Cara Budidaya Ikan Cupang yang Menghasilkan dan Menguntungkan


KURAZONE ~ Cara Budidaya Ikan Cupang yang Menghasilkan | Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang paling banyak dipelihara orang-orang. Ada banyak kemudahan dari budidaya ikan cupang ini. Tidak memerlukan tempat yang luas dan tidak membutuhkan modal besar. Itulah sebabnya budidaya ikan cupang ini bisa dilakukan di rumah. Cara budidaya ikan cupang yang menghasilkan ini, bisa dilakukan oleh siapa saja. 

Biasanya ikan cupang hidup dengan cara berkelompok dan mereka sanggup hidup di dalam air yang jumlah oksigennya minim/sedikit. Ikan ini juga bisa dipelihara di dalam toples kecil tanpa harus menggunakan generator. Namun mereka bisa bertahan lama di sana. Ikan cupang memiliki rongga labirin yang mirip dengan manusia, itulah sebabnya ikan ini mampu hidup di tempat yang minim oksigen. 

Cara Budidaya Ikan Cupang yang Menghasilkan dan Menguntungkan

Ada dua jenis ikan cupang yang bisa Anda pelihara atau dibudidayakan, yaitu ikan cupang adu dan hias. ikan cupang hias biasanya dipelihara karena untuk menikmati keindahan tubuhnya saja. Sedangkan ikan cupang adu memang dipelihara untuk diadu dengan ikan cupang adu lainnya. 

Berikut ini beberapa cara dalam berbudidaya ikan cupang yang menguntungkan: 

Pilih Indukan Ikan Cupang yang Bagus

Seperti yang disebutkan di https://bukuwarung.com/cara-budidaya-ikan/ , langkah paling pertama yang bisa Anda lakukan adalah memilih jenis indukan yang bagus. Pilih indukan yang asalnya dari keturunan unggul, bebas dari penyakit, bebas cacat bawaan, dan kondisinya sehat dan bugar. Kemudian simpan indukan betina dan jantan di tempat yang terpisah. 

Proses Pemijahan Ikan Cupang

Langkah selanjutnya adalah melakukan pemijahan pada ikan cupang. Siapkan baskom/wadah sebagai tempat pemijahan ikan tersebut. Biasanya, ikan cupang akan menghasilkan sekitar 1000 telur yang menetas dalam waktu 1 hari. Pada saat seperti itu tingkat kematian benih sedang tinggi. 

Isi tempat pemijahan dengan air bersih lalu endapkan selama 1 malam. Kemudian tambahkan ke dalam wadah dan simpan tanaman air di dalamnya. Lalu masukkan ikan cupang jantan yang sudah siap kawin. Biarkan selama 1 hari, kemudian masukkan ikan betina di dalam plastik bening. 

Waktu pemijahan bisa pagi atau sore hari, dan setelah masa pembuahan selesai pisahkan cupang betina dari jantan. Tidak lama kemudian cupang betina akan bertelur. 

Siapkan Pakan Ikan Cupang

Ikan cupang sangat suka kutu air, larva nyamuk, hingga cacing sutera. Berikan pakan sesering mungkin contohnya 3-4 kali sehari. Jangan sampai pakan menumpuk di dalam tempat hidup ikan cupang tersebut. Sisa pakan yang menumpuk bisa menyebabkan penyakit pada ikan cupang itu sendiri. 
Anda bisa memperoleh kutu air di selokan atau bisa juga membelinya langsung di toko pakan ikan.

Cara Perawatan Ikan Cupang

Walaupun ikan cupang tahan hidup lama di dalam air yang minim oksigen, sebaiknya Anda tetap menggunakan filter pembersih untuk menjaga kualitas airnya selalu bagus. Ikan cupang pun bisa hidup dengan kondisi yang sehat dan bugar, dan mampu berkembang dengan sempurna. Apalagi jika Anda berbudidaya ikan hias yang juga diikutkan dalam kontes ikan. 

Sebaiknya tidak memelihara ikan cupang jantan yang usianya sudah dewasa di dalam satu akuarium. Apalagi jika ukuran akuariumnya tidak besar sehingga tak ada celah untuk bersembunyi. Jika hal itu terjadi, maka ikan jantan tersebut dapat saling menyerang satu sama lain. 

Banyak orang yang telah berhasil berbudidaya ikan cupang dan menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Apalagi cara budidaya ikan cupang yang menghasilkan ini bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa menggunakan aplikasi catatan keuangan harian BukuWarung, jika usaha budidaya ikan cupang sudah berjalan dengan stabil.





Lebih baru Lebih lama