5 Olahan Masakan Daging Khas Nusantara Ini Layak Anda Cicipi


KURAZONE ~ Tentu rata-rata orang Indonesia menyukai yang namanya olahan daging. Karena daging dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh selain rasanya enak. Apalagi Indonesia yang kaya akan kuliner nusantara sangat mengerti cara mengolah masakan daging yang enak. 

Olahan Masakan Daging Khas Nusantara Ini Layak Anda Cicipi 

Beberapa daerah di Indonesia, punya cara terbaik untuk mengolah daging. Tentu anda sudah tahu bagaimana lezatnya rendang daging khas Padang. Makanan yang cukup sering muncul di berbagai daerah ah dan jadi menu utama warung nasi Padang. Selain dibuat rendang olahan masakan daging bisa jadi apa saja ya? Simak berikut ini. 

1. Selat Solo 

Selat solo adalah makanan khas dari kota solo yang juga disebut sebagai steak ala Indonesia. Dahulu kala makanan hanya dimakan oleh para raja saja karena rakyat tidak mampu membeli daging dan mengolahnya. Selat solo dimasak dengan daging sapi yang direbus menggunakan kuah encer lalu ditambah dengan berbagai rempah. 

Untuk penyajian makanan ini juga khas,yaitu dengan telur rebus dan sayur-sayuran seperti buncis, kentang, kol, wortel dan masih banyak lagi. Penamaan selat ini berasal dari kata salad. Namun orang Jawa sulit untuk mengucapkan nama tersebut jadi dirombak menjadi kata selat solo. 

2. Rawon 

Olahan masakan daging yang cukup terkenal di Jawa Timur yaitu rawon. Jika dilihat tampilannya juga mirip dengan semur tapi tentu memiliki ciri khas rasa yang berbeda. Penyajian rawan terdiri dari potongan daging dan kuah berwarna hitam. 

Hitam kuahnya ini berasal dari biji keluak yang dimasak dengan rempah-rempah dan menghasilkan aroma yang sangat bikin kelaparan. Biasanya rawon disajikan dengan nasi dan tak lupa menggunakan tauge agar rasanya semakin sempurna. kini banyak juga yang membuat masakan ini di rumah dengan bantuan resep yang ada di internet. Salah satunya Anda bisa menemukan resep masakan rinaresep.com untuk panduan Anda memasak 

3. Empal Gentong 

Kalau masakan satu ini asalnya dari Cirebon yaitu empal gentong. Terbuat dari empal yang merupakan daging dengan campuran lemak seperti bagian usus babat atau has dalam. Empal ini masih dimasak dengan cara tradisional yaitu menggunakan kayu bakar menggunakan gentong dari tanah liat. 

Salah satu ciri khas mengapa empal gentong enak adalah wadah tanah liatnya. Semakin lama wadah tersebut digunakan maka rasa kuahnya biasanya semakin enak. 

4. Semur Daging 

Semur daging salah satu yang diminati banyak orang karena dari segi pengolahannya tidak terlalu sulit. Daging direbus terlebih dahulu dengan tomat dan bawang lalu diolah ah dengan kuah berwarna coklat pekat dan menggunakan kecap manis. Biasanya tiap daerah punya cara tersendiri untuk mengolah daging semur. Kecap manis pada daging semur, menjadi daya tarik utama untuk menguatkan cita rasa dari masakan ini. 

5. Terik Daging 

Masih dari kota solo, ada juga masakan daging sapi khas Jawa yaitu terik daging. Bahan baku utamanya yaitu daging sapi has dalam. Untuk cita rasanya gurih hingga ke bagian dalam serat-serat daging Jika dilihat tampilannya mirip dengan opor. Namun bedanya terik daging ini lebih kental kuahnya dan juga lebih banyak bumbu. 

Terik daging juga sering disebut mirip rendang tapi rasanya lebih manis dan potongan dagingnya cenderung lebih kecil. Untuk cara penyajiannya yaitu disandingkan dengan masakan yang tidak menggunakan banyak bumbu seperti sayur bening. 

Demikian beberapa masakan daging yang bisa jadi rekomendasi untuk Anda. Anda bisa mendapatkan menu masakan di atas dengan cara membelinya atau mencoba membuat sendiri. Apalagi bagi yang suka bereksperimen dengan resep masakan, untuk mengolah daging jadi sebuah tantangan seru. 



Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.

Lebih baru Lebih lama