Apakah Perlu Vaksin Hepatitis A Walau Tidak Termasuk Vaksin Wajib?


KURAZONE ~ Ada banyak cara mencegah penyakit, salah satunya adalah dengan Imunisasi. Terdapat 5 Vaksin yang diwajibkan oleh Pemerintah untuk diberikan pada anak sejak mereka masih Bayi. Ada Vaksin Polio, BCG, DPT, Hepatitis B dan Campak.Terlepas dari kelima Vaksin tersebut ada Vaksin lain yang tak kalah penting untuk anak, yakni Vaksin Hepatitis A. 

Manfaat Imunisasi Vaksin Hepatitis A Bagi Anak

Secara keseluruhan terdapat 5 jenis Hepatitis mulai dari A, B, C, D dan E. Penularan Hepatitis A paling mudah walaupun termasuk paling ringan dari ke semua jenis penyakit Hepatitis. Oleh karena itu mendapatkan suntikan Vaksin Hepatitis A, penting bagi anak walau tidak diwajibkan. Berikut adalah beberapa alasannya. 

1. Menghindari Perluasan Suatu Penyakit di Suatu Daerah 

Virus Hepatitis A (HAV) sangatlah mudah penularannya. Melalui makanan, minuman maupun paparan feses yang mengandung virus Hepatitis A. Bila Anda merasa berada dilingkungan yang dikhawatirkan memiliki angka pengidap Hepatitis A tinggi, maka Vaksin Hepatitis A perlu tidak, tergantung dari lingkungan dan pola hidup. Dianjurkan untuk mendapatkan Vaksin Hepatitis A untuk mencegah tertular virusnya. 

2. Menghindari Penyakit 

Vaksin untuk Hepatitis A diberikan 2 kali, dengan jarak antara 6 sampai 12 bulan. Di Indonesia, Vaksin Hepatitis A pada anak diberikan mulai usia dua tahun. Lalu diikuti dengan Vaksin kombinasi antara Hepatitis A dan B. Sehingga tubuh mendapatkan perlindungan dari kedua jenis Hepatitis tersebut. Penyakit yang bisa dihindari dengan Vaksin ini adalah aneka keluhan hati, masalah kekebalan tubuh, pengguna narkoba dan masih banyak lagi. 

3. Perlindungan Tenaga Medis 

Orang-orang yang berinteraksi dengan hewan baik untuk kebutuhan riset atau bekerja di Rumah Sakit Hewan atau Kebun Binatang juga rentan terpapar oleh virus Hepatitis A. Dokter dan perawat yang menangani pasien penderita Hepatitis A juga sangat rentan untuk tertular penyakit yang sama. Oleh karena itu walaupun jumlah kasus kejadiannya cukup rendah, penularan penyakit ini cukup perlu diwaspadai. 

4. Perlindungan Bagi Pasien yang dalam Perawatan 

Virus ini sangat mudah menular ke orang yang sedang dalam perawatan yang menggunakan jarum suntik di segala wilayah termasuk Jakarta. Oleh karena itu, banyak pengguna obat-obat terlarang dengan memakai jarum suntik juga rentan terkena virus ini. Bila Anda sedang dalam pengobatan jangka panjang dan mendapatkan suntikan sehari-harinya, maka konsultasikan perihal Vaksin Jakarta dan tenaga medis yang terkait. Misalnya tentang apakah Vaksin Hepatitis A perlu tidak Anda dapatkan sesuai dengan jenis penyakit yang Anda miliki. Karena ada beberapa penyakit yang tidak bisa mendapatkan vaksin karena berbagai alasan medis. 

Anda juga bisa berkonsultasi tentang vaksin melalui aplikasi Halodoc. Halodoc adalah sebuah aplikasi kesehatan yang terpadu dan terpercaya. Melalui aplikasi ini seseorang bisa dengan mudah, aman serta nyaman di mana saja dan kapan saja. Ada berbagai kebutuhan medis yang tanpa disadari selalu dibutuhkan, apalagi saat kondisi seperti ini yang kurang leluasa untuk langsung periksa ke rumah sakit. 

Fitur andalan Haodoc yang menjadi pilihan banyak pelanggan adalah adanya layanan konsultasi bersama dokter, membuat janji dengan dokter, beli obat tanpa harus pergi ke dokter maupun layanan periksa laboratorium di rumah. Selengkapnya tentang Halodoc bisa Anda baca di artikel berikut : Halodoc - Industri Healthtech Indonesia yang Penuhi Kebutuhan Medis di Masa Kini

5. Tinggal Dengan Penderita Hepatitis A 

Memiliki anggota keluarga yang sudah terpapar dengan virus Hepatitis A membuat seluruh keluarga yang berinteraksi dengannya rentan tertular. Selain mendapatkan pengobatan yang dibutuhkan, Anggota keluarga perlu mendapatkan Vaksinasi Hepatitis A. Vaksin menjadi imunitas bagi anggota keluarga yang merawat pasien. Hal ini juga perlu dibarengi dengan kebiasaan sehat seperti mencuci tangan, menggunakan antiseptik saat berinteraksi. 

Jadi sudah jelas ya. Vaksin Hepatitis A disarankan untuk diberikan baik pada bayi maupun dewasa. Karena ada banyak manfaatnya. Sehingga dapatkan suntikan Vaksin Hepatitis A pada anak maupun pada orang dewasa, walau mungkin sudah terlewat jadwalnya. Tanyakan melalui Aplikasi Halodoc untuk cara terbaik untuk mendapatkan Imunisasi Vaksin ini. Atau kalau perlu, langsung buat janji maupun buat jadwal vaksin di rumah sakit terdekat melalui Halodoc. Berikan perlindungan yang anak dan Anda butuhkan untuk pencegahan dari virus Hepatitis A dan segala penyakit yang disebabkannya.





Lebih baru Lebih lama