Question Hub, Apaan Sih? (Penjelasan Simple dan Cara Mendaftar)

KURAZONE ~ Halo sahabat Kurazer, di tahun 2020 ini Google telah meluncurkan Question Hub versi Beta yang diperuntukkan untuk Blogger maupun Jurnalis blog/web agar dapat meningkatkan performa kontennya sekaligus membantu Google Penelusuran dalam mengelola informasi untuk menemukan hasil yang paling relevan bagi setiap pengguna. Ini sebagai bukti bahwa Google juga memperhatikan peran Blog dalam menunjang hasil penelusuran. Google tentunya akan sangat menyukai peran Blog kita jika kita berpartisipasi didalamnya melalui Question Hub ini.

Sebagai seorang Blogger tentunya kalian akan menemukan notifikasi seperti dibawah ini saat kalian membuka akun Blogger, :
Hadirnya Question Hub sebenarnya sudah dikupas tuntas pada FAQ nya yang bisa kalian baca disini :

Namun, di grup Blogger Indonesia masih ada aja yang bertanya mengenai Question Hub itu apaan? Entah mereka belum buka situs Question Hub atau males nyari info di internet mengenai Question Hub :v.

Warga +62 memang lebih memilih bertanya di grup meski jawabannya sudah ada di internet. Yare~yare~, ya sudahlah. Di artikel kali ini saya hanya akan membahas penjelasan sederhananya saja agar mudah dimengerti serta bagaimana cara mendaftar di Question Hub. cekibrot...

PENJELASAN SIMPLE TENTANG QUESTION HUB

Adanya Question Hub ini telah memberikan informasi kepada kita bahwa mesin penelusur Google tidak selamanya bisa memberikan relevansi jawaban dari pertanyaan yang diajukan di mesin penelusur. Untuk itulah Google menghadirkan Question Hub sebagai tempat untuk mengumpulkan pertanyaan yang belum terjawab dan bagaimana cara pertanyaan dikumpulkan, serta bagaimana pertanyaan tersebut dijawab.

Simple nya gini, kalian nanya di Google : "Ketika dikhianati, kenapa hati ini sakit tapi gak berdarah?". Nah lho, pertanyaan ngeselin kayak gini gak bisa dijawab oleh Google. Untuk itulah Google meminta tolong kepada para Blogger maupun Jurnalis blog/web untuk membuat konten yang berisi jawaban dari pertanyaan yang diajukan tersebut.
Question Hub merupakan fitur yang memungkinkan kreator membuat konten yang lebih kaya dengan menggunakan pertanyaan belum terjawab. Question Hub mengumpulkan pertanyaan pengguna yang belum terjawab ini dan menampilkan pertanyaan tersebut kepada blogger, penulis, dan kreator konten seperti Anda.
Melalui Question Hub ini lah kalian akan menjumpai pertanyaan - pertanyaan ngeselin yang tak bisa dijawab oleh Google, seperti dibawah ini :
Mana saya tahu Bogeng :v Nanya kok aneh - aneh :v

Untuk mengetahui pertanyaan - pertanyaan yang tidak bisa dijawab ini tentunya kalian harus sudah terhubung dengan Question Hub. Berikut adalah cara menghubungkannya.

CARA DAFTAR QUESTION HUB

1. Daftar menggunakan email yang sudah terhubung dengan akun Google :
https://questionhub.google.com/signup?hl=id
2. Selanjutnya pilih Allow dan centang "Remember bla bla bla"
3. Pilih Blog mana saja yang akan kalian gunakan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan 
4. Pilih Bahasa Indonesia, kemudian Get Started
5. Selanjutnya masukkan kata kunci yang sesuai dengan niche blog kalian, dalam contoh kali ini saya menggunakan kata kunci "kamen rider". Setelah hasil pencariannya muncul, pilih ADD untuk mendapatkan pertanyaan - pertanyaan terkait kata kunci yang dicari.
6. Pilih Done
7. Setelah itu kalian akan melihat berbagai macam pertanyaan yang belum memiliki jawaban

Dari berbagai macam pertanyaan yang disediakan tersebut kalian bisa memilih pertanyaan mana dulu yang ingin kalian jawab. Cara menjawabnya adalah dengan membuat artikel terlebih dahulu di blog kalian sesuai dengan pertanyaan yang diajukan. Darisinilah PR kita, membuat konten sebagai pelengkap atas pertanyaan - pertanyaan tersebut.

Setelah artikelnya jadi, arahkan kursor ke pertanyaan tersebut. Nantinya akan muncul pilihan "Answer" dan "Dismiss". Pilih saja "Answer"
Selanjutnya masukkan URL artikel yang sudah kalian buat, lalu Submit
URL yang disubmit disini bisa berupa URL artikel blog ataupun URL video Youtube
Selanjutnya kalian bisa menyelesaikan semua pertanyaan yang diajukan atau menambah pertanyaan baru dengan kata kunci yang berbeda. Caranya adalah tinggal menambahkan Question melalui tombol "Add Questions" yang berada dipojok kiri atas panel.
Dari beberapa pertanyaan yang kalian peroleh nantinya, jangan heran jika menjumpai pertanyaan yang aneh, lucu, ambigu hingga ngeselin karena gak masuk akal.

Dibawah ini hanyalah contoh pertanyaan - pertanyaan gokil yang bikin ngelus dada :v

Dengan menciptakan konten - konten jawaban ini tentunya akan meningkatkan kinerja SEO On Page dan juga SEO Off Page, namun hal tersebut tidak menjadi jaminan konten kalian berada di peringkat teratas, karena pertanyaan - pertanyaan tersebut bukan hanya kalian saja yang akan membahasnya. Semua juga tergantung bagaimana kalian menempatkan kata kunci didalam artikel serta berapa banyak kompetitor yang membahas artikel yang sama.

Penjelasan lengkapnya bisa kalian baca pada halaman FAQ Question Hub :
https://questionhub.withgoogle.com/intl/id_id/faq/
Sedangkan untuk Cara Kerja dan Manfaat Question Hub bisa dilihat dihalaman berikut :
https://questionhub.withgoogle.com/intl/id_id/

Itulah informasi mengenai "Question Hub, Apaan Sih? (Penjelasan Simple dan Cara Mendaftar)", selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Goodluck!





Lebih baru Lebih lama