Tips Memilih Hunian yang Nyaman dan Ideal Bagi Pemula


KURAZONE ~ Hunian merupakan hal yang berkaitan dengan properti atau papan yang menjadi kebutuhan primer bagi kehidupan manusia. Sehingga istilah hunian ini bisa diartikan sebagai tempat tinggal. Dalam memilih tempat tinggal yang diinginkan tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, baik berupa hunian untuk selamanya seperti rumah/perumahan maupun apartemen, serta hunian yang digunakan untuk sementara, layaknya kost dan kontrak rumah.
Dalam tips kali ini akan kami bagikan kepada anda yang masih pemula atau masih awam tentang cara memilih hunian yang nyaman dan ideal sesuai kebutuhan. 

Tips Memilih Hunian yang Nyaman dan Ideal

1. Menentukan Lokasi

Lokasi merupakan faktor penting dalam memilih hunian yang ideal, perhatikan apakah hunian yang anda pilih memiliki akses yang mudah atau sulit. Dekat dengan keramaian atau justru cenderung sepi. Sangat disarankan memilih lokasi hunian yang dekat dengan warung, restoran, taman, masjid, supermarket, sekolah maupun rumah sakit. Tak lupa untuk selalu mengutamakan lokasi yang bebas dari banjir tiap musimnya.

Selain itu, anda juga perlu mempertimbangkan apakah lokasi yang anda tempati dekat dengan tempat kerja atau tidak, serta tentukan keputusan anda mau menempati jenis hunian yang seperti apa.

2. Tentukan Jenis Hunian

Menentukan jenis hunian jika dipengaruhi oleh seberapa mampu anda mendapatkan hunian tersebut, khususnya dalam hal biaya. Setiap jenis hunian pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya.
  • Jenis Hunian Apartemen : Lokasi apartemen biasanya lebih dekat dengan tempat kerja karena letak dari apartemen mayoritas berada didalam pusat kota. Hal ini menjadi kelebihan yang akan anda dapatkan ketika memilih jenis hunian apartemen. Namun anda mungkin mendapatkan pula kelemahan dari jenis hunian apartemen ini, seperti : tidak begitu kenal dengan tetangga apartemen anda, serta tidak memiliki lahan yang luas karena luas dari lahan yang anda miliki akan terus seperti itu.
  • Jenis Hunian Rumah : Lokasi rumah biasanya cukup jauh dari tempat kerja, sehingga hal ini menjadi kelemahan dari jenis hunian rumah. Namun untuk kelebihannya, anda akan merasakan bagaimana memiliki lahan yang luas dan bisa dengan bebas anda renovasi sesuka hati. 
Dari 2 jenis hunian diatas bisa anda tentukan mana yang sekiranya sesuai dengan kemampuan anda. Namun apabila anda ingin memiliki hunian sementara, anda bisa mencoba merencakan untuk memilih hunian jenis kost murah maupun kontrak rumah. Jika anda kurang suka dengan kost rumah atau kontrak rumah, anda juga bisa sewa apartemen murah yang sesuai dengan budget anda.
Ingat! Dalam hal menentukan jenis hunian rumah ini yang perlu diperhatikan adalah kemampuan anda, khususnya dalam hal biaya.

3. Mengecheck Fasilitas dan Keamanan

Adanya fasilitas dan keamanan yang memadai akan memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Untuk itulah, selalu check terlebih dahulu bagaimana kondisi fasilitas dan keamanan hunian yang akan anda tempati. 

Mulai dari yang paling depan hingga paling belakang. Diantaranya : pagar depan rumah, kondisi pintu, kondisi jendela, kelengkapan alat dapur, kondisi pasokan air, kondisi listrik maupun kondisi bangunan. Check juga apakah tersedia pula fasilitas untuk parkir kendaraan atau tidak.

4. Cari Tahu Developer Hunian

Dalam membeli hunian, juga perlu diperhatikan bagaimana reputasi Developer hunian yang anda pilih. Cari tahu apakah Developer hunian yang anda pilih memiliki reputasi yang baik dan tidak. Anda juga perlu mengetahui tentang izin pembangunan hunian, apakah ada kendala atau tidak. Sehingga resiko kerugian yang diperoleh akibat salah membeli properti bisa diminimalisir.

5. Harga Hunian

Memiliki hunian yang besar bukan menjadi patokan untuk memperoleh hunian yang nyaman dan ideal. Apabila harga hunian terlalu mahal bagi anda, maka anda bisa memilih hunian yang harganya terjangkau dan sesuai dengan selera. Oleh sebab itu, sesuaikanlah jenis dan harga rumah dengan kebutuhan serta budget yang anda miliki.
Jika nyatanya anda memang memiliki dana yang hanya mampu membeli hunian kecil, maka hal tersebut tidak menjadi masalah yang besar. Selama anda nyaman dengan pilihan anda maka hunian tersebut bisa anda kembangkan dikemudian hari menjadi hunian yang mungkin lebih besar sesuai yang anda inginkan.
Itulah informasi mengenai "Tips Memilih Hunian yang Nyaman dan Ideal Bagi Pemula", selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Goodlcuk!





Lebih baru Lebih lama