    BalasHapus
  15. Aq kok kudet banget, gaknpaham question hub dan fungsinya. Ada pemberitahuan langsung skip ajah.

    Makasih telah kasih pencerahan

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.