Kebiasaan Menjaga Kebersihan Diri Ini Bisa Berefek Baik Buat Tubuh dan Kesehatanmu

Pilihan Editor :

Kebiasaan Menjaga Kebersihan Diri Ini Bisa Berefek Baik Buat Tubuh dan Kesehatanmu
KURAZONE ~ Kebersihan diri menjadi hal dasar yang sangat penting dalam membangun tubuh yang sehat. Aktivitas membersihkan diri ini perlu dilakukan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun. Ketika telah terbiasa dengan kondisi tubuh yang bersih, tentu anda akan merasa risih ketika ada kotoran yang menempel dan segera untuk membersihkannya. Karena kondisi tubuh seperti ini akan membuat diri sendiri dan orang disekitar merasa kurang nyaman.

Maka dari itu, anda sangat diwajibkan untuk memperhatikan kebiasaan membersihkan diri ini. Namun perlu diingat bahwa dalam melakukannya juga haruslah tepat dan tidak asal, agar bersih dari kotoran ataupun kuman dan penyakit. Karena faktanya, beberapa orang masih melakukannya dengan asal dan terburu. Bahkan tak jarang, ada orang yang mengesampingkan kebersihan ini lho. Oleh karenanya, kamu perlu tahu nih kebiasaan apa saja yang seharusnya dilakukan.

Kebiasaan Menjaga Kebersihan Diri yang Tepat

Dalam melakukan aktivitas rutin untuk kebersihan diri, beberapa kebiasaan ini nggak boleh lho kamu lewatkan.

1. Aktifitas Cuci Tangan Pakai Sabun

Aktifitas mencuci tangan saat ini memang tengah digalakkan, demi memutuskan rantai dan kuman penyebar penyakit. Karena tangan menjadi media yang paling bersentuhan dengan lingkungan, lalu dengan mudah menyebarkannya pada tubuh. Efeknya, anda bisa terhindar dari infeksi ataupun penyakit yang ditularkan oleh lingkungan lewat media tangan. Sebaiknya cucilah tangan secara tepat hingga ke sela sela jari menggaunakan air yang mengalir. Lakukan secara teratur tanpa menunggu terlihat kotor, karena kuman kuman kecil tidak akan terlihat dengan mata secara langsung.

2. Menyikat gigi 2x sehari

Menyikat gigi juga menjadi kebiasaan dalam menjaga kebersihan diri yang perlu kamu lakukan. Sikatlah gigimu 2x sehari, minimal 1 jam setelah makan dan sebelum tidur. Aktifitas ini dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut, mencegah gangguan dan kerusakan, bau mulut, ataupun masalah kesehatan mulut lainnya.

3. Jaga kesehatan rambut dan kulit kepala

Kebersihan rambut dan kulit kepala, merupakan kebiasaan yang seringkali dilewatkan. Meski kegiatan keramas dilakukan secara rutin, tapi beberapa orang tidak terlalu memperhatikan kebersihannya saat keramas. Dalam menjaga kebersihannya, sebaiknya pastikan bahwa shampo sudah merata ke seluruh rambut dan kulit kepala.

Jangan lupa untuk membilasnya hingga bersih agar tidak ada sisa shampo yang akan membuat kulit kepala gatal, berketombe, serta menyebabkan rambut rontok. Keramaslah secara rutin 2 atau 3 kali seminggu agar kotoran tidak terlalu banyak menempel.

4. Menjaga kebersihan kuku

Kuku yang panjang sering dijadikan sarang kuman atau bakteri penyakit. Maka dari itu, hindari menggigit kuku dan segera potonglah ketika sudah mulai panjang. Saat mencuci tangan, kamu juga bisa sesekali menyikat kuku dengan sikat halus dan air sabun.

5. Memperhatikan kebersihan kaki

Apakah kakimu terbungkus kaos kaki selama seharian? Kondisi ini bisa membuat kakimu dihinggapi banyak bakteri dan kuman penyakit loh. Terlebih jika kakimu kakimu dalam keadaan basah, bisa saja muncul bau kaki. Makanya, sering seringlah cuci kaki dan buka kaos kakimu ketika terasa basah. Dan yang terpenting, jangan malas buat ganti kaos kaki!

6. Mandi 2x sehari

Ketika musim panas dan badan berkeringat, kamu perlu mandi setidaknya 2x sehari. Bahkan kamu bisa loh mandi 3x sehari saat pagi, siang, dan sore hari agar senantiasa bersih dan terhindar dari bau badan.

7. Perhatikan kebersihan pakaian

Kebersihan pakaian juga harus kamu perhatikan, karena akan menempel di kulitmu sepanjang hari. Cucilah bajumu menggunakan sabun khusus, serta jemur di bawah panas matahari hingga kering. Kebiasaan ini akan membunuh kuman penyakit yang ada dibajumu.

Nah, itulah tadi 7 kebiasaan menjaga kebersihan diri yang harus kamu lakukan secara tepat. Dengan begini, kamu akan merasa nyaman dan tubuhmu tidak akan gampang sakit. Makanya, jangan malas ya buat membersihkan diri!
BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.