Fungsi Ball Bearing yang Tidak Diketahui


KURAZONE ~ Ada yang pernah dengar apa itu Bearing ? Apa yang terlintas di fikiran kalian tentang ball bearing ? Dalam Bahasa Indonesia Ball Bearing bisa diartikan sebagai bantalan atau lahar. Jika kalian adalah seorang mekanik tidak asing dengan istilah “Bearing” karena merupakan sebuah elemen atau kompenen dalam mesin yang selalu bergerak berputar agar menjaga porosnya.

Ball Bearing ini lahar yang sudah banyak merknya di pasar industri. Mempunyai ukuran yang sangat beragam dari ukuran kecil hingga besar. Memiliki fungsi sebagai poros dalam kendaraan agar selalu berputar dalam sumbunya. Menjadi Benteng untuk menghalang gesekan keras agar tidak terjadi kerusakan pada mesin kendaraan. Hal yang jarang diketahui adalah fungsi ball bearing sebagia peran penting dalam industry mesin, elektronik hingga kebutuhan rumah tangga.
Dalam kendaraan yang besar didalamnya ada peran ball bearing yang berukuran besar juga. Sedangkan ball bearing yang kecil biasanya digunakan untuk membuat spinner, mainan anak dan masih banyak lagi. Selain Ball Bearing, masih banyak lagi jenis bearing lain yang memiliki 6 jenis. Yuk kita simak fungsi bearing yang tidak diketahui dan macam macamnya :

1. Ball Bearing

Ball bearing ini termasuk jenis bearing yang paling sering digunakan para otomotif ataupun mekanik yang biasanya digunakan sebagai alat mesin. Alat-alat rumah tangga seperti roda lemari, roda pagar, kipas angin merupakan hasil dari ball bearing.

2. Magnetic Bearing

Berbeda dengan Ball Bearing, Bearing modern yang paling canggih dengan daya kerja serta putaran yang tinggi disebut magnetic bearing. Berguna untuk perangan tertentu saja seperti flywheel. Magnetic bearing ini tentu saja mengandalkan magnetic untuk dapat terapung dengan putaran kecepatan lebih dari 50rb rpm.

3. Roller Bearing

Selanjutnya Roller Bearing yang berbentuk seperti silinder yang memiliki kinerja kontak bagian dalam ataupun bagian luar berbeda dengan ball bearing yang sudah umumnya. Roller bearing ini memiliki titik tumpu yang lebih lebar dari satu titik, maka tumpukan kekuatan pada beban juga lebih besar.

4. Tapered Roller Bearing

Walaupun memiliki nama yang sama, Tapered Roller Bearing memiliki perbedaan dengan roller bearing. Tapered Roller Bearing merupakan komponen yang digunakan untuk melengkapi kelengkapan otomotif kendaran bermobil. Salah satu jenis bearing automotive equipment yang biasa dipakai pada tromol mobil, yang dimana roller bearing punya dua bagian yang bersebrangan arah.

5. Ball Thrust Bearing

Ball Thrust Bearing merupakan bearing automotive yang sudah berbentuk khusus dan kegunaan pada bearing tersebut hanya pada rotasi gerak rendah. Bearing ini juga memiliki ciri khas tidak dapat menahan beban barat, jadi hanya bisa digunakan pada meja makan model putar,kursi,lemari dan peralatan rumah tangga yang memiliki beban rendah.

6. Roller Thrust Bearing

Berbeda dengan ball thrust bearing yang memiliki kelemahan tidak bisa menahan beban barat. Roll Thrust Bearing ini merupakan bearing yang sanggup menahan beban yang sangat berat, biasanya digunakan pada gear set kereta dan mobil box. Gigi Matahari contoh dari roller thrust bearing didalamnya memiliki transmisi mobil yang sangat juga sangat membutuhkan macam bearing ini.

Nah, ketika kita sudah tau fungsi fungsi dari bearing ini, kalian juga harus memilih dimana membeli ball bearing yang murah tapi bagus. Bisa cek di logam-makmur.com tempat tersedia berbagai macam bearing yang kalian butuhkan dengan kualitas yang sangat bagus.


Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.

Lebih baru Lebih lama