5 Cara Self Reward Tanpa Mengeluarkan Budget Besar

This content uses Indonesian, please change to your language by pressing the translate button below.
Thank you for your visit.


KURAZONE
~ Self Reward atau menghargai diri sendiri adalah hal yang perlu dilakukan untuk membuat diri sendiri menjadi bahagia. Hal ini sangat penting karena dapat mempengaruhi kesehatan mental juga. Misalnya ketika dalam 5 hari penuh segala aktifitas dilakukan hanya untuk bekerja, maka ketika weekend bisa melakukan self reward dengan cara berlibur, berbelanja, menikmati pemandangan, berenang, bermain game, nonton film dan segala hal yang membuat diri sendiri menjadi senang.

Namun, dalam memberikan self reward tidak perlu sampai mengeluarkan budget besar seperti membeli berlian atau gedung mewah. Cukup menggunakan cara sederhana yang mudah dilakukan dan tentunya tanpa mengeluarkan budget besar.

1. Sisihkan budget kecil-kecilan hanya untuk Self Reward

Gampangnya, budget kecil-kecilan ini bisa diambil dari 10% dari gaji yang kamu miliki, misalkan saja gaji perbulannya adalah 5 juta. Maka kamu bisa sisihkan 500rb hanya untuk self reward. Supaya tidak keluar budget lebih dari 10% maka kamu harus atur diri kamu sendiri untuk tidak menyisihkan budget lebih dari 10%. 

Jika kamu orang yang berhemat, maka budget kecil-kecilan ini bisa kamu akumulasi untuk self reward yang akan datang dan tetap mempertahankan budget self reward tak lebih dari 10% gaji.

2. Manfaatkan diskon atau promo yang ada di Supermarket/Toko Online

Gampangnya, belanjalah yang sekiranya kamu butuhkan saat ini dan dapatkan barang-barang tersebut ketika diskon atau promo, seperti beli 2 gratis 1, mendapatkan cashback atau beli barang A dapat bonus barang B dan sebagainya. 

Dalam 1 bulan terakhir pasti ada barang atau brand yang sedang memberikan diskon atau promo, maka pintar-pintarlah dalam memanfaatkan moment tersebut. Kamu bisa mencari informasinya melalui sosial media atau toko online.

3. Pastikan Self Reward dipenuhi bukan karena gengsi

Sebelum mengeluarkan budget untuk self reward, pikirkan terlebih dahulu apakah self reward ini untuk mengapresiasikan hasil kerjamu selama ini atau hanya untuk terlihat bahagia dan wahhh di mata orang lain? Karena self reward yang sesungguhnya bukan hanya berkaitan dengan materi. 

Kamu pun sudah bisa melakukan self reward hanya dengan makan enak, istirahat, nonton film, mendengarkan musik dan berolahraga supaya tubuh dan pikiran tetap optimal. Membeli barang untuk self reward memang tidak ada salahnya, namun jangan sampai kamu terlena dan malah menghabiskan budgetmu hanya karena gengsi.

4. Berkumpul bersama keluarga ataupun teman

Gampangnya, meningkatkan komunikasi sambil bercanda bersama keluarga ataupun teman adalah salah satu bentuk self reward yang bertujuan untuk membuat pribadi menjadi senang dan makin dicintai oleh keluarga dan teman. Berbahagia dengan orang yang disayangi tidak perlu mengeluarkan budget yang besar, cukup kumpul bareng dan makan bakso 1 porsi + es teh pun sudah terasa nikmat banget.

5. Jika ada barang mahal yang ingin dimiliki maka cicillah atau tabung uangmu dulu

Pastinya akan ada barang yang sudah lama kamu inginkan, namun barang tersebut kebetulan adalah barang yang mahal. Untuk memanajemen agar budgetmu tidak keluar biaya besar, maka kamu perlu menyisihkan budget khusus self rewardmu untuk mencicil barang tersebut alias kredit. atau kamu bisa menabung uangmu terlebih dahulu, siapa tahu ketika uangmu cukup, barang tersebut sudah turun harga.

Itulah 5 Cara Self Reward Tanpa Mengeluarkan Budget Besar, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Goodluck!
Lebih baru Lebih lama