5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Ketika Akan Mencetak Buku Yasin


KURAZONE
~ Sering mendapatkan Buku Yasin dalam acara Tahlilan? Apakah kelak kalian juga ingin membuat Buku Yasin sebagai souvenir Tahlilan di rumah kalian? Jika iya, maka ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika akan mencetak Buku Yasin. Berikut adalah ulasannya.

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Ketika Akan Mencetak Buku Yasin

Kualitas Kertas yang Digunakan

Ketika Anda memilih untuk memberikan buku Yasin sebagai suvenir, tentu saja ada banyak pertimbangan saat Anda memilihnya. Anda tentu tidak mau memberikan suvenir jelek dan murah karena tentu akan mempengaruhi harga diri dan penilaian orang terhadap keluarga Anda. 

Salah satu yang tidak boleh disepelekan adalah pemilihan kertasnya.Pastikan kertas yang digunakan untuk buku Yasin tersebut adalah kertas yang bagus. Ini karena buku tersebut akan dibaca setiap hari. Jika kualitas kertasnya buruk tentu buku jadi cepat sobek. Pastikan pilihan kertasnya benar-benar berkualitas dan tidak mudah rusak. Anda bisa pilih kertas HVS, matte paper, art paper, dan lain sebagainya.

Desain yang Dipilih

Hal lain yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan saat membeli buku Yasin adalah memilih desainnya. Jika Anda datang ke percetakan, umumnya pihak percetakan sudah menyediakan desain template untuk buku surat Yasin. Anda tinggal pilih saja mana yang sekiranya sesuai dengan keinginan Anda.

Cek juga apakah desain bukunya lengkap dengan daftar isi, kata pengantar, dan isinya lengkap. Anda bisa juga menyerahkan desain sendiri. 

Mulai dari cover, daftar isi, warna, dan lain sebagainya. Anda bisa juga memesan buku Yasin dilengkapi dengan foto yang meninggal atau nama orang yang meninggal tersebut.

Dengan desain yang bagus tentu buku Yasin akan semakin diminati dan disukai si penerima. Ini bisa membuat kesan buku Yasin semakin personal. Setiap membaca buku Yasin ini, tentu orang akan ingat pada almarhum atau almarhumah dan turut mendoakannya.

Check Contoh Hasil Cetak

Ini adalah proses akhir dari pembuatan buku. Cek dulu buku Yasin yang sudah jadi atau contoh yang disediakan oleh pencetaknya. Lihat perekat apa yang digunakan, apakah lem atau jahitan. 

Umumnya, buku jadi lebih awet jika memakai perekatan model jahitan. Perekat lem juga kuat namun jika kualitas lemnya jelek maka lembaran buku bisa mudah lepas dan berceceran. Anda bisa memilih finishing jilid sebagai pilihan. Dengan finishin semacam ini maka kertas lebih erat dan lebih tahan lama.

Waktu Pengerjaan

Anda juga bisa menanyakan lamanya waktu pengerjaan pada suvenir Yasin tersebut. Lama waktu pengerjaan tentunya sangat berpengaruh pada ketepatan jasa percetakan tersebut. Makin cepat pengerjaannya makin bagus. Setiap jasa percetakan memiliki batas waktu yang berbeda saat melakukan pembuatan buku. 

Ada yang selalu tepat waktu dan ada juga yang molor. Maka dari itu, sebelum memesan, tanyakan seberapa cepat mereka bisa melakukannya. Jika waktunya tidak mencukupi alias terlalu lama, Anda bisa cari tempat percetakan lain yang bisa mencetak lebih cepat.

Pilih Jasa Cetak Terpercaya

Pastikan Anda memilih jasa percetakan buku yang terpercaya. Tanyakan pada saudara atau teman yang berpengalaman memesan buku Yasin. Anda bisa juga mencari review di internet untuk percetakan paling terpercaya di kota Anda. Jika tidak menemukannya, Anda bisa cek di toko-toko online. Ada banyak jasa percetakan yang menyediakan buku Yasin dengan desain yang menarik. 

Nah, jika memesan di toko online, cek apakah penjualnya terpercaya lewat review yang diberikan para pembeli sebelumnya. Cek juga reputasi toko dan tanyakan garansi atau kemungkinan uang kembali jika barangnya tidak sesuai harapan.

Nah, itulah informasi mengenai "5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Ketika Akan Mencetak Buku Yasin", selamat mencoba dan semoga bermanfaat.





Lebih baru Lebih lama