Sering Disamakan! Ini Perbedaan Cincin Pernikahan dan Cincin Tunangan

This content uses Indonesian, please change to your language by pressing the translate button below.
Thank you for your visit.

KURAZONE
~ Keberadaan cincin pernikahan merupakan hal yang cukup penting karena digunakan sebagai simbol masing-masing pasangan apabila sudah berkomitmen. Penggunaan cincin sebagai lambang untuk pernikahan sendiri ternyata sudah ada sejak lama dan hingga sekarang. Inilah mengapa pentingnya, anda harus mempersiapkan dengan baik cincin tersebut untuk masangan.

Cincin nikah yang melingkar di jari pasangan anda sendiri ternyata juga menjadi sebuah lambang dari ikatan yang tidak berujung, abadi, kekal serta selamanya. Karena mempunyai makna yang cukup mendalam itulah, maka membeli cincin untuk pernikahan memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Jangan sampai pasangan anda kecewa dengan cincin yang anda berikan tersebut. 

Walaupun keberadaan cincin pernikahan memang sudah bukan menjadi hal yang asing lagi, tetapi tidak sedikit pula orang-orang mengartikan apabila cincin nikah dan cincin tunangan tersebut sama. Padahal jelas, keduanya mempunyai perbedaan yang cukup terlihat. Itulah mengapa sebelum anda memberikan cincin yang terbaik untuk pasangan, maka sangat penting untuk mengetahui apa saja perbedaan kedua jenis cincin tersebut. 

Perbedaan cincin pernikahan dan cincin tunangan 

Walaupun keduanya sama-sama digunakan sebagai pengikat, tetapi antara cincin nikah dan tunangan ternyata mempunyai perbedaan didalamnya. Berikut ini sejumlah perbedaan yang wajib untuk anda ketahui. Apa saja? 

1. Sifat dari kedua cincin 

Perbedaan kedua jenis cincin diatas terletak pada sifatnya, dimana cincin tunangan biasanya mempunyai sifat sendiri dan tidak harus sepasang. Ketika melangsungkan acara tunangan, para pria biasanya akan memberikan sebuah cincin tunangan untuk dipakai pasangannya sebagai simbol apabila keduanya sudah terikat. Berbeda dengan cincin pernikahan dimana kedua pihak biasanya diharuskan untuk menggunakan cincin tersebut. 

2. Simbol didalamnya 

Selain memiliki sifat yang berbeda, cincin nikah sendiri biasanya dijadikan sebuah simbol ikatan dari pernikahan. Dimana akan memberikan tanda apabila kedua belah pihak yakni suami dan istri sudah sama-sama terikat dalam sebuah hubungan pernikahan. 

Sedangkan untuk cincin tunangan sendiri menjadi simbol yang cukup sederhana. Dimana menjadi tanda dari seorang pria kepada keluarganya bahwa ia telah siap untuk menikahi perempuan dimana menjadi tunangannya tersebut. Disamping itu, keberadaan cincin tunangan juga menjadi simbol bahwa perempuan tersebut sudah tidak terbuka dengan pihak lain. 

3. Cincin tunangan bisa sekaligus menjadi cincin kawin 

Cincin yang diberikan ketika tunangan sendiri ternyata juga bisa menjadi cincin tunangan sekaligus cincin nikah. Untuk para pria dimana yakin bahwa perempuan yang dilamarnya akan menerima lamarannya dan sama-sama untuk melakukan komitmen untuk menikah, maka cincin yang diberikan dapat berupa cincin kawin. Tetapi ikatannya masih ikatan tunangan. 

Apabila anda belum yakin apabila pasangan anda akan menerima pinangan anda dan sama-sama berkomitmen, maka anda bisa memilih cincin tunangan terlebih dahulu. 

4. Penggunaan cincin nikah dan tunangan 

Di Negara-negara barat seperti Amerika, ternyata juga terdapat perbedaan letak penggunaan antara cincin nikah dan tunangan. Dimana biasanya cincin tunangan akan dikenakan wanita pada jari manisnya. Dan bisa terbuat dari emas, perak maupun platinum dengan berlian dengan ukuran sedang. 

Sedangkan untuk cincin pernikahan sendiri merupakan cincin yang diberikan pria kepada wanita maupun sebaliknya ketika sedang melangsungkan upacara pernikahan. Adapun fungsinya adalah digunakan sebagai simbol pengikat janji untuk sehidup semati. Biasanya cincin nikah sendiri tidak terdapat berlian dengan ukuran besar didalamnya. 

Demikian sejumlah perbedaan antara cincin tunangan dan cincin nikah. Membeli cincin untuk pernikahan sendiri memang tidak boleh asal-asalan. Untuk mendapatkan cincin berkualitas, Passion Jewelry akan menjawabnya. Untuk melakukan pemesanan, kunjungi passionjewelry.co.id sekarang juga.
Lebih baru Lebih lama