5 Tips Membuat Thumbnail YouTube Keren untuk Menarik Penonton


KURAZONE ~ Sebuah YouTube thumbnail adalah gambar kecil yang muncul sebagai representasi video di hasil pencarian YouTube. Hal ini merupakan salah satu hal paling penting dalam YouTube channel. Bagi para YouTubers atau konten kreator, tombol ini sangat bisa menentukan apakah sebuah video bisa ditonton oleh banyak orang atau tidak. 


Jika kreator video tidak memiliki thumbnail yang menarik, hal tersebut akan membuat banyak penonton tidak tertarik untuk mengklik video yang telah dibuat. 

Walau pun menggunakan judul yang sangat menarik, percayalah kebanyakan pengguna YouTube lebih memperhatikan gambar daripada tulisan. Ungkapan “jangan nilai sesuatu dari sampulnya” seakan tidak berlaku di YouTube karena memang banyak orang yang menilai video pertama kali dari thumbnail YouTube yang menarik. 

Namun, jika kita menggabungkan judul menarik dan thumbnail yang mencolok, bisa jadi kita akan mendapatkan banyak klik. Karena itulah thumbnail YouTube sangat penting untuk mengembangkan channel yang sedang dibuat. 

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips membuat thumbnail YouTube dengan menarik. 

Desain dengan Menarik 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat desain layout Thumbnail YouTube dengan menarik. Hal ini bisa menjadi masalah ketika banyak orang yang tidak bisa membuat desain grafis. Untungnya, kini sudah ada banyak platform yang bisa memudahkan membuat desain thumbnail YouTube yang menarik. Dengan menggunakan platform ini, ita bisa membuat thumbnail YouTube dengan mudah. 

Tulis Kata yang Menarik di Thumbnail 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, tidak banyak orang yang membaca judul video YouTube di halaman pencarian. Ditambah lagi, judul biasanya terbatas karakter sehingga tidak muncul semua di hasil pencarian. Karenanya, untuk mengatasi hal ini, kita bisa menuliskan kata kunci penting judul di dalam thumbnail. Nantinya, tulisan ini akan dibaca oleh para penonton. Pastikan saja bahwa tulisannya tidak terlalu besar sehingga menutup seluruh thumbnail, tapi tidak terlalu kecil juga sehingga mudah terbaca. 

Tunjukkan Hal Paling Menarik di Video 

Hal berikutnya yang bisa dilakukan adalah menggunakan hal paling menarik dalam video sebagai gambar utama untuk thumbnail. Dengan menggunakan hal paling menarik dalam video, maka orang akan penasaran apa yang sebenarnya terjadi di dalam video. Sehingga mereka akan mengklik video tersebut dan menontonnya. Karenanya, penting untuk membuat video semenarik mungkin sebelum bisa membuat thumbnail yang menarik pula. 

Buat Tema atau Ciri Khas Tersendiri 

Jangan sampai kita dengan asal membuat desain thumbnail. Jika memungkinkan, buat thumbnail yang memiliki desain dan tema yang khas di setiap video. Dengan begitu, saat orang melihat thumbnail kita, orang akan dengan mudah mengenali bahwa itu adalah video kita. Apalagi untuk para subscriber yang tentunya sudah menunggu video-video baru yang ada. Jika kita tidak melakukan ini, orang akan kebingungan melihat ciri khas dari channel yang kita buat. 

Konsisten 

Terakhir, yang harus dilakukan adalah konsisten. Banyak para YouTubers yang ingin cepat memproduksi video, sehingga ingin segera mengupload video. Menjadikan mereka mengesampingkan thumbnail, dan dibuat secara asal-asalan. Hal ini sangat tidak dianjurkan. Karena sekali lagi, orang melihat thumbnail dahulu sebelum melihat video. Jadi kita harus konsisten dalam membuat sebuah thumbnail yang menarik, bagus, representatif, dan memiliki tema. Sehingga semuanya konsisten dibuat dalam bentuk dan juga desain yang menarik. Jangan sampai menganggap remeh sehingga mengesampingkan pentingnya thumbnail YouTube. 

Dengan konsisten membuat desain thumbnail YouTube yang menarik, maka kita akan memproduksi video yang banyak mengundang penonton juga.





Lebih baru Lebih lama