Langkah Para Blogger dalam Mengubah Indonesia Menjadi Lebih Baik

This content uses Indonesian, please change to your language by pressing the translate button below.
Thank you for your visit.

KURAZONE ~ Halo sahabat Kurazer, pada kesempatan kali ini admin tidak sedang membahas tutorial tentang script HTML atau CSS. Tapi mengenai beberapa hal yang mungkin belum pernah dibahas sebelumnya. Yaitu "Langkah Para Blogger dalam Mengubah Indonesia Menjadi Lebih Baik". Artikel ini saya tulis supaya sahabat Kurazer di rumah bisa mengetahui bahwa kehadiran Para Blogger di Indonesia ini bisa memberikan perubahan pada Indonesia, baik dalam segi individual maupun kelompok.

Kehadiran Blogger Indonesia sudah sangat banyak sekali jumlahnya, baik Blogger yang rajin maupun Blogger yang (ehemb) pemalas. Diantara jumlah Blogger yang banyak tersebut pastinya ada yang memberikan dampak positif maupun dampak negatif. Nah, supaya para Blogger ini dapat mengubah Indonesia menjadi lebih baik, maka kita (terutama yang sebagai Blogger) sebaiknya selalu memberikan hal-hal yang berdampak positif, apa saja sih dampak positif tersebut?

#1 Berhenti Membagikan Konten / Berita Hoax

Semenjak munculnya istilah baru bernama Nomophobia, orang-orang sering menghabiskan waktunya dengan bermain smartphone dan menundukkan kepala. Apa yang dibuka pada smartphone tersebut diantaranya bisa berupa main game, chat sosmed, youtube-an dan membaca berita.
Note : Nomofobia (bahasa Inggris: Nomophobia, no-mobile-phone phobia) adalah suatu sindrom ketakutan jika tidak mempunyai telepon genggam (atau akses ke telepon genggam). Lebih dari separuh orang yang terindikasi sebagai nomofobia tidak pernah mematikan telepon genggam mereka. sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Nomofobia
Salah satu yang sering menjadi sasaran dalam penyebaran berita hoax ini adalah sosial media dan halaman blog yang gitu-gitu aja (alias amvas dan samvah). Tak jarang kita akan menjumpai akun yang suka menyebarkan berita hoax, status pansos, adu debat dan mancing emosi di grup sosial media yang kita ikuti, contohnya grup Facebook.

Sebagai Blogger yang baik hati dan suka menabung, tentunya kita tidak perlu terpancing oleh spammer yang model kayak gitu. Kita itu adalah Blogger yang SMART lho, tak perlu mentah-mentah menerima berita hoax yang seperti itu. Kita kaji terlebih dahulu berita tersebut, telusuri sebab akibatnya, jangan asal share ulang, dan tidak perlu berlagak sebagai penyebar berita yang uptodate.

Jika uptodate nya positif dan sesuai dengan fakta yang sebenarnya, itu sih gak masalah. Tapi tapi tapi ... jika uptodate nya negatif, gimana coba? Gambarannya seperti video dibawah ini :


Yapzz.. dari video diatas menggambarkan para netizen yang begitu pedas dalam omongannya tanpa memahami dan mencari kebenarannya terlebih dahulu. Jika sudah terlanjur terjadi hal yang semacam ini, maka kita sebagai Blogger (yang selalu menyebarkan berita kebenaran) perlu meluruskan hal ini... Dengan cara apakah kita meluruskannya? Baca poin selanjutnya..

#2 Membuat Konten yang Informatif Berdasarkan Fakta

Membuat konten berdasarkan fakta itu tidaklah mudah. Ada beberapa bahan yang harus kita gali untuk memperkuat bukti bahwa konten yang akan kita buat tersebut sangatlah informatif, akurat, tajam dan terpercaya. Sumber bahan tersebut bisa kita dapatkan dari penulis berita terpercaya di situs berita seperti Detik, Kompas, Liputan6, CNN Indonesia, Tribunnews dan sebagainya.

Dari situs-situs berita tersebut kita bisa mengambil poin terpenting untuk memperkuat konten kita. Apalagi jika kita sudah memiliki bukti video klarifikasi kebenaran mengenai berita hoax tersebut. Pastinya apa yang kita tulis dapat menangkis serangan berita hoax tersebut. Selanjutnya, tinggal kita sebarkan ke sosial media.

Sebagai ajakan yang positif, sebaiknya kita tambahkan juga hashtag pemberantasan berita hoax pada status atau isi artikel kita, seperti #lawanberitahoax #turnbackhoax #tangkishoax dan sebagainya. Ajakan yang baik ini diharapkan supaya masyarakat Indonesia bisa menyadari bahaya-nya dalam menyebarkan berita hoax.

Yuks, kita sebarkan berita berdasarkan fakta yang ada...

Baca Juga : Cara Melihat Laporan Isu Hoaks atau Data Hoaks Terbaru dari KOMINFO

#3 Tidak Membuat Konten yang Merugikan

Blogger merupakan wadah untuk membagikan kisah dan pengalaman secara bebas di internet, namun dalam membangun konten yang akan dibuat tersebut perlu dipertahui dulu apa saja yang sekiranya tidak merugikan. Membagikan informasi yang salah/palsu/hoax justru akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Sehingga membuat orang lain ikut menyebarkan fitnah secara berjamaah di dunia maya. Naudzubillah Min Dzalik.

Gak ingin terjadi hal seperti itu kan? Maka dari itu, kita sebagai Blogger perlu memberikan informasi yang benar, valid, mengedukasi dan memotivasi pembaca untuk melakukan hal positif dan tidak menyebarkan berita bohong.

Tak hanya tentang berita bohong saja, kita juga perlu menghindari konten yang berbau 18+, kekerasan, ujaran kebencian, terorisme, pelecehan (pedofilia), ancaman, hak cipta, informasi rahasia/pribadi, pernyataan palsu/tidak benar, hal ilegal, spam, phising, psikopat, malware, virus, penipuan maupun konten menyesatkan. Pokoknya semua hal yang ada di DARKWEB itu sebaiknya kita hindari sejauh-jauhnya.

Baca Juga : Kebijakan Konten Blogger

#4 Ikut Menyampaikan Berita Penting/Viral 

Ketika terjadi peristiwa menggemparkan didalam sebuah negara seperti Covid-19, kita sebagai Blogger perlu memberikan informasi yang dapat membantu masyarakat Indonesia untuk tidak terlalu khawatir dan takut yang berlebihan. Berikanlah informasi kepada masyarakat melalui tulisan yang membangun dan mengajak pembaca untuk bersikap waspada dan mematuhi protokol kesehatann.
Selain itu perlu ditekankan pula bahwa penyampaian informasi janganlah bersifat mengadu domba, memecah persaudaraan, merusak kepercayaan dan tidak kekanak-kanakan.
Untuk lebih mendukung informasi yang disampaikan maka berikanlah sumber informasi atau sumber link yang akurat dan terpercaya. Hal ini sebagai bentuk dukungan kita sebagai Blogger dalam menyampaikan berita penting/viral yang sedang terjadi. Jangan lupa untuk membagikan informasi tersebut melalui media sosial. 

#5 Tidak Meremehkan Informasi Sekecil Apapun

Mendapatkan informasi sekecil apapun alangkah baiknya kita sebagai Blogger tidak langsung cuek begitu saja. Informasi kecil ini bisa jadi adalah informasi yang benar atau malah informasi salah/hoax. Adanya informasi kecil ini alangkah baiknya ditelusuri kebenarannya, jika ternyata benar, maka kita bisa berpartisipasi menyebarluaskan informasi tersebut. Namun jika ternyata salah, maka kita sebaiknya membuat postingan yang mengklaim bahwa informasi tersebut adalah SALAH. Sehingga dapat memnimalisir adanya penyebaran informasi hoax lagi.

#6 Menghindari Debat yang Tidak Menguntungkan

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, kita pasti tidak akan pernah lepas dengan perdebatan yang disebabkan oleh perbedaan pendapat. Itu merupakan hal yang biasa terjadi serta memiliki dampak yang bergantung pada bagaimana kita menyikapinya.

Ada orang-orang yang memakai emosi karena pendapatnya tidak sama dengan orang lain, ada pula orang yang menerima pendapat lain dengan lapang dada. Namun, yang paling baik dilakukan ketika berbeda pendapat adalah menghindari perdebatannya. Karena jika diteruskan justru tidak menguntungkan bagi kedua belah pihak

Perdebatan yang paling sering terjadi adalah perbedaan pendapat di media sosial. Jika kita menanggapi perdebatan melalui media sosial biasanya akan terjadi chat yang sangat panjang dan membuang waktu yang berharga kita. Untuk itulah sebaiknya kita menghindari perdebatan tersebut dan menyampaikan pendapat pribadi kita melalui tulisan yang ada di blog.

Dalam menyampaikan pendapat yang baik melalui artikel blog alangkah baiknya tidak sampai menyinggung perasaan orang/oranisasi lain, berikan kesan bahwa diri kita adalah pribadi yang sopan dan patut dihargai maupun disegani dalam menyampaikan pendapat, hargai juga pendapat orang lain dan jangan ada dendam didalam hati. Biarkan artikelmu yang berbicara menyampaikan pendapat. Dengan begini kita tidak perlu melalukan chat panjang yang tidak menguntungkan.

#7 Memviralkan Berita yang Tidak Diliput oleh Media Televisi

Sangat miris dan disayangkan apabila ada berita yang tidak diliput oleh media televisi, padahal acara/event tersebut memiliki informasi yang baik, membanggakan dan memberikan banyak manfaat kepada penontonnya. Kebaikan yang luput dari liputan televisi perlu diviralkan agar masyarakat juga mengetahui sebuah kebaikan yang patut ditiru dalam kehidupan. 

Selain tentang berita kebaikan atau hal positif, berita yang luput dari media televisi adalah berita tentang seseorang yang sedang membutuhkan bantuan berupa dana untuk biaya obat, kebutuhan anak yatim piatu, pasokan makanan/minuman dan pakaian untuk korban bencana atau pembelaan dari keputusan yang tidak adil. Contoh berita tersebut bisa sangat jelas dilihat pada situs kitabisa.com. Berita bantuan tersebut seharusnya kita bantu viralkan agar masyarakat sadar bahwa diluar sana masih ada saudara kita yang membutuhkan bantuan.

#8 Ikut Melestarikan Peninggalan Bersejarah di Indonesia

Peninggalan adalah barang yang ditinggalkan. Arti lainnya dari peninggalan adalah barang sisa (bekas, rerunTuhan, dan sebagainya) dari zaman dahulu (candi dan sebagainya). Peninggalan yang ada di Indonesia-pun banyak sekali macamnya, diantaranya adalah :
  1. Prasasti.
  2. Naskah kuno.
  3. Candi.
  4. Benteng.
  5. Masjid.
  6. Istana atau Keraton.
  7. Monumen atau tugu.
  8. Makam.
Sebagai Blogger yang baik dan suka menabung, alangkah baiknya jika ikut melestarikan peninggalan bersejarah dan tidak merusaknya. Cara berpartisipasi melestarikan peninggalan bersejarah tersebut adalah :
  1. Memelihara peninggalan sejarah sebaik-baiknya, menjaga kebersihan dan keindahan
  2. Melestarikan benda sejarah tersebut agar tidak rusak, baik oleh faktor alam maupun buatan
  3. Tidak mencoret-coret benda peninggalan sejarah,
  4. Turut menjaga kebersihan dan keutuhan,
  5. Wajib menaati tata tertib yang ada dalam setiap tempat peninggalan sejarah, dan
  6. Wajib menaati peraturan pemerintah dan tata tertib yang berlaku.
Selain ikut melestarikan peninggalan bersejarah, kita juga akan mendapatkan manfaatnya seperti :
  1. Menambah kekayaan dan khasanah budaya bangsa kita.
  2. Menambah pendapatan negara melalui kegiatan wisata.
  3. Sebagai bukti nyata peristiwa sejarah yang dapat kita amati sekarang.
  4. Dapat menambah wawasan dan pengetahuan.
  5. Sangat membantu dalam bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan.
  6. Dapat mempertebal rasa kebangsaan.
  7. Dapat memperkokoh rasa persatuan.
Bentuk pelestarian tersebut juga bisa didokumentasikan kedalam tulisan maupun video, Foto-foto bersejarah yang diabadikan tersebut bisa dibagikan kepada para pembaca terkait peinggalan tersebut. Sehingga peninggalan terseut tetap dapat dilihat meski melalui artikel blog.
Itulah informasi mengenai "Langkah Para Blogger dalam Mengubah Indonesia Menjadi Lebih Baik", dengan adanya informasi ini diharapkan para Blogger Indonesia dapat memberikan manfaat yang positif demi perkembangan Indonesia menjadi lebih baik, meskipun perubahan tersebut hanya melalui bentuk tulisan dan informasi kecil. Aamiin.




Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.

Lebih baru Lebih lama