Apa Itu Conditioner, Manfaat Conditioner dan Kapan Menggunakan Conditioner?

This content uses Indonesian, please change to your language by pressing the translate button below.
Thank you for your visit.

KURAZONE ~ Ternyata masih banyak sekali masyarakat yang kurang jeli atau bahkan keliru tentang perbedaan shampoo dan kondisioner, jika dilihat dari segi bentuknya memang hampir sama, dari tempat/kemana nantinya digunakan juga sama-sama untuk rambut. Namun dari segi tekstur dan bahannya pun berbeda. Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami sampaikan lebih jelas lagi mengenai Apa Itu Conditioner, Manfaat Conditioner dan Kapan Menggunakan Conditioner?

Apa Itu Kondisioner?

Kondisioner rambut adalah produk perawatan rambut yang digunakan untuk meningkatkan rasa, penampilan, dan pengelolaan rambut. Tujuan utamanya adalah untuk mengurangi gesekan antar helai rambut agar menyikat atau menyisir dengan lebih halus, yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit kepala.
Simplenya : Kondisioner adalah produk rambut yang dapat secara instan melembapkan folikel rambut, sehingga dalam pemakaian rutin, rambut akan terasa lebih halus dan tidak kusut.

Manfaat Menggunakan Kondisioner?

Kondisionar dibuat dan digunakan bukan tanpa alasan, beragam manfaat conditioner yang bisa diperoleh diantaranya adalah sebagai berikut :

Melindungi rambut dari berbagai macam masalah.

Kandungan yang terdapat pada kondisioner bisa melindungi sang rambut dari berbagai macam masalah dan bahaya agar tetap sehat. Lapisan kondisioner akan selalu menempel pada bagian rambut. Jadi, ketika melakukan perawatan rambut menggunakan alat panas, maka kondisioner akan melindungi rambut dari panas yang berlebihan, fungsinya ini hampir sama seperti saat menggunakan heat protectant.

Kondisioner juga bisa tetap menjaga kelembutan dan wangi rambut walaupun rambut terkena berbagai macam debu, kotoran, dan angin. Kondisioner juga menjaga rambut saat terkena terpaan sinar matahari yang terkenal bisa merusak rambut.

Menjadi pengganti hair mask

Perbedaan mendasar antara kondisioner dan hair mask hanya pada bahan aktifnya saja. Kalau kamu menggunakan hair mask, manfaatnya bisa langsung terasa setelah selesai membilas rambut. 

Namun kalau memakai kondisioner, rambut akan tetap terjaga dan terawat dalam jangka waktu yang panjang. Asal pastikan untuk menggunakannya setiap kali keramas untuk hasil yang maksimal. Jadi daripada buang uang lagi, lebih baik simpan uangmu untuk membeli keperluan lain daripada hair mask.

Membuat rambut kusut menjadi lebih halus.

Kamu bisa membuktikannya sendiri di rumah. Caranya, coba keramas tanpa menggunakan kondisioner dan sisir rambut saat basah dan kering. Lalu saat keramas selanjutnya, coba gunakan kondisioner dan sisir rambut saat basah serta saat kering. 

Hasilnya, rambut yang diberi kondisioner pasti akan jauh lebih mudah disisir dan jarang kusut dibandingkan yang tidak diberi kondisioner. Hal ini karena konditioner memang berguna untuk melembutkan, melembapkan, dan menghaluskan rambut.

Melembapkan rambut agar selalu terhidrasi.

Kondisioner diproduksi untuk membuat rambut terasa lembut dan lembap. Hal ini bisa terjadi karena kondisioner akan mengurangi tingkat porositas rambut. Kalau tingkat porositas rambut tinggi, artinya rambut lebih gampang menyerap semua produk perawatan yang merusak rambut.

Tidak hanya itu, kondisioner juga akan memberi kelembapan, sekaligus menjaga kelembapan tersebut dalam waktu yang lama, sehingga rambut tidak mudah kering. Tapi yang perlu diketahui, rambut yang berminyak juga butuh kelembapan rambut, sehingga kulit kepala tidak memproduksi makin banyak minyak alami

Menjadikan rambut terlihat lebih bercahaya/mengkilap

Ternyata ada kandungan minyak yang ada di dalam kondisioner. Minyak tersebut selain bisa melembutkan dan melembapkan helaian rambut, juga ampuh meningkatkan tampilan rambut berkali-kali lipat. 

Hal yang paling utama adalah minyak pada kondisioner bisa meningkatkan tampilan rambut menjadi lebih bersinar dan berkilau alami. Minyak tersebut masuk ke dalam setiap kutikula rambut, sehingga saat ada pantulan cahaya yang rambut semakin bersinar alami.

Kapan Menggunakan Kondisioner?

Penggunaan kondisioner yang tepat adalah dilakukan setelah membilas shampoo, kemudian buanglah sisa kelebihan air pada rambut dengan meremas lembut rambut yang basah, atau tepuk-tepuklah rambut dengan handuk kering. Selanjutnya gunakanlah kondisioner hanya setengah bagian rambut, lalu diamkan selama maksimal 3 menit, kemudian bilas sampai bersih.
Banyak produk yang menyarankan supaya memakai kondisioner dilakukan setelah menggunakan shampoo. Hal ini karena shampoo biasanya membuat rambut menjadi lebih kering. Sehingga, dengan menggunakan kondisioner setelah shampoo, maka kelembaban rambut Anda akan terjaga kembali lagi.

Lalu, apakah penggunaan kondisioner ini harus dilakukan setiap hari?

Kondisioner memang sangat baik untuk merawat rambut agar tetap sehat. Namun bila Anda memiliki jenis rambut normal dan tidak terlalu kering, jangan terlalu banyak memakai kondisioner, dan tidak perlu terlalu lama saat mengaplikasikannya. Sebagian orang mengatakan bahwa kondisioner tidak baik bila dipakai setiap hari.

Dikarenakan keramas yang konstan dapat mengeringkan rambut Anda saat menggunakan kondisioner untuk membersihkan rambut dan akan menjaga rambut cukup lembab. Maka, untuk hasil yang memuaskan gunakanlah kondisioner ini selama seminggu sekali.

Itulah informasi mengenai "Apa Itu Kondisioner? Untuk Apa? Dan Kapan Pakainya?", selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Goodluck!




Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.

Lebih baru Lebih lama