Mau Mencoba Berinvestasi? Pahami Dulu Apa Itu Investasi beserta Manfaatnya

This content uses Indonesian, please change to your language by pressing the translate button below.
Thank you for your visit.

KURAZONE
~ Mendengar kata investasi, sebagian dari kita mungkin akan langsung berpikir mengenai uang dalam jumlah besar. Jawaban ini tidaklah salah. Namun investasi tidak melulu mengenai banyaknya uang saja, tetapi juga bisnis, risiko, maupun ketidakamanan. 

Umumnya, masyarakat Indonesia kurang begitu paham mengenai apa itu investasi. Minimnya pengetahuan ini, salah satunya dikarenakan anggapan bahwa investasi memerlukan uang yang banyak. Sehingga yang terjadi adalah mayoritas masyarakat lebih memilih mengandalkan tabungan. 

Meskipun sudah ada sebagian masyarakat yang paham, namun mencoba aktivitas investasi dirasa masih sulit. Kembali lagi, Maka dari itu, Anda perlu mengetahui lebih jelas mengenai pengertian dan manfaat dari berinvestasi. 

Pengertian Investasi

Sebagai pemula di bidang pemanfaatan keuangan, tentu Anda harus tahu dulu mengenai investasi. Pengertian investasi adalah sebuah upaya menanamkan modal dengan tujuan agar mendapatkan keuntungan. 

Modal yang dimaksud di sini bisa berupa uang atau pun sumber daya lainnya yang dianggap mampu memberikan keuntungan. Dalam hal ini, aktivitas investasi mampu membantu peningkatan finansial masyarakat Indonesia di masa depan. Lalu apa saja yang termasuk dalam aktivitas investasi? 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penanaman modal bukan hanya dalam hal keuangan saja. Tetapi ada pula investasi berupa pendidikan yang dimaksudkan untuk tujuan investasi waktu. 

Melalui investasi ini, diharapkan seseorang meraih gelar, ilmu, serta pekerjaan yang baik di masa depan. Namun bila mengacu pada finansial, pengertian investasi adalah kondisi di mana seseorang menyimpan uang dalam bentuk aset keuangan. Contohnya saja seperti saham ataupun obligasi. 

Manfaat Aktivitas Investasi di Masa Depan

Setelah mengetahui apa itu pengertian investasi, ada baiknya ketahui pula manfaat dari aktivitas tersebut. Mengetahuinya dengan jelas, bisa menjadi bahan pertimbangan Anda bila nantinya ingin mencoba berinvestasi. Berikut ini beberapa manfaat dari aktivitas pengelolaan keuangan tersebut. 

Meraih Financial Freedom

Financial freedom atau yang disebut dengan kebebasan finansial merupakan kondisi ketika passive income mampu memenuhi keperluan seseorang, termasuk gaya hidup. Pemasukan ini bisa diperoleh melalui return investasi demi mendapatkan kenyamanan di masa depan. Manfaat ini bisa meningkatkan kesejahteraan finansial tanpa mengandalkan pekerjaan. 

Meningkatkan Nilai Aset

Peningkatan kekayaan dan nilai aset juga bisa dilakukan melalui aktivitas investasi, lantaran tersedianya suku bunga. Keuntungan ini bisa didapatkan melalui investasi jangka panjang, di mana Anda bisa merasakan efek compounding.

Sederhananya, efek compounding (bunga bergulung) merupakan kemampuan aset investasi yang mampu memberikan hasil secara berkelanjutan. Istilah ini juga dikenal dengan sebutan bunga berbunga yang mampu meningkatkan nilai aset melalui investasi. 

Melindungi Kondisi Keuangan dari Inflasi

Manfaat lain dari berinvestasi, yakni memberikan perlindungan finansial dari risiko terjadinya inflasi. Mengacu pada manfaat ini, tentunya investasi menjadi hal yang begitu menguntungkan. Apalagi bila mengingat sejarah Indonesia, di mana inflasi rata-ratanya mencapai 8,2% per tahun. Menyikapi risiko ini, berinvestasi menjadi solusi tepat dibandingkan menabung di bank. 

Pemenuhan Kebutuhan yang Mengharuskan Biaya Besar

Investasi bisa membantu Anda dalam pemenuhan kebutuhan yang memerlukan biaya besar, lantaran memudahkan dalam mengumpulkan uang. Misalnya saja untuk pembelian kendaraan, rumah pribadi, atau jalan-jalan ke luar negeri. Mengharuskan Anda untuk mengeluarkan biaya besar, tentu akan sulit bila hanya mengandalkan tabungan atau pendapatan bulanan. 

Sudah tahu bukan apa itu investasi dan manfaatnya bagi finansial di masa depan? Perhatikan apakah manfaat berinvestasi tersebut sesuai dengan tujuan dan mampu mempermudah kondisi finansial. Setelah memahami informasinya, kini Anda bisa mempertimbangkan apakah ingin berinvestasi ataukah tidak. 




1 Komentar

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.

  1. Thanks for sharing your thoughts and experiences..... I have shared lots on Blogger tips and tricks ..... You can check out now... https://infokaal.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.

Lebih baru Lebih lama