Jangan Sepelekan 7 Penyebab Gusi Berdarah Berikut Ini!


KURAZONE ~ Saat sedang menyikat gigi, pernahkah Anda mengalami gusi berdarah? Mungkin Anda terlalu keras saat menyikat gigi sehingga menyebabkan gusi mengalami luka dan berdarah. Sebenarnya, hal tersebut tidak hanya terjadi ketika Anda menyikat gigi terlalu keras. Gusi yang berdarah juga bisa menjadi suatu tanda penyakit yang terdapat pada gusi. Misalnya saja diabetes, kekurangan vitamin atau lainnya. Apabila Anda mengetahui penyebab gusi berdarah, maka tentu hal ini dapat segera diatasi dengan lebih cepat.

7 Penyebab Gusi Berdarah

1. Adanya Karang Gigi

Salah satu penyebab gusi berdarah adalah adanya karang gigi yang disebabkan plak menumpuk dan mengeras. Pada karang gigi tersebut terjadi penumpukan bakteri yang bisa menyebabkan gusi meradang. Akibatnya, gusi jadi membengkak dan kemerahan. Jika seperti itu, gusi jadi lebih mudah berdarah terutama saat Anda menyikat gigi. 

2. Mengalami Periodontitis 

Jika radang gusi tidak segera Anda atasi, maka jaringan pendukung gigi lainnya bisa terkena dampaknya yaitu resiko periodontitis. Periodentitis merupakan infeksi serta peradangan gusi yang mampu merusak jaringan lunak dan juga tulang penyangga gigi. Anda akan mengalami gusi yang berdarah dengan sendirinya, meskipun tidak sedang melakukan aktivitas apapun. Pada kondisi yang parah, gigi bisa lepas dengan sendirinya. 

3. Tubuh Kurang Vitamin C 

Seperti yang telah kita ketahui, manfaat vitamin C ada banyak sekali untuk tubuh, salah satunya memperbaiki kerusakan serta membantu jaringan tubuh berkembang. Vitamin C berperan dalam tahap penyembuhan luka serta menguatkan tulang dan gigi. Jika tubuh Anda kekurangan vitamin C, maka Anda akan mengalami beberapa hal seperti gusi yang membengkak serta gusi mudah berdarah. 

4. Tubuh kekurangan Vitamin K 

Jika Anda kekurangan vitamin K, maka gusi dapat mengalami pendarahan cukup banyak. Vitamin K berperan dalam proses penggumpalan darah serta menghentikan terjadinya pendarahan. Maka, apabila Anda mengalami kekurangan vitamin K bisa menjadi penyebab gusi berdarah. 

5. Penyakit Diabetes 

Penyakit diabetes rupanya bisa menjadi penyebab gusi berdarah. Hal tersebut menjadi tanda-tanda diabates tipe 1 & 2 yang perlu Anda sadari. Apabila si penderita tidak dapat melawan bakteri atau kuman tersebut, maka dapat menyebabkan banyak gangguan seperti radang gusi. Jika kadar gula darah dalam tubuh tinggi, tubuh jadi lebih sulit mengalami kesembuhan jika terluka. Maka dari itu, kemungkinan gusi memburuk jadi semakin tinggi. 

6. Perubahan Hormon Ketika Hamil 

Apabila Anda tengah hamil, bisa jadi Anda kerap mengalami radang gusi. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon sehingga bakteri lebih mudah berkembang biak pada rongga mulut. Meskipun Anda memiliki kondisi rongga mulut yang baik, tetap saja bisa terkena radang gusi. 

7. Menyikat Gigi dengan Cara yang Salah 

Sebagian orang mengira bahwa cara menyikat gigi yang benar adalah dengan gerakan yang cepat. Padahal cara tersebut malah bisa membuat gigi terkikis serta mampu merusak gusi Anda. Maka, perhatikan cara menyikat gigi yang benar. Bukan dari arah kiri ke kanan ataupun sebaliknya, melainkan menyikat dari gusi ke gigi. Gunakan bulu sikat yang halus. Sebab memakai bulu sikat yang kasar atau keras juga berpotensi melukai gusi hingga jadi penyebab gusi berdarah. 

Nah itu tadi 7 penyebab gusi berdarah yang perlu Anda ketahui. Sebaiknya rajnlah menggosok gigi dengan benar untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Serta melakukan pemeriksaan gigi ke dokter agar kebersihan mulut dan gigi senantiasa terjaga.


Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.

Lebih baru Lebih lama