Cara Mendapatkan E-Sertifikat Gratis dari Webinar di Live Youtube (Tanpa Daftar ke Panitia Webinar)

This content uses Indonesian, please change to your language by pressing the translate button below.
Thank you for your visit.

KURAZONE ~ Halo sahabat Kurazer, di artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan cara mendapatkan E-Sertifikat gratis melalui Zoom dan Live Youtube, dan tentunya kalian harus daftar ke Panitia Webinar dulu untuk bisa mengikutinya.
Nah, pada kesempatan kali ini saya bagikan yang TANPA DAFTAR ke Panitia Webinar  dulu , tapi bisa mendapatkan E-Sertifikat secara GRATIS via Live Youtube. cekidot..

Cara Mendapatkan E-Sertifikat Gratis dari Webinar di Live Youtube (Tanpa Daftar ke Panitia Webinar)

1. Buka Youtube via PC atau Mobile
2. Ketik keyword "webinar" dalam kolom pencarian
3. Klik pengaturan filter, lalu pilih fitur LIVE

4. Pilih salah satu video dari daftar video webinar yang berlangsung
5. Lihat bagian kolom Live Chat nya dan scroll keatas untuk mendapatkan info link Presensi Kehadiran atau link Evaluasi

Contoh Link Presensi dan Link Evaluasi yang dibagikan oleh Panitia

Contoh link presensi pada salah satu webinar
Contoh link presensi dan evaluasi yang dijadikan 1 pada salah satu webinar
Contoh link materi, presensi dan evaluasi yang dijadikan 1 pada salah satu webinar

6. Jika sudah mendapatkan linknya, tinggal diklik aja, trus diisi sesuai biodata.

Note : Perlu diketahui bahwa link presensi dan link evaluasi biasanya dibagikan pada saat sesi akhir webinar alias webinar akan berakhir. Lalu bagaimana caranya agar kita mendapatkan link presensi / evaluasi tersebut? Maka dari itu perlu diketahui ciri-ciri webinar yang akan berakhir.

Cara mengetahui ciri-ciri webinar yang akan berakhir

  1. Video webinar sudah memasuki sesi QnA
  2. Video webinar sudah memasuki sesi Foto Bersama
  3. Video webinar sudah memasuki sesi Salam Perpisahan / Penutup
  4. Video webinar menampilkan barcode atau link Presensi / Evaluasi / Materi
  5. Live Chat berisikan ucapan : terimakasih, dari panitia atau para peserta
Jika sudah memasuki salah satu ciri-ciri diatas, maka biasanya link akan diberikan melalui kolom live chat. Jika link belum dibagikan, maka berkomentarlah : Link presensi atau evaluasinya mana min?, Jika link presensi / evaluasinya tidak juga dibagikan, maka fix : panitia lupa ngasih :v

Selanjutnya jika sudah mengisi form presensi / evaluasi, maka E-Sertifikat akan dirikim ke email yang kalian masukkan pada form presensi / evaluasi

TUJUAN

Dari cara yang sudah saya sampaikan diatas, kalian bisa menggunakannya berdasarkan tujuan kalian, diantaranya adalah :
1. Untuk mendapatkan E-Sertifikat saja tanpa Ilmu yang disampaikan dari webinarnya
2. Untuk mendapatkan E-Sertifikat + Ilmu yang disampaikan dari webinarnya

Tujuan 1 : Dapat E-Sertifikat saja TANPA ILMU

Setelah mendapatkan link presensi / evaluasi dan mengisinya, maka cari video webinar lain yang masih Live dan scroll-scroll Live Chat nya untuk mendapatkan link presensi / evaluasi. Jika sudah dapat link presensi / evaluasi lagi maka isi sampai selesai dan cari video lagi. Lakukan terus-menerus sampai capek.

Melalui cara ini kalian bisa mendapatkan 10 E-Sertifikat sekaligus (bahkan lebih) dalam sehari (08:00 s/d 21:00 WIB), namun perlu digaris bawahi bahwa selain mendapatkan E-Sertifikat ada hal yang lebih penting lagi, yaitu ILMU dari webinar tersebut. Rasanya kurang lengkap jika mendapatkan E-Sertifikat saja tapi tidak disertai dengan ILMU-nya. 

Dari tujuan nomor 1 ini gak rekomen bangets sih, karena kita gak dapat ilmunya, cuma dapat E-Sertifikat doank.

Tujuan 2 : Dapat E-Sertifikat + ILMU

Sama seperti tujuan nomor 1 namun untuk ilmunya, kalian bisa mengunduh materinya melalui link yang dibagikan oleh panitia di kolom live chat lalu pelajari materinya secara mandiri. Atau jika sesi webinar sudah berakhir, kalian bisa menonton ulang webinarnya di lain waktu. Sehingga kalian mendapatkan E-Sertifikat + Ilmunya.

Tujuan yang nomor 2 ini lebih rekomen bangets, karena manfaat mengikuti webinar bisa terasa banget. Mulai dari pemaparan yang disampaikan oleh Narasumber, penjelasan tambahan yang tidak tertulis pada materi, serta bentuk-bentuk contoh infografis yang ditampilkan diluar materi.
Nah, setelah mengetahui cara ini, tinggal tujuan kalian apa nih. Tujuan nomor 1 atau nomor 2?.

CARA INI GAGAL ALIAS ZONK APABILA :

  1. Pada form presensi / evaluasi ada keterangan : nama, email dan nomor harus sesuai dengan biodata saat mendaftar.
  2. Ada keterangan : Syarat mendapatkan E-Sertifikat harus sudah mengisi Form presensi / evaluasi pada webinar di sesi sebelumnya atau mengikuti semua sesi. Biasanya form yang seperti ini digunakan pada webinar series. Misalnya ada webinar sesi 1 dan sesi 2, nanti E-Sertifikatnya ada 2 sekaligus atau cuma 1 E-Sertifikat dengan 2 topik/tanggal berbeda didalam E-Sertifikat tersebut (tergantung panitianya bikin E-sertifikatnya gimana). Jadi, kalo kalian cuma mengikuti yang kedua (tidak ikut webinar sesi 1) maka gak akan dapat E-Sertifikat.
  3. Form presensi ternyata terbagi menjadi 2, yaitu presensi awal dan presensi akhir. Jika kalian hanya mengisi salah satunya saja, maka sudah dipastikan kalian tidak akan mendapatkan E-Sertifikat. Jikalau kalian cuma mengisi presensi akhir dan minta link presensi awal maka biasanya panitia akan menjawab : maaf, presensi awal sudah kami tutup
  4. Form presensi / evaluasi ternyata untuk member atau anggotanya saja, sebagai contoh seperti dikhususkan untuk mahasiswa atau member yang bersangkutan. Model form seperti ini biasanya harus mengisi NIM, Nomor ID / Agen / Keanggotaan dan memilih Jurusan atau Cabang mana. Sehingga webinar yang menyediakan form seperti ini menandakan bahwa E-Sertifikatnya bukan untuk umum. 
  5. Form presensi / evaluasi ternyata cuma dibagikan kepada peserta yang terdaftar dan mengikuti webinar via zoom saja.
  6. Webinar tidak memberikan fasilitas E-Sertifikat, untuk mencegah zonk yang satu ini kalian bisa bertanya di kolom live chat : ada e-sertifikat gak? atau dapat e-sertifikat kah?, jika panitia membalas : mohon maaf, tidak tersedia e-sertifikat. Maka, kalian pindah ke webinar lain saja. Karena percuma saja kalian tonton hingga kelar tapi gak dapat e-sertifikat, kecuali kalo kalian ingin dapat ilmunya, its OK.
  7. Form presensi / evaluasi ternyata dari webinar berbayar. Dalam form ini biasanya akan ada kolom untuk mengirim Screenshot bukti pembayaran
  8. Harus menyertakan Screenshot sudah bergabung di grup Webinar. Nah, ini sudah zonk banget kalo ada form yang mengharuskan kita untuk ngirim Screenshot grup. Tapi sangat jarang banget sih ada form presensi / evaluasi yang kayak gini.
  9. Telat ngisi. Biasanya panitia memberikan jangka waktu untuk mengisi form presensi / evaluasinya, kalau kalian terlambat mengisi ya-sudah jelas gak bakal dapat E-Sertifikat.
  10. Dan hal unik lain dari kreatifitas panitia yang dibenamkan pada form presensi / evaluasi untuk mengantisipasi adanya peserta gratisan yang gak daftar tapi nafsuan sama E-Sertifikat :v, 

Perbedaan Link Presensi dan Link Evaluasi

  1. Link Presensi itu sama halnya seperti absensi kehadiran, biasanya cuma ngisi Nama, Email, Nomor HP, Alamat rumah dan Institusi.
  2. Link Evaluasi itu sama halnya seperti kuesioner, biasanya meminta pendapat dari peserta tentang webinar yang sudah dilaksanakan tersebut, beberapa pilihan seperti kuis yang harus diisi, serta meminta kritik dan saran.

Trik dari Panitia Webinar biasanya begini :

  1. Untuk mendapatkan E-Sertifikat, biasanya panitia memberikan syarat harus mengisi Link Presensi di awal acara, lalu Link Evaluasi harus diisi peserta di akhir acara, sehingga untuk mendapatkan E-Sertifikat tersebut peserta harus menyimak dari awal hingga akhir. Karena panitia webinar pun membagikan link nya sesuai jadwal.
  2. Ada pula panitia yang menggabungkan link presensi dan link evaluasi menjadi 1 link (seperti gambar diatas tadi) yang dibagikan di akhir acara. Nah, hal yang kayak gini yang disukai pemburu E-Sertifikat gratisan :v, baru datang eh udah dapat link presensi+evaluasi. Gokil

KOLEKSI E-SERTIFIKAT

Koleksi E-Sertifikat yang diperoleh hanya dalam waktu 10 hari

Itulah informasi mengenai "Cara Mendapatkan E-Sertifikat Gratis dari Webinar di Live Youtube (Tanpa Daftar ke Panitia Webinar)", selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Goodluck!




Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.

Lebih baru Lebih lama