10 Tips Sukses Menjalani Bisnis Laundry untuk Pemula


KURAZONE ~ Berbagai usaha untuk menambah penghasilan atau keuntungan bisa dari mana saja, salah satunya adalah dengan menjalankan bisnis laundry. Sebelum memulai bisnis laundry, alangkah baiknya sahabat Kurazer mengerti sekaligus memahami tips nya agar bisnis laundry ini berjalan dengan baik dan menguntungkan.

10 Tips Sukses Menjalani Bisnis Laundry untuk Pemula

#1 MENENTUKAN LOKASI

Membuka usaha tentunya harus memikirkan dengan matang mau membuka usaha didaerah / lokasi mana, apakah penduduk (perkotaan, dekat pasar, rumah sakit, kos-kosan, kampus, sekolah, perumahan, ruko dan sebagainya) atau justru di tempat sepi (sawah, kuburan, hutan maupun kebun).

Pilihlah lokasi yang padat penduduk, namun juga disesuaikan dengan target anda dalam membuka usaha luandry. Jika target anda adalah mahasiswa/pekerja kantor yang tinggal di kos-kosan, maka anda bisa mencari lahan atau ruko yang dijual/disewakan untuk tempat usaha laundry nantinya. Namun, untuk memaksimalkan pendapatan anda dalam berbisnis, cari target pasangan suami istri yang tinggal di perumahan sekaligus kos-kosan. Dan perhatikan pula bahwa disekitar lingkungan tersebut juga belum ada usaha laundry lain, sehingga saingan bisnis anda bisa diminimalisir didaerah tersebut.
Kesimpulannya adalah carilah tempat/lokasi usaha yang strategis, mudah dijangkau dan padat penduduk.

#2 MENENTUKAN HARGA

Harga menjadi salah satu hal yang akan dilihat oleh Pelanggan, apakah murah atau lebih mahal dari harga normalnya. Menentukan harga juga disesuaikan dengan bagaimana pelayanannya, untuk itu survey terlebih dahulu mengenai harga laundry kiloan di sekitar anda.

Tentukan harga yang bersaing dan terjangkau dari harga pasarannya. Banyak pelanggan yang memilih suatu jasa atau produk karena harganya yang murah. Semakin Anda mematok harga murah, semakin banyak pula pelanggan yang akan datang. Namun, jangan memasang harga yang terlalu murah karena bisa menyebabkan anda rugi. 
Anda juga bisa memberikan sebuah promo, diskon atau cashback sebagai bentuk marketing untuk menggaet pelanggan.

#3 CARA PELAYANAN

Bisnis yang baik pastinya memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggannya. Hal itu bertujuan untuk membuat pelanggan betah dan selalu menggunakan jasa laundry yang anda dirikan. Pelayanan yang baik dan ramah sangat disukai oleh pelanggan, dan keberadaan bisnis anda bisa sangat dinanti-nanti jika pelanggan sedang membutuhkannya.

Misalnya, membuka toko sejak pagi hari sehingga pekerja kantoran yang berangkat kerja dapat sekalian menitipkan cucian kotornya. Selain itu, pelayanan terbaik bagi konsumen juga terdiri dari keramahan staf saat menerima dan menyerahkan hasil cucian, kondisi pakaian setelah selesai dicuci, hingga kualitas hasil cucian dari laundry kiloan anda. Sewajarnya bisnis lainnya, Anda pun wajib selalu menjaga kepercayaan konsumen laundry Anda.
Selain itu, anda juga bisa menerapkan ketentuan "dilarang mengutang" untuk memberikan ketegasan bahwa usaha anda bukan tempat hutang jasa laundry.

#4 LAMA PENGERJAAN

Waktu adalah hal yang cukup krusial dalam bisnis laundry kiloan. Untuk itu, sebaiknya Anda sangat menghargai waktu. Sebab ketepatan waktu akan sangat berkaitan dengan kepuasan pelanggan Anda.

Jika Anda tidak dapat mengatur waktu dengan baik, bukan tidak mungkin jika usaha Anda gagal akibat reputasi atau penilaian yang buruk dari pelanggan. Ingat, review pelanggan akan sangat menentukan keberlangsungan bisnis Anda.

Jadi, pastikan saat Anda menjanjikan waktu kepada pelanggan, mereka dapat menerima pakaiannya sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Jangan sampai ketika pelanggan datang untuk mengambilnya, Anda bilang bahwa pakaian mereka belum selesai dicuci. 

Kekecewaan pelanggan dapat menjadi mimpi buruk Anda.Mereka dapat menceritakan pengalaman buruk mereka kepada orang lain dan dapat berpengaruh pada menurunnya kinerja bisnis Anda. 
Untuk itu, pastikan bahwa Anda dapat menghargai waktu agar pelanggan puas dengan pelayanan Anda.

#5 VARIASI PELAYANAN

Prinsip lama yang mengatakan bahwa pelanggan adalah raja memang benar adanya. Jadi, jangan pernah lupakan prinsip itu. Anda pun bisa memprioritaskan kebutuhan pelanggan Anda. Salah satu cara yang bisa Anda tempuh adalah dengan mengembangkan mata layanan dari laundry Anda.

Misalnya, jika awalnya Anda hanya menerima jasa laundry kiloan, Anda bisa memberikan pelayanan lain seperti laundry ekspres, laundry khusus barang-barang tertentu seperti selimut atau karpet, laundry untuk pakaian khusus, laundry untuk tas, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menawarkan varian pewangi yang berbeda untuk pelanggan.
Dengan demikian, para konsumen bisa memilih wangi yang mereka sukai. Karena, tidak ada pelanggan yang menyukai satu pewangi yang sama.

#6 MEMPERHATIKAN PAKAIAN PELANGGAN

Mengingat Anda harus berurusan dengan barang milik pelanggan, maka Anda harus berhati-hati. Jangan sampai Anda ceroboh dan malah mendapatkan komplain dari pelanggan.Berhati-hati sesederhana bagaimana Anda memperlakukan pakaian milik pelanggan layaknya pakaian Anda sendiri. Misalnya, jangan sampai Anda mencampur semua jenis pakaian dalams satu kali cuci.

Jangan lupa untuk memisahkan pakaian putih dengan pakaian berwarna agar tidak luntur. Kehati-hatian Anda saat memperlakukan pakaian orang lain akan sangat memengaruhi kesuksesan usaha laundry Anda.
Tentunya Anda tidak ingin usaha laundry yang Anda rintis susah payah harus gulung tikar hanya karena reputasi buruk, bukan?

#7 PROMOSI / PEMASARAN

Apapun bisnis yang Anda geluti, rasanya akan sia-sia jika Anda tidak memasarkannya. Kasarnya, bagaimana produk yang Anda tawarkan ingin dibeli oleh pelanggan kalau mereka sendiri tidak tahu apa produk yang Anda jual.Semenarik apapun produk yang Anda miliki, apabila tidak ada orang yang mengerti soal produk yang Anda tawarkan maka mereka pun tidak akan tertarik. Untuk itu, pastikan agar Anda berpikir sekreatif mungkin untuk melakukan pemasaran yang tepat.Strategi pemasaran pun bisa dimulai dari yang sederhana seperti menyebarkan brosur dan memasang banner, hingga dengan memanfaatkan teknologi. 
Anda bisa membuat website khusus atau membuat akun media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda. Jangan pernah meremehkan kekuatan pemasaran secara online. Banyak usaha yang meroket akibat kekuatan pemasaran secara online. Selain itu, pemasaran secara online pun jauh lebih murah ketimbang pemasaran secara offline.
Pemasaran secara online maupun offline tidaklah cukup untuk menangkap minat para konsumen. Jadi, jangan lupa berikan pelanggan Anda promosi yang menarik, misalnya memberikan diskon khusus bagi pelanggan yang pertama kali cuci di tempat Anda.Bisa juga dengan bentuk promosi lain seperti gratis cuci 1 kg setelah melakukan 10 kali pencucian di tempat Anda. Promosi yang menarik ini juga dapat menjadi cara Anda meraih pelanggan yang baru.

#8 MENGATUR KEUANGAN

Bisnis yang baik dan berkembang pesat haruslah diimbangi dengan pengaturan keuangan yang baik. Dimulai dari pencatatan biaya operasional yang harus keluar setiap bulannya, memastikan catatan setiap transaksi yang terjadi sudah tepat, hingga biaya perawatan peralatan apabila terjadi kerusakan.Jika Anda tidak melakukan pencatatan secara detail, boleh jadi keuangan bisnis Anda akan mengalami kebocoran di berbagai tempat.Jika hal ini dibiarkan begitu saja, bukan hanya Anda tidak bisa menghitung keuntungan bersih setiap bulannya, tetapi juga usaha Anda berpotensi menderita kerugian yang bahkan tidak bisa Anda hitung karena Anda tidak tahu ke mana saja uang mengalir.

#9 MENGGALI INFORMASI TAMBAHAN DARI PENGUSAHA LAIN YANG SUDAH SUKSES

Tidak ada salahnya untuk bertanya kepada orang-orang yang berpengalaman di bidang laundry. Anda bisa mulai dengan bertanya di forum-forum online maupun bertanya langsung kepada mereka yang sudah terlebih dahulu berkecimpung di usaha laundry kiloan. Informasi yang diberikan bisa membuat Anda terhindar dari berbagai kesalahan-kesalahan yang umum dilakukan oleh orang yang baru merintis usaha laundry. Dari tips sukses di atas, Anda bisa tahu bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengembangkan bisnis laundry kiloan. Jika Anda tertarik untuk memulainya, Anda bisa coba untuk eksplor lebih dalam lagi tips-tips di atas.

#10 MENCARI KARYAWAN JIKA KELAK USAHA MULAI BERKEMBANG

Secara sederhana, usaha adalah sebuah organisasi. Layaknya organisasi, tentu saja sebuah usaha berisi orang-orang yang bekerja untuk meraih satu tujuan.Tentunya Anda tidak akan mampu untuk menjalankan bisnis laundry seorang diri. Maka dari itu, penting untuk mencari karyawan yang bisa membantu Anda. Namun sekedar memiliki karyawan pun belum cukup. Anda pun harus memilih karyawan yang memang berkompeten.Karyawan yang baik dan kompeten adalah salah satu kunci agar bisnis Anda dapat tetap maju, apapun jenis bisnis yang Anda geluti.

Khusus untuk bisnis laundry, pastikan bahwa karyawan Anda bisa mencuci dan menyetrika serta bertanggung jawab.Selain itu, perlu juga karyawan Anda adalah orang yang mau dan mampu untuk belajar. Anda pun harus berlaku adil pada karyawan Anda dengan menyetarakan gaji mereka sesuai dengan keahlian mereka.Dengan demikian karyawan Anda pun dapat bekerja dengan lebih bahagia. Ingat, karyawan yang bahagia dapat membuat bisnis Anda berjalan lebih lancar karena mereka akan lebih semangat dalam menjalani segala tugas-tugasnya.

Dari 10 Tips diatas anda bisa menerapkannya apabila benar-benar ingin membuka usaha laundry. Untuk masalah mesin cuci, sabun, tempat menjemur, setrika maupun parfum, anda bisa menyesuaikan dengan lokasi tempat anda membuka usaha. Karena jumlah alat dan bahan untuk membuka usaha laundry juga tergantung modal anda.

Itulah informasi mengenai "10 Tips Sukses Menjalani Bisnis Laundry untuk Pemula", selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Goodluck!





Lebih baru Lebih lama