6 Kegiatan yang Bisa Dilakukan untuk Eksplorasi Anak Lebih Maju

KURAZONE ~ Eksplorasi adalah sebuah kegiatan dimana seseorang melakukan penjelajahan atau pencarian agar bisa menemukan sesuatu. Eksplorasi cukup banyak macamnya, salah satunya adalah eksplorasi anak usia dini demi tumbuh kembangnya yang lebih baik.

Cara bereksplorasi pada anak bisa dilakukan dengan melakukan berbagai kegiatan yang didalamnya terdapat edukasi dan juga bersifat permainan yang fun. Edukasi di sini lebih mengedepankan latihan gerakan seperti mendorong, menarik, berimajinasi, atau memperkenalkan bunyi.

Kegiatan Eksplorasi Anak untuk Tumbuh Kembangnya

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh anak untuk tumbuh kembangnya, tidak perlu alat yang mahal atau canggih, intinya anak tetap senang dalam melakukan hal-hal baru. Simak berikut ini.

1. Kegiatan Membedakan Suara

Eksplorasi adalah bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan membedakan suara bersama dengan anak yang didampingi orang tua. Ibu bisa merekam atau bisa juga meniru suara-suara hewan atau benda-benda yang ada disekitar. Lalu selanjutnya ibu bisa menyuruh anak menebak suara tadi. Hal ini sangat baik karena bisa melatih anak dari aspek kognisi.

2. Kegiatan Mengenal Alam

Kegiatan ini bisa dilakukan di luar rumah dengan memanfaatkan kebun belakang rumah atau pepohonan yang ada disekitar. Ibu bisa mengenalkan nama-nama hewan yang ada disekitar atau nama-nama pohon yang sesungguhnya. Kalau biasanya anak sering melihat hewan di televisi, kali ini anak diajak untuk berimajinasi secara langsung dengan hewan-hewan asli.

3. Kegiatan Mengenal Warna

Kegiatan ini cukup simpel namun harus dilakukan dengan cara-cara kreatif. Ibu harua memperkenalkan warna satu per satu pada anak agar anak tak jadi bingung. Setelah anak mengenal dan hapal satu warna, ibu bisa memperkenalkan warna berikutnya.

Lalu uji pengetahuan anak tentang warna dengan cara menebak warna benda-benda yang ada dirumah. Misalnya, ambil sebuah baju favorit anak dan suruh menebak apa warna dari baju tersebut. Jika jawabannya benar, anak tentu akan bangga bisa menebak barang kesayangannya.

4. Kegiatan Bermain Pasir

Eksplorasi adalah kegiatan untuk perkembangan anak, bisa dilakukan di luar rumah dengan bermain pasir. Namun bila ibu tinggal di daerah komplek yang susah untuk mencari wahana pasir, maha harus mempersiapkan gunung pasir mini dirumah.

Ibu persiapkan juga wahana khusus untuk bermain pasir, biarkan anak bereksplorasi terhadap pasir. Namun tetap awasi, karena bisa saja pasir ini masuk kedalam mulut anak dan jadi membahayakan kesehatannya.

5. Kegiatan Bermain Puzzle

Kegiatan satu ini juga tak kalah seru untum dilakukan. Ibu juga bisa semakin dekat dengan anak saat melakukan permainan ini. Pilih puzzle yang sederhana dan paling mudah untuk dicocokkan.

Bisa juga dengan memilih puzzle dengan warna-warna menarik dan mencolok agar anak merasa tertantang untuk melakukan kegiatan mencocokkan puzzle.

6. Kegiatan Bermain Lego Dan Balok

Selain bermain puzzle, ibu juga bisa mengajak anak untuk bermain lego atau balok. Untuk anak yang masih berusia 1 tahun, jika diberi permainan ini mungkin tidak akan langsung bisa menyusun lego. Yang ada, anak akan melempar-lempar lego atau menyusunnya untuk dirobohkan kembali.

Kegiatan eksplorasi adalah untuk tumbuh kembang anak agar lebih baik lagi. Dari ke-enam kegiatan di atas sangat berpengaruh pada anak dan tetap membuat anak tetap merasa fun walaupun sedang melakukan latihan.

Lakukan kegiatan tersebut secara bergantian agar anak tidak mudah bosan dan lebih mendapatkan banyak hal-hal baru saat melakukan kegiatan-kegiatan di atas. Selamat mencoba ibu!

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.

Lebih baru Lebih lama