Cara Melihat Laporan Isu Hoaks atau Data Hoaks Terbaru dari KOMINFO


KURAZONE ~ Di Indonesia sangat banyak terjadi kasus penyebaran berita hoax ( kebohongan atau kebencian) baik itu sesama suku, ras, dan agama maupun yang berbeda. yang menyebabkan perpecahan antara si penyebar hoax dengan yang bersangkutan maupun kalangan lain. tak hanya merugikan korban penyebaran hoax, si pelaku juga mengalami kerugian yaitu dari segi reputasi yang ia miliki.

Menurut KBBI, Hoaks mengandung makna berita bohong, berita tidak bersumber. Menurut Silverman (2015), hoaks merupakan sebagai rangkaian informasi yang memang sengaja disesatkan, tetapi "dijual" sebagai kebenaran.

Setiap berita hoax yang menyebar, sangat mudah sekali diterima oleh kalangan masyarakat terlebih lagi penyebaran berita hoax tersebut muncul dari media sosial. semakin banyak yang membaca berita hoax, maka semakin banyak juga yang ikut membagikan berita hoax tersebut tanpa mengklaim kebenaran berita tersebut.

Agar tidak ikutan tersesat akibat berita hoaks, maka kita perlu mengetahui berita mana saja yang saat ini sudah diklaim oleh KOMINFO sebagai Berita HOAKS atau DISINFORMASI.

Cara Melihat Laporan Isu Hoaks atau Data Hoaks Terbaru dari KOMINFO

1. Kunjungi situs KOMINFO
2. Pilih data Hoaks berdasarkan Harian atau Bulanan
3. Lihat atau Unduh File PDFnya

Dalam file tersebut kalian akan mendapatkan berita sebenarnya dari kabar yang sempat menghebohkan dunia maya, sumber kebenaran juga tercantum dalam file tersebut.

CONTOH BERITA HOAKS DAN DISINFORMASI

Salah satu contoh Berita Hoaks

Salah satu contoh Berita Disinformasi

Dengan hadirnya Laporan Isu Hoaks ini kita menjadi tahu bahwa Indonesia sangat rawan dengan penyebaran berita palsu. Sehingga sebagai masyarakat Indonesia yang berwawasan, alangkah baiknya memilih dan memilah berita mana saja yang sebaiknya disebar maupun yang tidak disebar.

Thanks to KOMINFO

Itulah informasi mengenai "Cara Melihat Laporan Isu Hoaks atau Data Hoaks Terbaru dari KOMINFO". Semoga bermanfaat.





Lebih baru Lebih lama